Transaksi e-money Ditargetkan Tumbuh

by
Transaksi e-money

Transaksi e-money atau bisnis kartu uang elektronik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan di tahun ini. Menurut SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri, Jasmin, pertumbuhan di tahun 2019 akan mencapai 30 persen. Bukan hanya itu, bank pelat merah ini juga membidik penambahan kartu sebanyak 5 juta unit di tahun ini.

“Kami targetkan tahun ini akan mengalami pertumbuhan sebesar 30 persen dibandingkan transaksi e-money pada tahun lalu. Kami pastikan juga aka nada 5 juta kartu tambahan yang akan beredar tahun ini,” terang Jasmin.

Baca Juga: Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2019

Lebih lanjut ia mengatakan sampai dengan saat ini penetrasi dan transaksi e-money di masyarakat sudah sangat baik. Sampai Desember 2018, lanjut Jasmin, Bank berlogo pita emas ini telah menerbitkan sejumlah 16,4 juta kartu dengan akseptansi di lebih dari 45.000 merchant dan 60.000 lokasi top up atau isi ulang.

Adapun dari jumlah tersebut frekuensi transaksi e-money dari Januari sampai desember 2018 telah mencapai nominal transaksi sebesar Rp13.4 triliun dari 1,1 miliar frekuensi transaksi e-money.

94 PPERSEN TRANSAKSI TOL
Apabila dirinci, transaksi e-money didominasi oleh sektor transportasi yang mencapai 94 persen. Transaksi transportasi dalam hal ini yaitu transaksi e-money di jalan tol terutama pada jalan tol di ruas Trans Jawa, Bali Mandara, Medan-Kualanamu dan Ujung Pandang Seksi 1 dan 2.

“Hampir rata-rata tiap satu orang memiliki lebih dari 1 kartu bahkan ada yang punya sampai 4 kartu. Mayoritas  terjadi di jalan tol. Ke depan diprediksi akan bertambah seiring bertambahnya transportasi masal seperti MRT dan LRT,” ujarnya.

Baca Juga: Top Up e-Money Kini Bisa di Kantor Pos

Jasmin menambahkan jika Bank Mandiri tahun ini akan menambah channel penjualan kartu e-money. Bank Mandiri membidik perusahaan ritel dan e-commerce yang tengah naik daun. Hal tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu upaya mendongkrak transaksi e-money tahun ini.

“Dalam waktu dekat kita akan menambah chanel penjualan. Apabila sebelumnya ada di Alfa, Indomart, Gramedia, maka tahun ini kami targetkan dengan Kantor Pos, Ramayana dan Erafone. Semakin banyak chanel tentu akan semakin mudah bagi masyarakat,” tutup Jasmin. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *