WIKA dan PTPP Perusahaan BUMN dengan Gearing Rasio Baik

oleh
WIKA dan PTPP

WIKA dan PTPP atau lebih tepatnya PT Wijaya Karya dan PT PP merupakan perusahaan BUMN yang mempunyai kondisi gearing rasio baik. Sebuah angka yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk melakukan pendanaan. Dengan kondisi gearing yang baik, maka perusahaan akan sering mendapat kontrak baru dengan nilai besar.

Analis Asrtha Sekuritas Dennis Christopher Jordan menjelaskan bahwa, perusahaan yang gearing rasionya tidak baik akan seret dengan kontrak besar. Selain itu, perusahaan akan sulit melakukan ekspansi. Apalagi jika ditambah dengan cash flow kurang bagus pula.

Gearing Rasio WIKA dan PTPP

Gearing rasio penting bagi perusahaan kontruksi seperti WIKA dan PTPP. Di dalamnya dikenal dengan proyek turnkey, di mana proyek yang diterima pelunasannya saat selesai. Proyek ini dapat menyebabkan tekanan likuiditas bagi emiten.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dennis, gearing WIKA dan PTPP paling oke. PTPP memiliki gearing rasio 0,9 kali dan WIKA 1,01 kali. Selanjutnya dua emiten pelat merah lainnya menyusul PT Adhi Karya Tbk mempunyai gearing rasio sebesar 1,2 kali dan Waskita Karya Tbk 2,7 kali.

Meskipun sampai saat ini, WIKA dan PTPP masih mencatatkan arus kas operasi defisit, yaitu Rp3,41 triliun untuk WIKA dan Rp3,54 triliun, keduanya lebih ekspansif.

Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya bahwa, perseroan tetap optimis dalam pendanaan. Selain karena gearing rasio yang cuku baik, pada semester 2 tahun 2019 ini WIKA akan menerima pembayaran turnkey sekitar Rp6 triliun. Salah satunya dari proyek tol Balikpapan-Samarinda yang mempunyai nilai Rp4 triliun.

Kondisi tersebut menyebabkan WIKA percaya diri untuk tidak menerbitkan surat obligasi atau surat utang. PTPP tidak ketinggalan. Perseroan karya ini juga optimis. Ini disebabkan perolehan kontrak baru hingga Agustus 2019 sudah mencapai Rp23 triliun. PTPP sendiri masih melakukan percepatan agar target pendapatan tahun 2019, sebesar Rp28,5 triliun.

Di akhir keterangannya, Dennis menyebutkan bahwa, kondisi baik pada 2 perusahaan menyebebkan penguatan saham keduanya. Penguatan yang enggan disebutkan Dennis berapa nilainya.

Sementara itu sampai semester 1 2019, harga WIKA dan PTPP memang sudah menguat. WIKA naik menjadi 40,7 persen dan PTPP menguat 8,03 persen. [] –mayangsari-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *