Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Tingkatkan Sinergi dengan UMKM, Angkasa Pura I Hadirkan Galeri UMKM di Bandara

MediaBUMN

Published

on

angkasa pura I

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) senantiasa bersinergi dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai perwujudan peran BUMN untuk berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian. Upaya sinergi dilakukan salah satunya melalui penyediaan Galeri UMKM di bandara kelolaan.

Beberapa galeri UMKM bandara Angkasa Pura I yang cukup besar terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Di Bandara Internasional Yogyakarta, Angkasa Pura I menyediakan galeri seluas 1.513 meter persegi untuk merangkul sekitar 300-600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya.

“Angkasa Pura I berupaya untuk meningkatkan kelas produk-produk UMKM lokal dengan melibatkan para pelaku UMKM di galeri-galeri UMKM yang ada di bandara sehingga dapat meningkatkan peluang produk-produk mereka untuk diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat, baik domestik maupun internasional. Salah satunya Galeri UMKM di YIA bernama Pasar Kota Gede yang juga merupakan area khusus UMKM terbesar di Indonesia. Pasar Kota Gede di YIA melibatkan tidak hanya pelaku UMKM di Yogyakarta, tapi juga Magelang, Purworejo, Klaten, dan daerah lain di Jawa Tengah,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Galeri UMKM di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang terdapat di terminal keberangkatan domestik menampilkan berbagai gerai produk batik, produk olahan coklat, batik kayu, produk olahan aloevera, jamu herbal, makanan khas lokal lainnya.

Walau tidak seluas galeri UMKM di YIA, juga terdapat galeri UMKM seluas 120 meter persegi di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, tepatnya terletak di exhibition hall lantai 1 terminal penumpang. Galeri UMKM di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang ini beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB di mana terdapat sekitar 70 UMKM yang menjadi mitra galeri dengan 748 jenis produk.

Galeri ini dilengkapi dengan anjungan monitor layar sentuh dengan konten e-commerce Jawa Tengah Sadewa G-2 Market yang memberikan informasi katalog produk unggulan di Jateng. Terdapat lima zona dalam galeri ini yaitu zona pakaian yang berisi batik, tenun, bordir, kain lukis, mukena, kerudung dan syal; zona kedua yang berisi aksesoris yang menjual aneka ragam kerajinan tangan berupa tas wanita, topi, dekorasi rumah, mainan anak tradisional, dan sejenisnya; zona ketiga yang merupakan zona makanan kemasan; zona food and beverages yang menjual roti bekatul, mie ongkok instan, seduhan kopi dan coklat bubuk yang bisa langsung dinikmati; serta zona activity corner yang merupakan tempat pertunjukkan seperti demo membatik, kain lukis, sajian kopi, tarian tradisional, dan lainnya.

“Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk turut serta memajukan perekonomian daerah. Salah satunya upayanya adalah dengan memberikan peluang bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memperluas pangsa pasar bagi produk-produknya melalui keberadaan galeri UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I,” ujar Faik Fahmi. []

Airport Services

Angkasa Pura I Berikan Bantuan kepada Korban Banjir Banjar dan Manado

MediaBUMN

Published

on

Korban Banjir

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajeman dan karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) menginisiasi pemberian bantuan kepada warga yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dan Kota Manado Sulawesi Utara. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Angkasa Pura I dan komunitas bandara kepada para korban bencana.

Bantuan berupa makanan dan barang kebutuhan sehari-hari telah diberikan sebanyak tiga kesempatan sejak 15 Januari hingga 25 Januari 2020 oleh manajemen dan karyawan kantor cabang serta komunitas bandara. Pada 15 Januari, bantuan berupa bahan makanan seperti 50 karung beras, 500 kaleng ikan sarden, 50 dus mie instan diserahkan oleh Manajemen Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar untuk warga di Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Selain Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sejak 23 hingga 25 Januari, Asosiasi Karyawan Angkasa Pura I (AKA) Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan serta beebrapa komunitas bandara juga memberikan bantuan makanan dan barang-barang kebutuhan pokok senilai Rp50.000.000,- kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

Adapun komunitas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang turut berpartisipasi memberikan bantuan yaitu Angkasa Pura Logistik Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Supports Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Retail Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Hotel Cabang Bandara Balikpapan, Bogajaya, Nindya Karya Cabang Bandara Balikpapan, Aerofood ACS Cabang Bandara Balikpapan. Selain manajemen Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, turut pula maskapai Garuda Indonesia serta Lion Group berpartisipasi dan memfasilitasi barang bantuan dapat terkirim ke tujuan

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan dan karyawan Angkasa Pura I serta komunitas bandara kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan dan Manado. Manajemen juga mengapresiasi inisiasi para karyawan yang dengan sukarela memberikan bantuan kepada korban banjir. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga korban banjir,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Sebelumnya, pada 19 Januari, Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sam Ratulangi Manado juga memberikan bantuan berupa ratusan nasi bungkus kepada warga terdampak banjir di empat kelurahan di Manado yaitu Kelurahan Ternate Tanjung – Kecamatan Singkil, Kelurahan Karame – Kecamatan Singkil, Kelurahan Bailang – Kecamatan Bunaken, Kelurahan Tanjung Batu – Kecamatan Wanea. Bantuan ratusan nasi bungkus ini diserahkan kepada petugas masing-masing kelurahan untuk didistribusikan kepada warganya. []

Continue Reading

Airport Services

Pegawai AP1 Balikpapan dan Komunitas Bandara SAMS Sepinggan Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Kalsel

MediaBUMN

Published

on

Banjir

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bencana Banjir yang terjadi di beberapa titik Provinsi Kalimantan Selatan sejak Senin 18 Januari 2021, karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan bersama komunitas Bandara yaitu Angkasa Pura Logistik, Angkasa Pura Supports, Angkasa Pura Retail, Angkasa Pura Hotel, Bogajaya, Nindya Karya, Aerofood ACS dan Asosiasi Karyawan Angkasapura I Balikpapan (AKA) bersinergi membantu korban bencana banjir berupa makanan dan barang kebutuhan sehari-hari yang nilainya sekitar 50 Juta Rupiah.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Barata Singgih Riwahono mengatakan, mengatakan nahwa sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana Banjir di Kalimantan Selatan, karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan beserta para komunitas Bandara SAMS Sepinggan turut memberikan bantuan berupa makanan dan barang-barang kebutuhan pokok yang dapat dimanfaatkan segera.

Banjir

“Selain manajemen Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, turut pula maskapai Garuda Indonesia serta Lion Group berpartisipasi dan memfasilitasi barang bantuan dapat terkirim ke tujuan,” ujar Barata.

Untuk jumlah bantuan yang telah terkirim ke Kalimantan Selatan Barata mengungkapkan, “Secara total sebanyak 85 Koli atau sekitar 1,3 Ton. Pengiriman bantuan tersebut dikirimkan secara bertahap yang dimulai sejak tanggal 23 Januari 2021 sampai hari ini telah selesai terkirim semuanya.”

Lebih lanjut Barata mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada seluruh karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I Balikpapan serta para Komunitas Bandara SAMS Sepinggan yang telah terlibat dalam aksi bantuan kemanusiaan tersebut.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban para warga yang terdampak Banjir dan diberikan ketabahan serta kekuatan menghadapi musibah ini,” ujar Barata. []

Continue Reading

Airport Services

Bandara Sam Ratulangi Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Untuk Korban Banjir Manado

MediaBUMN

Published

on

Manado

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat (15/1) mengakibatkan beberapa titik di kota Manado dan sekitarnya diterjang banjir.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sam Ratulangi menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana banjir berupa 400 nasi kotak yang dibagikan ke empat kelurahan terdampak, yakni Kelurahan Bailang, Kelurahan Karame, Ternate Tanjung, dan Kelurahan Tanjung batu.

“Kami turut menyampaikan duka mendalam atas bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Indonesia, termasuk diantaranya bencana banjir yang melanda Manado dan sekitarnya. Melalui program Corporate Social Responsibility, kami berharap bantuan ini sedikit dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat yang terdampak,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Manado

Minggus menyampaikan harapannya agar korban becana dapat diberikan ketabahan untuk melalui bencana ini, serta Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan dan dijauhkan dari bencana susulan.

“Jangan lupa kita juga harus tetap terus waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini terjadi,” tambah Minggus.

Adapun nasi kotak tersebut diserahkan kepada masing-masing Lurah untuk selanjutnya didistribusikan ke masyarakat. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!