Connect with us
Pln

Perbankan

KKP Domestik Diluncurkan, Bank Mandiri Gandeng Bank Sulselbar

Published

on

KKP Domestik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – KKP Domestik atau Kartu Kredit Pemerintah Domestik resmi diluncurkan oleh Bank Mandiri.

Peluncuran KKP Domestik ini merupakan hasil kerjasama Bank Mandiri dengan Bank Sulselbar guna memenuhi kebutuhan transaksional satuan kerja di daerah.

Dengan hadirnya KKP Domestik, transaksi dari berbagai satuan kerja seperti dinas dan badan di pemda akan lebih efektif dan efisien.

Dalam hal ini, Bank Mandiri memberikan dukungan penuh agar pengelolaan keuangan di pemerintah daerah dan pusat lebih efisien dalam pemanfaatan APBN dan APBD.

RCEO Bank Mandiri Region X Sulawesi Maluku, Muhammad Ashidiq Iswara mengatakan efisiensi ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Muhammad Ashidiq, kerja sama penerbitan KKP Domestik sebagai bentuk dukungan dan komitmen Bank Mandiri terhadap objektif Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

“Kerjasama dalam program Kartu Kredit Pemerintah Domestik ini juga sejalan dengan kebijakan sistem pemerintahan Indonesia agar meningkatkan transaksi cashless. Sehingga transaksi domestik dan pengelolaan likuiditas keuangan bisa lebih maksimal melalui sistem pembayaran nasional,” ujarnya.

Ashidiq mnambahkan, pada aspek sistem pembayaran, KKP Domestik merupakan skema pembayaran domestik berbasis fasilitas kredit.

Nantinya KKP ini akan memfasilitasi transaksi pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk kartu yang diproses secara domestik.

Maka hadirnya KKP Domestik ini diharapkan menjadi satu solusi transaksi pembayaran nontunai yang dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.

Layanan ini juga akan meminimalisasi uang tunai, mengurangi fraud dari transaksi tunai serta mengurangi idle cash.

Sementara Plt Dirut Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar, Yulis Suandi mengatakan program KKP Domestik ini akan mendorong transparansi dalam pengelolaan anggaran daerah.

Selain itu, seluruh Satuan Kerja di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat akan terbaru dalam transaksi karena lebih efektif dan efisien serta meningkatkan prudential.

Yulis menyebutkan ada banyak layanan dan program yang sudah dikerjasamakan antara BPD Sulselbar dengan Bank Mandiri.

Di antaranya layanan bank sponsor BI-Fast, pembayaran biller, cash management, treasury, trade, penggunaan super apps wholesale Kopra, dan berbagai kerjasama lainnya.

“Semua langkah kolaborasi yang sudah berjalan dengan Bank Mandiri kita harapkan akan membawa Bank Sulselbar menjadi BPD yang semakin handal, setia melayani semua kebutuhan Pemda dan masyarakat di Sulsel dan Sulbar,” tutupnya. []

Continue Reading

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM