Connect with us
PERTAMINA

Industri

Triwulan I/2018 WIKA Lepas Komodo Bonds

MediaBUMN

Published

on

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) siap melepas obligasi global berdenominasi rupiah alias Komodo Bonds pada Triwulan I/2018. BUMN ini tengah bersiap menerbitkan Komodo Bonds senilai USD400 juta atau setara Rp5,38 triliun di London Stock Exchange.

Baca Juga : Adhi Karya Siap Bangun LRT City Sentul

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dana yang dihimpun dari penerbitan Komodo Bonds tersebut, diperuntukan dalam menyokong pembiayaan proyek infrastruktur. Sumber pendanaan lainnya sangat diperlukan mengingat proyek infrastruktur membutuhkan pembiayaan yang besar.

“diperlukan alternatif pembiayaan mengingat saat ini pembangunan infrastruktur banyak dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga : Tujuh Proyek PP Properti Resmi Ground Breaking

Rini menyebut PLN juga akan melepas Komodo Bonds pada Kuartal sama tahun2018. Teteapi kondisi saat ini PLN tengah fokus mencari dana melalui sekuritisasi.

Seperti diketahui bahwa pada medio November lalu, Jasa Marga telah menerbitkan Komodo Bonds senilai USD200 juta. Surat hutang sejenis tersebut juga pernah diterbitkan oleh China dan India. []ct

Perbankan

Lebaran Seru #DiRumahAja, bank bjb Sebar Promo Idulfitri 2020

MediaBUMN

Published

on

bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berbagai kemudahan terus dipersembahkan bank bjb kepada nasabah setianya, masih dalam semarak hari ulang tahun ke-59 tahun serta menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri 2020. bank bjb memberikan kado istimewa kepada para nasabah setianya dengan menggelar program promosi Idulfitri 1441 Hijriah.

Penawaran-penawaran promo ini merupakan program rutin yang diselenggarakan perseroan. Tujuannya, tidak lain untuk memanjakan nasabah loyal yang selama ini telah menjadi mitra bank bjb. Promo ini juga bertujuan untuk memeriahkan perayaan momen lebaran yang kental dengan suasana ingar-bingar.

“bank bjb mencoba memberikan Tandamata lebaran sebagai wujud ungkapan penghargaan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada nasabah yang selama ini sudah menjadi nasabah setia kami dalam bertumbuh serta berkembang bersama. Semoga dapat dimanfaatkan oleh nasabah agar dapat menambah suasana kemeriahan Hari Raya Idulfitri kali ini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Digulirkannya promo lebaran ini ikut dimaksudkan untuk mendukung gerakan lebaran #DiRumahAja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti dunia. Promo ini dapat dinikmati nasabah melalui layanan e-channel bank bjb.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kategori promo yang diberikan oleh perseroan. Nasabah dapat memanfaatkan promo menarik ini secara optimal. Berikut rinciannya:

Zakat Fitrah

bank bjb juga menyediakan promo Bayar Zakat Fitrah #DiRumahAja melalui QRIS bank bjb. Nasabah yang melakukan pembayaran zakat kepada Baznas via QRIS bank bjb (dengan aplikasi uang elektronik bjb DIGIcash, OVO, GOPAY, LinkAja, Dana) bisa mendapatkan e-voucher Indomaret senilai Rp25.000 hingga 24 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Promo berlaku bagi 200 user pertama yang melakukan pembayaran Zakat.

Food & Beverage

Pada kategori food & beverage, ada sejumlah merchant kuliner yang menawarkan promo, antara lain Ina Cookies, Raacha, Gokana, BMK, Omiyago, dan Marugame Udon.

bank bjb menawarkan merchandise cantik bagi nasabah yang membeli produk Ina Cookies dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash. Syaratnya dengan menunjukan bukti transfer dan bjb DIGICash dengan melakukan Scan QRIS yang dibawakan oleh kurir. Promo berlangsung pada 20 Mei-20 Juni 2020. Berlaku bagi transaksi menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash di area Bandung Raya.

Promo di Raacha, Gokana, dan BMK berlaku untuk transaksi minimal Rp200.000 per hari menggunakan bjb Debit Card dan bjb Credit Card akan mendapatkan voucher 25.000 khusus delivery order. Promo berlangsung pada 18 Mei-18 Juni 2020 di outlet Sukajadi, Piset Square, Cimahi Mall dan Jatinangor Town Square.

Promo di Omiyago berlaku pemesanan via home page omiyago.com. Nasabah dapat memperoleh voucher Rp80.000 untuk minimal transaksi Rp400.000. Caranya, masukkan kode voucher bjbTHR sat pemesanan. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020. Berlaku untuk 500 transaksi pertama.

Di Marugame Udon, promo diberikan berupa free delivery fee sebesar Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp100.000 untuk maksimum pengantaran 7 km. Promo berlaku untuk transaksi menggunakan bjb Credit Card jenis Platinum. Pemesanan dilakukan dengan melakukan telepon langsung ke outlet dan melakukan konfirmasi untuk jenis pembayaran menggunakan bjb Credit Card. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020 di outlet Kalideres, Jatiwaringin, Danau Sunter Utara, Jalan Riau Bandung, Buah Batu, Jalan Semeru Malang, Jalan Teuku Umar Bali, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Marketplace

Pada kategori marketplace, ada sejumlah merchant yang menawarkan promo, antara lain Indomaret, Shopee, Tokopedia, Blibli, iLOTTE, JD.ID.

Promo di Indomaret berlaku untuk pembelian produk Festive Pilihan pada halaman promo Klik Indomaret. Nasabah dapat beroleh tambahan diskon potongan Rp15.000 dengan minimal belanja Rp100.000 menggunakan kupon BJBLEBARAN khusus pembayaran dengan Kartu bjb Credit Card. Periode promosi 20 Mei-30 Juni 2020.

Di Shopee, Tokopedia, iLOTTE, JD.ID nasabah dapat memperoleh diskon sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp250.000. Masukkan kode voucher BJBLEBARAN untuk transaksi di Shopee, dan BJBRAMADAN di Tokopedia, dan BJB-RAMADHAN di Blibli.

Promo berlaku untuk metode potongan langsung dengan menggunakan bjb Credit Card di seluruh marketplace. Promo berlaku untuk 25 transaksi/hari. Periode promosi 22 Mei-31 Mei 2020.

Provider

Pada kategori provider, tiga provider yang menawarkan promo, antara lain Indosat, XL Axiata, Telkomsel.

Promo di Indosat menawarkan tambahan pulsa bagi nasabah terpilih sebesar 5.000 untuk denominasi 100.000 dan 10.000 untuk 150.000. Periode program berlangsung 24 Mei-2 Juni 2020 dan berlaku pukul 12.00-15.00 WIB untuk transaksi menggunakan bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, dan bjb ATM.

Promo di XL Axiata menawarkan double voucher Grabfood hingga 150.000 untuk pembelian Paket Xtra Combo dan Xtra Combo VIP melalui ATM bank bjb, bjb SMS, bjb NET dan Mobile Banking bank bjb. Periode program pada 22 Mei-31 Mei 2020.

Promo di Telkomsel menawarkan tambahan pulsa reguler 20.000 setiap pembelian pulsa internet 200.000 periode 23 Mei 2020 berlaku pukul 00.00 s.d 23.59 WIB.

Promo diberikan khusus bagi nasabah yang melakukan isi ulang pulsa internet melalui e-channel bank bjb (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, bjb ATM). Info lebih lanjut kunjungi www.bankbjb.co.id atau hub. bjb Call 14049. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Kembali Bagikan Paket Sembako untuk Masyarakat Pulau Jawa yang Terdampak Pandemi

MediaBUMN

Published

on

paket sembako

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) bersama 5 anak perusahaannya kembali melanjutkan pembagian paket sembako bagi masyarakat di Pulau Jawa yang terdampak pandemi Covid-19. Adapun BUMN ini telah menyiapkan tidak kurang dari 24.294 paket sembako yang siap dibagikan.

