Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

TERAPKAN STRATEGI RESTRUKTURISASI, ANGKASA PURA I OPTIMIS ARUS KAS & EBITDA POSITIF TAHUN DEPAN

Published

on

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I optimis kinerja keuangan perusahaan dapat pulih pada 2022 di tengah tekanan kinerja keuangan akibat terdampak pandemi sejak 2020 lalu. Hal tersebut ditandai dengan target arus kas yang kembali positif Rp1,15 triliun dan perolehan pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (earning before interest, taxes, depreciation, and amortization ) atau EBITDA positif menjadi Rp1,56 triliun.

“Angkasa Pura I tengah mengalami tekanan kinerja keuangan akibat penurunan trafik penumpang sebagai dampak pandemi Covid-19. Di tengah kondisi tersebut, Angkasa Pura I juga harus dihadapkan pada kewajiban pembayaran pinjaman yang digunakan untuk mengembangkan berbagai bandara demi menyelesaikan masalah lack of capacity. Namun mulai Januari 2022, Angkasa Pura I menjalankan program restrukturisasi dan optimis dapat membantu pemulihan kinerja pada 2022 yang ditunjukkan dengan arus kas positif Rp1,15 triliun dan EBITDA positif menjadi Rp1,56 triliun,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Faik Fahmi.

Adapun skenario restrukturisasi yang akan dilakukan meliputi lima aspek yaitu restrukturisasi finansial, restrukturisasi operasional, penjaminan dan fund raising, transformasi bisnis, dan optimalisasi aset. Untuk restrukturisasi keuangan, Angkasa Pura I akan melakukan restrukturisasi hutang & pokok, relaksasi & restitusi pajak, liquidity management, penundaan penyelesaian Proyek Terminal Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Dari sisi restrukturisasi operasional, Angkasa Pura I manajemen operasional berbasis trafik tanpa mengurangi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan. Selain itu juga akan dilakukan simplifikasi organisasi dan optimalisasi SDM.

Selain itu, untuk mendorong peningkatan pendapatan lainnya, transformasi bisnis usaha yang dilakukan Angkasa Pura I adalah menjalin kerja sama mitra strategis untuk Bandara Hang Nadim Batam, Bandara Dhoho Kediri, Bandara Lombok Praya; pemanfaatan lahan tidak produktif seperti lahan Kelan Bay Bali; dan mengembangkan airport city Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) serta eks Bandara Selaparang Lombok. Melalui restrukturisasi ini, tahun depan Angkasa Pura I menargetkan pendapatan Rp4,86 triliun atau lebih tinggi dari estimasi Rp3,2 triliun pada tahun 2021 ini.

Terkait utang berbunga perusahaan, Faik Fahmi menjelaskan bahwa jumlah utang berbunga perusahaan kepada kreditur dan investor hingga November 2021 senilai Rp28 triliun. Jumlah itu lebih kecil dari yang sebelumnya diberitakan mencapai Rp35 triliun. Kondisi ini juga bukan masalah bersifat struktural, namun lebih kepada akibat dampak pandemi Covid-19 yang membuat kinerja operasional dan keuangan tertekan dan berdampak kepada kemampuan membayar kewajiban pinjaman.

Pinjaman tersebut digunakan untuk mengembangkan 10 bandara yang dalam kondisi lack of capacity di mana pada 2017 kapasitas bandara-bandara Angkasa Pura I hanya 71 juta penumpang per tahun, namun realisasi penumpangnya mencapai 90 juta per tahun dan meningkat lagi di 2018 menjadi sebesar 96 juta penumpang. Adapun bandara-bandara yang dikembangkan yaitu Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA), Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan beberapa pengembangan bandara lainnya seperti Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang.

“Manajemen tengah berupaya keras untuk menangani situasi sulit ini dan berkomitmen untuk dapat survive dan menunaikan kewajiban perusahaan kepada kreditur, mitra, dan vendor secara pasti dan bertahap. Dengan berbagai inisiatif strategis tersebut kami optimis dapat bertahan menghadapi kondisi sulit ini dan mulai bangkit pada 2022 serta dapat mencatatkan kinerja keuangan positif,” ujarnya. []

Airport Services

Perluas Portofolio Bisnis, Anak Usaha Angkasa Pura I Kembangkan Bisnis Wisata Edukasi Kedirgantaraan

Published

on

bisnis wisata

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I terus mendorong perluasan bisnis nonaeronautika untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan mendorong anak perusahaan untuk memperluas portofolio bisnisnya.

Kali ini, Angkasa Pura Hotel, salah satu anak perusahaan Angkasa Pura I yang bergerak di bidang jasa hospitality, menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU) dengan PT Dirgantara Indonesia (Persero) terkait layanan wisata edukasi kedirgantaraan. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh PLT Direktur Utama PT Angkasa Pura Hotel Riko Hendrawan dengan Direktur Produksi PT Dirgantara Indonesia (Persero) Batara Silaban pada Jumat 21 Januari 2022.

Dirgantara Indonesia sebagai BUMN yang bergerak dalam industri kedirgantaraan nasional memiliki ketertarikan dan kepentingan untuk memberdayakan fasilitas perusahaannya dengan menjadikannya sebagai sarana wisata edukasi kedirgantaraan. Hal tersebut tersebut disambut baik oleh Angkasa Pura Hotel yang memiliki pengalaman di bidang pengelolaan dan penyediaan jasa hospitality yang tengah melperluas portofolio bisnisnya ke bidang hospitality lainnya. Atas dasar kepentingan dan kelebihan masing-masing pihak tersebut maka rencana kerja sama ini terwujud.

“Angkasa Pura I, melalui anak perusahaannya, terus melakukan perluasan portofolio bisnis, tidak hanya bisnis kebandarudaraan, namun juga potensi bisnis di sektor lainnya. Angkasa Pura Hotel sebagai anak perusahaan Angkasa Pura I yang fokus di industri hospitality, terutama perhotelan, juga terus mengembangkan portofolio layanan hospitality ke bidang hospitality lainnya. Penandatanganan MoU antara Angkasa Pura Hotel dengan PT Dirgantara Indonesia ini diharapkan menjadi langkah awal bagi kedua belah pihak untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui pembentukan destinasi wisata kedirgantaraan yang pada akhirnya dapat menciptakan ekosistem pariwisata baru dan mendukung program pemerintah dalam membangkitkan sektor pariwisata,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, yang juga merupakan Komisaris Utama Angkasa Pura Hotel.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu penyediaan dan pengelolaan sarana transportasi pendukung pariwisata; penyediaan dan pengelolaan fasilitas pendukung berupa food and beverages, merchandise, pendamping wisata, paket wisata, dan fasilitas wisata lainnya; serta pembangunan aset yang digunakan sebagai fasilitas objek wisata.

“Kami harap komitmen yang telah dibuat hari ini dapat terealisasi dan terlaksana sesuai target yang diharapkan dan dapat dirasakan dampaknya oleh ekosistem pariwisata dan masyarakat pada umumnya serta dapat membantu membangkitkan sektor pariwisata,” ujar PLT Direktur Utama PT Angkasa Pura Hotel Riko Hendrawan. []

Continue Reading

Airport Services

Perkuat Kekebalan Komunitas, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Selenggarakan Program Vaksin Booster

Published

on

Vaksin Booster

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I bersama Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar bersinergi dan menginisiasi pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga atau Vaksin Booster untuk seluruh stakeholder dan komunitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Program Vaksinasi Booster dilaksanakan di area Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai Kamis, 20 Januari hingga Jumat, 21 Januari 2022 pukul 08.30-15.30 WITA dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Vaksin Booster

Vaksin Booster

“Kami sangat mengapresiasi sinergi yang terjalin antara Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV dan KKP Kelas I Denpasar untuk bersama-sama menyukseskan Program Vaksinasi Booster yang menjadi arahan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa saat lalu,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Program Vaksinasi Booster diprioritaskan kepada seluruh stakeholder dan komunitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang telah memenuhi persyaratan vaksinasi, yaitu peserta yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (dosis kedua) minimal 6 bulan sebelumnya dan telah mendapatkan tiket vaksinasi booster dari aplikasi PeduliLindungi. Adapun target peserta Program Vaksinasi Booster ini mencapai 7.000 orang dengan jenis vaksin yang disediakan yaitu AstraZeneca.

“Melalui Program Vaksinasi Booster ini diharapkan mampu memperkuat kekebalan komunitas bagi seluruh peserta vaksinasi yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepada pengguna jasa di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali di tengah ancaman penularan COVID-19 varian Omicron,” tambah Faik Fahmi. []

Continue Reading

Airport Services

Lanjutkan Upaya Transformasi Bisnis, Angkasa Pura I Bangun Mini Golf dan Kafe di Lahan Bandara Adisutjipto

Published

on

transformasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I melanjutkan upaya transformasi bisnis agar dapat bangkit dari tekanan kinerja akibat pandemi Covid-19. Upaya transformasi bisnis tersebut, salah satunya, dilakukan dengan pemanfaatan lahan tidak produktif melalui pembangunan Mini Golf dan Kafe di lahan Maguwoharjo Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Pembangunan Mini Golf dan Kafe ini dilakukan oleh Angkasa Pura Properti, anak perusahaan Angkasa Pura I, di mana pada Sabtu 15 Januari 2022 dilakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan mini golf tersebut di lahan Maguwoharjo Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Groundbreaking dilakukan oleh Direktur Operasi PT Angkasa Pura Properti Renny Soviahani dan General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

“Pada 2022 ini, Angkasa Pura I fokus untuk melakukan restrukturisasi operasional dan keuangan serta transformasi bisnis. Terkait transformasi bisnis, salah satunya kami lakukan dengan pemanfaatan lahan tidak produktif. Kali ini, Angkasa Pura I memanfaatkan lahan Maguwoharjo Bandara Adisutjipto Yogyakarta seluas 2.700 meter persegi yang akan dijadikan Mini Golf dan Kafe. Diharapkan dengan dibangunnya Mini Golf dan Kafe di lahan Bandara Adisutjipto Yogyakarta dapat membuka potensi peningkatan pendapatan nonaeronautika,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Mini golf dan kafe  di lahan Maguwoharjo kawasan Bandara Adisutjipto Yogyakarta merupakan fasilitas untuk basic-intermediate training ditujukan untuk rekreasi golf bagi milenial, keluarga, dan komunitas bandara. Direncanakan mulai dibangun pada Januari 2022, pembangunan ini diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan nonaeronautika baru untuk PT Angkasa Pura I khususnya bagi Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!