Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Resmi Beroperasi

by

Presiden Joko Widodo telah meresmikan terminal baru bandara Internasional Ahmad Yani Semarang (07/6) sore. terminal baru dengan investasi Rp2.075 Triliun tersebut menjadi solusi atas persoalan lack if capacity yang sebelumnya sangat semrawut di Bandara Ahmad Yani.

Dalam pemaparannya, jokowi mengatakan bahwa pada arus lebaran tahun ini masyarakat sudah bisa menikmati beragam fasilitas yang tersedia. Adapun terminal tersebut mampu menampung 6,9 juta penumpang pertahun dengan luas yang dimiliki adalah 58.652 meter persegi atau lebih dari Sembilan kali lipat luas area lama.

Pada kesempatan tersebut Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan bahwa Bandara Ahmad Yani mengadopsi desain dengan konsep eco-airport dimana sebagian bangunan bandara dibangun di atas air.

“Bandara Ahmad Yani sangat layak menjadi icon baru bagi Provinsi Jawa tengah khususnya kota Semarang,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa terminal baru dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan.

Dengan seluruh fasilitas tersebut, maka pengguna jasa bandara akan semakin nyaman berada di bandara. Potensi pertumbuhan penumpang sebesar 10 persen tiap tahunnya juga dapat diakomodir oleh keberadaan terminal dan infrastruktur baru Bandara Ahmad Yani, yang diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *