Transaksi Digital BTN Meningkat Saat Lebaran

by
Transaksi digital

Transaksi digital bank saat ini dipakai untuk berbagai keperluan. Tidak heran, saat libur lebaran transaksi di semua bank meningkat, baik untuk keperluan konsumsi atau pembayaran dan lainnya. Apalagi di jalan tol saat ini juga menggunakan E-Money atau E-Toll yang juga bagian dari layanan digital bank.

Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono pada saat halal bi halal di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (10/6) mengklaim bahwa terjadi kenaikan yang cukup siginifikan pada transaksi digital bank yang dipimpinnya. Antusias nasabah pada saat liburan dan lebaran menyebabkan 1,2 juta transaksi melalui BTN.

Peningkatan transaksi digital sebenarnya sudah diprediksi oleh BTN. Ini melihat kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang serba mudah dan praktis semakin tinggi.

Untuk libur lebaran 2019 dan mengkover kebutuhan arus mudik dan balik, BTN telah menyiapkan uang tunai Rp14,58 triliun di samping kebutuhan non tunai atau digital. Uang tersebut disediakan untuk kebutuhan mulai tanggal 30 Mei sampai 9 Juni 2019, di mana puncak arus balik lebaran banyak diperkirakan.

Dari Rp14,58 triliun yang disediakan tunai, 30 persennya atau sekitar Rp4,37 triliun disebarkan di ATM-ATM BTN yang ada di seluruh Indonesia. Sementara sebesar 70 persennya atau sebesar Rp10,21 triliun disiapkan di seluruh kantor cabang BTN.

Kantor yang menyiapkan sejumlah uang tunai, antara lain kas kantor cabang, kantor cabang pembantu dan kantor kas, kantor cabang konvensional, kantor cabang syariah, payment point syariah dan payment point konvensional. Keseluruhan kantor dijumlahkan sekitar 3.941 outlet.

Pelayanan kantor yang menyediakan uang tunai mengikuti jam kerja dan libur nasional yang ditetapkan. Jadi, nasabah yang memerlukan uang tunai bisa menggunakan ATM dan transaksi digital untuk keperluan berbagai pembayaran.

Maryono bersyukur pelayanan transaksi digital BTN bisa berjalan lancar. Sebelum dan sesudah lebaran pelayanan on terus, tidak sekalipun pernah off. Seluruh pelayanan BTN dapat dikatakan berjalan lancar hingga kantor kas buka dan masuk kembali, 10 Juni 2019. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *