Connect with us
PERTAMINA

Industri

Tesla Pilih India dibanding Indonesia? Ini Kata Erick Thohir

Published

on

Tesla

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tesla Inc sebagai perusahaan mobil listrik dari Amerika Serikat yang sedianya akan melakukan investasi di Indonesia, dikabarkan membatalkan rencana tersebut.

Adapun Tesla dikabarkan lebih memilih negara India sebagai tujuan investasinya. Bagaimana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi hal ini?

Seperti diketahui Indonesia melalui mantan Bos Intermilan ini sebelumnya sangat getol melobi-lobi Tesla agar mau berinvestasi di Indonesia.

Ketika dikonfirm mengenai kebenaran kabar ini, Erick Thohir secara tegas menepis kabar tersebut!

Tesla, jelas Erick masih dalam proses diskusi dan negosiasi dengan pemerintah Indonesia serta sejumlah perusahaan besar lainnya baik yang berasal dari Jepang maupun Amerika untuk membangun ekosistem pabrik kendaraan listrik (EV battery) milik Indonesia.

“proses bersama Tesla dan perusahaan besar lain dari Jepang dan AS yang tergabung dalam ekosistem pabrik kendaraan listrik masih terus berlanjut. Proyek strategis ini masih terus berjalan dan terus ditingkatkan prosesnya,” jelas Erick dalam acara The Indonesia 2021 Summit: The Future is Now secara virtual (23/02).

Indonesia, lanjut Erick, masih terus melakukan pembicaraan salah satunya dengan Tesla dalam mengembangkan industri baterai untuk kendaraan listrik.

“Potensi nikel Indonesia yang berlimpah tentu sangat besar pula potensi kita dalam pengembangan industri EV battery,” tambah Erick.

Sumber daya nikel yang melimpah tersebut diproyeksikan akan menopang pertumbuhan nasional sempai dengan 20 tahun mendatang.

Kesepakatan hingga saat ini yaitu sudah masuk pada tahap perjanjian bisnis pengembangan EV battery antara konsorsium BUMN dengan perusahaan asal China, China’s Contemporary Amperex Technology atau CATL dan perusahaan asal Korea Selatan, LG Chem.

Seperti diketahui bahwa konsorsium BUMN tersebut terdiri dari holding pertambangan BUMN MIND ID, PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero). []

Perbankan

BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Published

on

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk gencar memasarkan produk terbarunya yaitu Tabungan BTN Bisnis yang diperuntukan bagi para pelaku usaha Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan road show ke berbagai kota di Indonesia, di antaranya Kota Medan, Sumatera Utara.

Melalui Tabungan BTN Bisnis, Bank BTN berupaya menggenjot perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan menyasar pelaku bisnis dari berbagai segmen dan sektor usaha, baik yang berada di industri hulu maupun hilir khususnya UMKM.

Direktur Distribution & Funding Bank BTN Jasmin menjelaskan, Road Show Tabungan BTN Bisnis di Sumut diharapkan mampu menarik para pengusaha di Sumut untuk memanfaatkan produk  yang didesain khusus bagi pebisnis.

“Apalagi di Sumut khususnya Kota Medan banyak terdapat kawasan bisnis, baik berupa pasar maupun pusat perdagangan,” ujarnya saat Road Show Tabungan BTN Bisnis di Mal Plaza Medan Fair, Sabtu (24/9/2022).

Dia menjelaskan, Tabungan BTN Bisnis menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha yang akan mempermudah transaksi bisnisnya karena memiliki beragam fitur pendukung diantaranya limitasi transaksi yang tinggi untuk transfer. Selain itu, Tabungan BTN Bisnis juga menawarkan fitur yang dapat memudahkan pemantauan,dan pencatatan pembukuan transaksi.

“Tabungan BTN Bisnis ini memberikan kemudahan transaksi kepada segmen pebisnis seperti SME, perdagangan, properti dan lain-lain, baik secara individu maupun secara institusi,” ungkapnya.

Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis dapat menunjang aliran transaksi di antara para pedagang dari supplier, pengolah bahan baku maupun penjual di rantai bisnis industri. Apalagi pertumbuhan bisnis produk lokal makin diminati dengan kualitas dan produk yang inovatif.

“Pertumbuhan bisnis yang pesat perlu didukung layanan perbankan yang mumpuni dan mendukung transaksi,” imbuhnya.

Terkait Tabungan BTN Bisnis, lanjut Jasmin terdapat sejumlah benefit yang diberikan kepada para pengusaha. Di antaranya besaran limit transaksi, yaitu nilai transfer antar rekening BTN maupun Bank lain lebih besar daripada tabungan biasa. Selain itu Tabungan BTN Bisnis masih menerapkan bebas biaya transfer dan administrasi.

“Tabungan BTN Bisnis juga memberikan rincian informasi terkait transaksi bisnis yang detail, misalnya mencantumkan identitas pengirim dana dan informasi metode transaksi yang masuk, apakah dengan QRIS atau EDC dan sebagainya,” jelasnya.

Disampaikannya setelah diluncurkan pada akhir Maret 2022 lalu telah meraih sebesar Rp 1,6 triliun. “Kita bukan mencari volume, tetapi kualitas transaksi bisnis untuk pebisnisnya, sehingga tepat ekosistemnya ” pungkasnya.

Hal tersebut juga menjadi latar belakang Bank dengan kode saham BBTN ini menjadikan Alan Budikusuma dan Susi Susanti, mantan atlet bulutangkis nasional, yang kini menjadi pebisnis produk olahraga, menjadi model iklan Bank BTN. Dikatakan Jasmin, Alan dan Susi merepresentasikan pengusaha yang sukses dengan produk lokal yang inovatif dan mampu bersaing dengan produk internasional. []

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Kepri Buka Pelayanan Samsat Di Perumahan Cendana Batam

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau buka pelayanan Samsat Jempol Sapri (Jemput Bola Samsat Kepri) di Perumahan Cendana Batam, Batam Kota. Kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama dengan Tim Samsat dengan menggunakan mobil Samsat Bergerak pada sabtu pagi (24/09/2022)

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Bapak Jamaluddin selaku Ketua RT 03 Perum Cendana Batam dalam rangka meminimalisir terjadinya tunggakan di wilayah tersebut sehingga masyarakat akan selalu ingat untuk taat pajak, kegiatan tersebut di dukung penuh bahkan Bapak RT menyarankan untuk dilakukan sebulan sekali / pada saat event besar pada saat warga semua sedang berkumpul.

Toif Riyanto selaku Kepala Unit Operasional & Humas PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau mengatakan bahwa “Kami melakukan Jempol Sapri ini dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya tunggakan yang ada di wilayah ini serta mempermudah masyarakat yang membayar pajak karena tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke samsat karena masyarakat disini tidak ada waktu luang untuk membayarkan pajaknya”.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini, mungkin bisa dilakukan sebulan sekali agar masyarakat sini pada taat membayar pajak, dan kami menghimbau agar dilakukan sosialisasi tentang manfaat dari membayar masyarakat agar mereka mengerti sehingga bisa meningkatkan kesadaran pada masyarakat”. Ucap Jamal

Tujuan Jasa Raharja Jempol Sapri ini adalah sebagai upaya Jasa Raharja dalam meminimalisir tunggakan kendaraan yang mati pajak, karena sebagian besar pekerja tidak ada waktu untuk membayarkan pajak kendaraannya. Nantinya untuk kendaraan yang mati pajak di wilayah perumahan akan dikumpulkan secara kolektif oleh Ketua RT/RW masing-masing dan kemudian akan didatangkan samsat bergerak untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak di perumahan tersebut. []

Continue Reading

Asuransi

Pejalan Kaki Korban Kecelakaan Di Birobuli Utara Disantuni Jasa Raharja

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Insiden kecelakaan lalu lintas kembali terjadi pada hari Kamis (22/9) di Jl. Basuki Rahmat Kel. Birobuli Utara Kec. Palu Selatan antara SM dengan seorang pejalan kaki sekitar pukul 15:00 Wita. Akibat dari peristiwa tersebut, pejalan kaki an. Markus Patengke meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit Budi Agung Palu.

Setelah menerima informasi tersebut, petugas Mobile Service Jasa Raharja, Moh. Hidayat langsung bergerak cepat mendata ahli waris korban yang beralamat di Jl. Tanjung Harapan I No. 118 Palu dan membantu melengkapi kelengkapan dokumen ahli waris.

Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Hasjuddin menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga korban diterima di tempat terbaik disisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan.

“Korban memiliki ahli waris sesuai UU. 34 Tahun 1964 Jo PP Nomor 18 Tahun 1965, sehingga dapat diberikan santunan berupa santunan meninggal dunia sesuai Peraturan Menteri Keuangan No.16/PMK.010/2017 sebesar Rp 50 juta kepada isrti korban sebagai ahli waris yang sah, Jum’at (23/9). Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Hasjuddin.

“Santunan tersebut berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan pada saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Samsat. Jasa Raharja selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam memberikan hak santunan dengan cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menghimbau seluruh pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat berkendara, mengutamakan keselamatan, dan menaati rambu lalu lintas serta menatati jadwal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!