Connect with us
PERTAMINA

HIGHLIGHT BUMN

Vaksinasi Covid-19 Mulai Dipersiapkan, Erick Thohir Pastikan Data Aman

EKO PRASETYO

Published

on

Vaksinasi covid-19

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Vaksinasi covid-19 terus dipersiapkan oleh Pemerintah dengan menyiapkan skema kolaborasi antar BUMN.

BUMN juga dibangun sistem data terpusat dalam melakukan vaksinasi covid-19 agar data yang dihasilkan benar-benar akurat dan valid.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan dua BUMN yang akan terlibat dalam vaksinasi covid-19 ini, yaitu PT Telkom Indonesia dan PT Bio Farma.

Dengan sistem tersebut, Erick memastikan data yang digunakan sebagai dasar vaksinasi ialah milik pemerintah dan tidak ada campur tangan pihak lain.

“Saya tegaskan bawah data ini milik pemerintah. Kami dari BUMN menjalankan tugas ini juga menjaga agar data terekam dengan baik. Jadi ini sepenuhnya milik pemerintah,” ujar Erick, dalam webinar, Selasa (24/11/2020).

Dijelaskannya, seluruh data hasil vaksinasi ini akan dijamin kerahasiaannya sesuai komitmen Kementerian BUMN.

Data pribadi peserta tidak akan dijadikan domain publik atau milik perusahaan tertentu, termasuk perusahaan BUMN.

“Ini kan data pribadi dan tidak bisa menjadi milik perusahaan, maka kerahasiaan data itu memang harus kita jaga sejak awal. Untuk itu, saya menyatakan bahwa BUMN disini hadir untuk membantu, dan datanya milik pemerintah,” jelasnya.

Vaksinasi covid-19 Gratis?

Pada kesempatan ini, Thohir juga menjawab terkait permintaan vaksin covid-19 agar digratiskan.

Menurut Erick, pemerintah hanya menggratiskan vaksin bagi masyarakat yang tidak mampu dan juga para petugas kesehatan sebagai garda depan penanganan pandemi.

Sedangkan untuk masyarakat yang mampu, ia meminta untuk melakukan vaksinasi covid-19 secara mandiri.

“Vaksin bantuan pemerintah kami utamakan bagi masyarakat yang tidak mampu, sementara masyarakat yang mampu saat ini kami harapkan bisa membantu pemerintah dan membantu warga yang kurang mampu,” kata Erick.

Erick menyatakan, dalam situasi pandemi ini semua pihak harusnya bahu membahu untuk melakukan pembenahan, mulai dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat.

Sejauh ini berbagai elemen masyarakat, termasuk organisasi pengusaha telah menyatakan bersedia melakukan vaksinasi covid-19 secara mandiri untuk meringankan beban biaya yang dikeluarkan pemerintah.

“Yang sudah menyatakan siap vaksin mandiri itu dari Kadin. Anggota Kadin menyatakan siap membantu dengan melakukan vaksinasi covid-19 untuk pegawai mereka. Selama ini para pegawai sudah berkontribusi bekerja bagi perusahaan. Saatnya mereka dibantu,” kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah tengah menyiapkan sistem vaksinasi covid-19 secara massal yaitu vaksinasi bantuan pemerintah dan vaksinasi mandiri. []

HIGHLIGHT BUMN

Erick Thohir Optimistis Vaksinasi Nakes Lindungi dan Perkuat Motivasi Perangi Covid-19

MediaBUMN

Published

on

vaksinasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir optimistis vaksinasi periode pertama yang ditujukan kepada tenaga kesehatan (Nakes) akan melindungi dan memperkuat kesehatan, serta dedikasi dalam memerangi pandemi COVID-19. Dengan telah divaksinasi, garda terdepan kesehatan nasional tersebut akan lebih terlindungi sehingga pelayanan yang diberikan dalam menangani para pasien COVID-19 akan semakin optimal.

Hal tersebut dinyatakan Menteri Erick Thohir saat meninjau kegiatan vaksinasi para tenaga kesehatan, asisten dan penunjang tenaga kesehatan (nakes) di bawah naungan rumah sakit BUMN, yang berlangsung di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/1). Dalam peninjauan tersebut, Menteri BUMN yang menyempatkan diri berdialog dengan para Nakes yang divaksinasi didampingi Dirut Pertamina Bina Medika IHC, Dr.dr. Fathema Djan Rachmat.

“Kini para tenaga kesehatan, pelayan publik, dan masyarakat bisa divaksinasi tanpa keraguan. Vaksin Sinovac aman, berkhasiat, dan halal. Insya Allah vaksinasi disertai disiplin protokol kesehatan akan melindungi diri, orang sekitar, dan negeri. Saya optimistis, vaksinasi para Nakes tak hanya menguatkan sekaligus melindungi kesehatan dan jiwa mereka, namun juga akan makin meningkatkan pelayanan seoptimal mungkin kepada para pasien COVID-19,” ujar Menteri Erick Thohir.

Sebanyak 20 Nakes yang terdiri dari para dokter, perawat, ahli radiologi, ahli gizi, refraksionis (ahli periksa mata), apoteker, petugas kebersihan, hingga supir ambulan dari empat perwakilan RS BUMN mengikuti inisiasi vaksinasi perdana tersebut.
“Dengan telah divaksin, para Nakes yang sehari-hari berjuang merawat pasien, bahkan ada yang sampai 10 bulan di RS Modular akan terjaga dan keluarga yang mereka cintai juga akan terjaga. Ini membuktikan pemerintah hadir untuk melindungi rakyatnya, terutama para Nakes. Tolong tetap jaga protokol kesehatan dan kembali lakukan vaksinasi kedua dua minggu lagi,” lanjutnya.

PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC selaku holding rumah sakit BUMN memiliki 35 RS yang tersebar di seluruh Tanah Air dengan jumlah keseluruhan Nakes mencapai sekitar 18 ribu orang. Dirut Pertamina Bina Medika IHC memastikan dalam waktu 3 bulan seluruh Nakes yang bertugas di seluruh RS BUMN sudah divaksin.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama ini. Holding RS BUMN sudah menunjukkan kinerja terbaik selama masa pandemi dengan saling bekerjasama, serta membangun ekosistem kesehatan yang baik dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit Swasta, dan Daerah. Insya Allah dengan vaksinasi para Nakes di seluruh RS BUMN akan makin meningkatkan dan memperkuat eksistensi RS BUMN, terutama dalam bersama-sama membawa Indonesia melalui pandemi COVID-19 dan membangun ketahanan kesehatan nasional,” tegas Menteri BUMN. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

TelkomGroup dan BPJS Kesehatan Sepakati Kemitraan Strategis Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN-KIS

MediaBUMN

Published

on

BPJS Kesehatan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) sepakat untuk menggalang sinergi guna memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat luas. Kesepakatan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Jakarta yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Kerja sama ini menjadi upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dan mengolaborasikan fungsi para pihak yang didasarkan dengan prinsip saling membantu dan saling mendukung guna tercapainya optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta ketentuan perundang-undangan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation, dan masih banyak lagi, TelkomGroup siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang, khususnya untuk layanan kesehatan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan,” ungkap Edi Witjara.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menyampaikan harapannya melalui kerja sama ini Telkom dan BPJS Kesehatan dapat berjalan bersama dalam mengoptimalkan implementasi program JKN-KIS ke depannya. “BPJS Kesehatan tentu tidak akan dapat berjalan sendiri dalam menyelenggarakan JKN-KIS. Untuk itu, kami berharap dukungan dan kerja sama Telkom dalam peran dan tugas di bidang kerja masing-masing guna mendukung pelaksanaan program JKN-KIS. Karena sejatinya, program jaminan kesehatan ini adalah wujud pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia,” tegas Kemal.

Adapun ruang lingkup sinergi Telkom dan BPJS Kesehatan ini meliputi perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lingkungan TelkomGroup serta kemitraan strategis dalam rangka pengembangan produk bersama melalui kajian layanan dan kemanfaatan di antaranya joint development untuk pengembangan data analytics dan fasilitas payment gateway untuk pembayaran iuran program JKN-KIS.

Diharapkan adanya kerja sama ini dapat membuka peluang sinergi dalam bidang lain yang akan mendukung kelancaran penyelenggaraan program JKN-KIS dengan tetap berlandaskan pada koridor perundang-undangan yang berlaku. Ke depannya, kerjasama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak, baik di tingkat nasional maupun global sehingga dapat memberikan best service serta mendukung kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Erick Thohir Tantang Bos BUMN Blusukan

EKO PRASETYO

Published

on

Bos BUMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bos BUMN / Badan Usaha Milik Negara diminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk turun langsung ke lapangan atau blusukan.

Hal ini, lanjut Erick, sprit apa yang dilakukan oleh Pimpinan negeri ini Presiden Joko Widodo yang kerap terjun langsung ke masyrakat melihat dan mendengar apa yang terjadi dana apa yang diaspirasikan.

“Jadi jangan Cuma duduk di meja saja nekerja dari kantor. Karena banyak bos BUMN yang hanya duduk di meja jadi mengapa ini saya challenge (mereka), mengapa? Presiden Jokowi sudah mencontohkan sebagai pemimpin tidak hanya bisa mengarahkan tanpa melihat apa yang terjadi di bawah,” ujar Erick dalam siaran pers yang diterima MEDIABUMNCOM (17/01)

Lanjutnya, Erick mencontohkan bagaiman bluskan yang perlu dilakukan. Salah satunya, memberikan penyerahan bantuan tanggung jawab sosial PNM berupa gerobak PNM Mekaar kepada Imah atau yang akrab disapa Mbah Imah, nasabah difabel PNM Mekaar

Erick Thohir menyampaikan terima kasih kepada Mbah Imah atas perjuangannya.

“Kita harus berkaca kepada Ibu Imah yang memberi semangat dan inspirasi kepada kita semua. Ibu Imah bisa, kita tentu juga bisa,” ungkapnya

Dia pun akan berkunjung ke tempat Mbah Imah di Desa Peleyan Timur, Kapongan setelah pandemi berlalu.

Dalam kesempatan yang saman Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Arief Mulyadi menyampaikan saat ini 90% AO PNM adalah perempuan dan 98% diantaranya milenial berusia dibawah 25 tahun, dengan mayoritas pendidikan terakhir SMA/SMK.

“Sebagai bentuk apresiasi kami atas pengabdian dan loyalitas mereka dalam mendampingi nasabah, PNM bekerjasama dengan Universitas Terbuka agar AO dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, sebagai bekal mereka di masa yang akan datang,” tandasnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!