Seperti diketahui sebelumnya, perseroan telah membagikan 10.000 paket sembako di wilayah Jakarta untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Adapun daerah pembagian paket sembako tersebut tersebut meliputi Jakarta, Jawa Barat (Cibinong, Nagrek, Subang, Cileungsi), Banten (Tangerang Selatan), Yogyakarta (Sleman, Tegalwangi, Bantul, Kulon Progo), Jawa Timur (Bojonegoro). Paket bantuan tersebut berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, mie instan, garam, kecap, sarden, susu kental manis, teh, margarin, kopi dan biskuit.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa perseroan berserta anak perusahaannya berkomitmen untuk memperluas cakupan area bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Setelah sebelumnya telah dibagikan 10.000 paket sembako di Jakarta, kali ini bantuan diperluas mencapai Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Handy Heryudhitiawan.

Selain bantuan paket sembako ini, Angkasa Pura I juga memiliki program bantuan lain dari Unit CSR dengan membagikan alat kesehatan atau pendukung alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD) cairan disinfektan, hand sanitizer, kacamata google, fasilitas cuci tangan portable, alat semprot disinfektan, thermo gun, masker kain, masker N95, sarung tangan karet, komputer desktop, printer, face shield, mobil ambulance, dan sepatu medik yang dibagikan di wilayah sekitar 13 bandara Angkasa Pura I.

“Kami berharap upaya yang kami lakukan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19,” tambah Handy Heryudhitiawan. []

Continue Reading

Agrobisnis & Pangan

BUMN Pangan Akan Digabung, Erick Thohir: “Untuk Kurangi Impor”

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

BUMN Pangan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – BUMN Pangan rencananya akan dilakukan penggabungan atau demerger oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. BUMN pangan yang dimaksud yaitu Perum Bulog, PTPN, dan PT RNI.

Erick Thohir mengatakan rencana ini masih terus dipersiapkan. Dengan penggabungan Badan Urusan Logistik (Bulog), Perkebunan Nusantara (PTPN), dan Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI dalam klaster pangan, diharapkan mampu mendorong terbentuknya rantai industri pangan yang terkonsolidasi di Kementerian BUMN.

Penggabungan ini, sambung Erick juga untuk menekan impor pangan hingga kini masih menjadi masalah di Indonesia.

“BUMN sedang menyiapkan peta jalan untuk penggabungan industri pangan di BUMN. Impor juga menjadi masalah krusial di industri pangan nasional, sebab kita masih bergantung pada asing. Untuk memastikan ketahanan pangan di Indonesia maka hal ini perlu kita reformasi,” ujar Erick dalam keterangan resmi, Jumat (22/5/2020).

Menurut Erick, luas lahan yang dikelola oleh BUMN seharusnya mampu dioptimalkan untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri. Misalnya untuk lahan produksi gula, seluas 140.000 hektare lahan milik rakyat dikelola BUMN. Selain itu BUMN juga memiliki 130.000 Hektare tanah di bawah PTPN.

“Luas lahan pertanian itu seharusnya dapat untuk menyeimbangkan kebutuhan 3,5 juta ton gula di Indonesia, yang mana 36 persen di antaranya dipenuhi oleh swasta dan 800 ribu hingga 900 ribu ton dari impor,” jelas dia

Maka dengan penggabungan klaster BUMN pangan ini, Erick optimis dapat mengurangi pasokan pangan impor. Sehingga ini bisa mewujudkan ketahanan pangan menuju Indonesia Emas tahun 2045 mendatang.

Diketahui Erick Thohir melakukan sidak ke Komplek Pergudangan Bulog di Gedebage, Bandung didampingi Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh. Sidak ini untuk memeriksa ketersediaan gula dan beras di Jawa Barat untuk mengantisipasi kebutuhan pangan jelang Lebaran.

Dari hasil sidak, Tri Wahyudi Saleh menyampaikan stok gula dan beras di Jawa Barat masih aman. Menurutnya stok beras di gudang tersebut mencapai 227.997 ton, dan gula 1.853 ton. Ia pun mengklarifikasi mengenai penyebab tingginya harga gula di pasar beberapa waktu terakhir.

“Hasil sidak kami pastikan stok beras dan gula aman dapat memenuhi kebutuhan Idul Fitri. Jadi tingginya harga gula di pasar bukan karena distribusi yang tidak lancar, tapi karena terlambatnya kedatangan impor gula,” tandasnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM