Tingkatkan Layanan Transportasi, BPTJ Operasional Terminal Pondok Cabe

by
Terminal Pondok Cabe

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) secara resmi telah mengoperasionalkan Terminal Pondok Cabe pada senin lalu. Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, langkah tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan transportasi angkutan umum sekaligus mengintegrasikan layanan transportasi antar moda.

“Operasional Terminal Pondok cabe ini merupakan bagian dari upaya mengintegrasikan antar moda,” terang Bambang ketika meresmikan Terminal Pondok Cabe.

Lebih lanjut Bambang menyebut jika Terminal Pondok Cabe merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada BPTJ pada pertengahan 2018. Adapun terminal yang dibangun sejak 2015 tersebut, memiliki luas 25.995 meter persegi yang terdiri dari bangunan utama, terminal angkutan dalam kota, dan terminal bus antar kota, dimana pembangunannya menggunakan dana hibah yang dialokasikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga; Dua BUMN Ini Siap Jor-joran Investasi Platform Digital

Di dalam terminal ini terdapat 33 PO bus yang melayani masyarakat dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Terminal Pondok Cabe juga melayani penumpang tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Masyarakat bisa mencapai terminal tersebut dengan menggunakan sejumlah bus yang telah disediakan, seperti Transjabodetabek Premium dari Pondok Cabe menuju Senen, dan lima unit bus rute Pondok Cabe-Tanah Abang.

Ada juga Transjabodetabek Reguler dengan rute Terminal Pondok Cabe-Senen 10 unit, Terminal Pondok Cabe-Kampung Rambutan berjumlah 15 unit, 20 unit bus rute Terminal Pondok Cabe-Tosari/Bundaran Hotel Indonesia, dan 10 bus rute Pondok Cabe-Kuningan. Seluruh bus tersebut merupakan milik Perum PPD. Mayasari Bakti akan mengoperasikan lima unit bus transjabodetabek Pondok Cabe-Bekasi, Ciawi, dan Cikarang.

Masyarakat juga bisa menggunakan bus transjakarta yang akan beroperasi dari Ciputat dan Lebak Bulus menuju Pondok Cabe. Terminal Pondok Cabe sebelumnya mulai diuji coba pada Juni lalu. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *