Connect with us
banner pln 2023

Asuransi

Tim Pembina Samsat Martapura Gencar Melakukan Sosialisasi Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor

Published

on

Pajak Kendaraan Bermotor

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Sosialisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) digelar tim gabungan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Martapura, di antaranya Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat Martapura Zulkifli, S.Sos., M.M, Kasi PKB dan BBNKB M. Rudi Wardhani, S.E., dan Kanit Gakkum Polres Banjar H. Tatak Kusdaryono, S.M serta Petugas Jasa Raharja Kalsel Riza Lazuardi, S.Si. pada Rabu (28/9/2022) bertempat di Kantor Samsat Martapura, Kalimantan Selatan.

“Selain untuk meningkatkan kepatuhan dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU), tentunya kebijakan ini juga dapat mewujudkan masyarakat yang patuh terhadap peraturan yang sudah dibuat negara, sehingga masyarakat tertib dalam berkendara di jalan raya sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas”, ungkap Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan, Benyamin Bob Panjaitan.

Sosialisasi penerapan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sebagai upaya meningkatkan implementasi undang-undang, khususnya pasal 74 yang berbunyi, “Penghapusan data kendaraan dilakukan apabila kendaraan tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.”

Diuraikan Bob lebih lanjut bahwa apabila didapati pajak kendaraan yang telah lewat masa berlakunya maka dianjurkan untuk langsung memenuhi kewajibannya melakukan pembayaran PKB & SWDKLLJ di Samsat Keliling. Para pengendara juga dipesani untuk menyampaikan himbauan tentang PKB ini kepada masing-masing kerabat agar yang menunggak dapat segera membayar pajaknya serta diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar taat membayar pajak, mengingat pajak juga dapat meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya juga bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Bob.[]

Continue Reading

BNI

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM