Connect with us
Pln

HIGHLIGHT BUMN

Proyek BUMN Bertumpuk, Ini Kata Erick Thohir!

Published

on

Proyek BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta โ€“ Proyek BUMN saat ini dinilai sangat banyak yang sedang dan akan digarap. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap alasan perusahaan pelat merah banyak menggarap proyek di Indonesia, mulai dari sektor kesehatan, hingga olahraga. Menurutnya, itu sebagai bentuk penugasan dari pemerintah.

“Kadang-kadang konotasi ini kok BUMN dimana-mana, ya memang dimana-mana, tetapi ktia melakukan ini sesuai dengan tupoksi dan penugasan,” ujar dia di Kementerian BUMN, Kamis (13/7/2023).

Misalnya, yang menjadi contoh adalah saat pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, dimana dibutuhkan sejumlah vaksin sebagai penangkal. Menurut Erick, BUMN turut berperan untuk mendatangkan vaksin tersebut.

Di sisi lain, BUMN juga kerap terlibat dalam ajang olahraga. Sebut saja, penguatan infrastruktur di Mandalika, seperti MotoGP dan banyak ajang lainnya.

“Nah, lalu kadang-kadang dengan isu-isu olahraga, ini kok jadi Menpora, ya enggak, kebetulan ada penugasan. Kita itu mengandangi 17 penugasan untuk membina cabang olahraga dan kalau kita lihat sekarah grafik daripada olahraga iru menungkat karena ada dana,” ungkapnya.

BUMN juga terlibat dalam membangun Pertamina Mandalikan International Circuit sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang digadang menjadi ekosistem pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

“Ketika saya ditugaskan oleh bapak Presiden (Jokowi) saya langsung telpon pak Gub (Gubernur NTB) waktu itu, bahwa ini MotoGP harus segera dibangun sirkuitnya, jadi pak Gub ingat waktu itu belum ada sirkuit, yang akhirnya karena penugasan ya saya menginstruksikan PP (PT Pembangunan Perumahan/PP) waktu itu untuk membangun sirkuit,” jelasnya.

“Sampai standardisasi aspalnya 3 kali bongkar, karena tadi, inginnya standar tinggi gitu. Jadi bukan hal mudah. Tetapi begitu ya kadang-kadang perlu diingatkan konteks keberadaan ini semua pasti ada hitungannya,” sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan gelaran MotoGP bakal kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit. Menurut dia, pelaksanaan ini menjadi momen penting bagi ekosistem pariwisata Indonesia, termasuk Mandalika.
Selain MotoGP, ajang balap motor tingkat Asia juga bakal digelar. Yakni, Asia Road Racing Championship (ARRC). Erick memandang kedua ajang bergengsi ini bisa memperkuat posisi Sirkuit Mandalika.

โ€œPertemuan hari ini menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan dan mengumumkan persiapan kejuaraan balap motor paling bergengsi di Asia dan dunia. Tahun ini, event Asia Road Racing Championship (ARRC) dan MotoGPTM 2023 diharapkan akan menjadi musim yang penuh dengan aksi balap menegangkan, dan pencapaian gemilang dari para pembalap terbaik Asia dan dunia,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Kamis (13/7/2023).

Erick menambahkan, tujuan utama dari event internasional ini dalam rangka penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional. Khususnya untuk kawasan Mandalika sebagai salah satu 5 destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). []

Continue Reading

Label

Copyright ยฉ 2023 MEDIABUMN.COM