Connect with us
Pln

HIGHLIGHT BUMN

Transformasi BUMN Sukses Cetak Kinerja Pelat Merah Positif

Published

on

Transformasi BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Transformasi BUMN yang telah dijalankan sejak beberapa tahun terakhir berjalan sukses.

Kesuksesan transformasi BUMN tampak dari capaian laba bersih dan besarnya dividen yang disetorkan kepada negara.

Selain itu keberadaan BUMN juga semakin berdampak bagi masyarakat sekitar, pelaku UMKM dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ada berbagai hal yang dilakukan agar transformasi BUMN bisa sukses, terutama adaptasi efisiensi, dan kecepatan.

Ia mencontohkan Bank Mandiri yang telah sukses bertransformasi dan kini menjadi bank dengan harga saham tertinggi bila dibandingkan seluruh Himbara.

“Setelah 20 tahun berdiri, BUMN butuh waktu empat tahun melakukan transformasi dan mengubah mindset karyawan tentang profitability, dan hasilnya bis akita lihat saat ini,” ujarnya saat meninjau gedung baru kantor pusat ASDP, di Jakarta.

Contoh lainnya adalah PT ASDP Indonesia Ferry yang kini berhasil membenahi pelayanan transportasi, proses bisnis dan efisiensi yang berdampak pada kinerja gemilang.

Menurut Tiko, agar transformasi BUMN bisa sukses harus ada roadmap yang jelas, ada Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang kemudian diturunkan menjadi Key Performance Indicator (KPI).

Yang tak kalah penting, sambung dia, adalah kemampuan beradaptasi (adaptability) dan kelincahan (agility) baik di internal dan eksternal.

Relasi yang baik dengan berbagai pihak juga harus dijaga dan dikelola dengan baik demi tercapainya goal yang diharapkan.

“Ketika ada tantangan kita harus tetap bisa melihat peluang jadi nggak masalah kalau harus jalannya mundur atau memutar yang penting goalnya tercapai,” tegasnya.

Wamen Tiko juga mengingatkan agar setiap perusahaan pelat merah tidak hanya focus kejar laba dan pendapatan besar, tapi juga berperan sebagai agent of development.

Menurutnya kehadiran BUMN harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta memberikan dampak bagi pembangunan ekonomi untuk kemajuan bangsa.

Selain itu, BUMN juga harus tetap mempertahanankan aspek keselamatan (safety) pekerja yang selama ini sudah berjalan baik dan menjadi budaya perusahaan.

“Perusahaan BUMN tidak hanya memikirkan keuntungan, tapi di dalamnya harus ada semangat untuk membangun negeri,” tutupnya. []

Continue Reading

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM