Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

Telkomsel Punya Bos Baru! Ini Profilnya

CHRIESTIAN

Published

on

Telkomsel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Telkomsel baru-baru ini telah menetapkan nama Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utamanya menggantikan Emma Sri Martini yang digeser menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Siapakah Setyanto Hantoro? Sosok pria 45 tahun ini bukan wajah baru pada perusahaan industri seluler terbesar di tanah air tersebut. Pada tahun 2016 silam, Setyanto pernah tercatat pada bursa direksi PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk.

Setyanto sebelumnya juga pernah tercatat sebagai President director pada anak perusahaan Telkom yang bergerak di sektor investasi yaitu PT Multimedia Nusantara.

Ia juga merangkap sebagai Komisaris Utama pada anak perusahaan Telkom lainnya yaitu PT Jalin Pembayaran Nusantara dan sebagai Komisaris pada PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) yang tercatat sebagai anak usaha Telkom.

Jabatan terakhir Setyanto pada induk usaha yaitu PT Telkom adalah EVP Strategic Investment. Ia pun sempat masuk sebagai kandidat sebagai salah satu direksi Telkom bersama dengan Project Director Probis TV Video Telkom Joddy Hernady, Presiden Direktur TelkomSigma Judi Achmadi, serta SVP Sinergi Telkom Achmad Sugiarto.

Telkomsel menetapkan Setyanto sebagai Bos barunya berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Senin lalu (13/1).

Setyanto sendiri masuk sebagai Dirut baru Telkomsel dengan kondisi perusahaan dalam keadaan yang sangat baik usai ditinggalkan Emma Sri Martini pada medio November 2019 silam.

Bersama Martini, pada kuartal III/2019 Telkomsel berhasil mencetak revenue sebesar Rp68,3 triliun. Adalah peningkatan pelanggan data Telkomsel yang terus tumbuh sehingga berkontribusi besar terhadap pendapatan perusahaan.

Dari sisi infrastruktur, Telkomsel juga mencatat pertumbuhan. Jumlah BTS mengalami pertumbuhan sebesar 14,5 persen pada kuartal III/2019 atau menjadi 209.910 unit BTS. []

Teknologi & Komunikasi

Kanal Berita SEA Today Siap Membawa Kabar Baik Indonesia Mendunia

MediaBUMN

Published

on

SEA Today

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan soft launching dan menyaksikan penayangan perdana kanal berita berbahasa Inggris, Southeast Asia Today atau SEA Today di Jakarta (28/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali dan Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah beserta jajaran. SEA Today merupakan kanal berita dengan target audiens publik internasional, yang dikelola oleh PT Metra Digital Media (MDM) selaku anak usaha Telkom yang bergerak di bidang digital content media.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi dukungan Telkom melalui kehadiran SEA Today.

“Sudah saatnya kita sampaikan berita yang benar mengenai Indonesia kepada dunia. Sudah saatnya kita dipandang dunia. Sudah saatnya kita bangkit, seperti para pemuda yang bangkit menyatukan Indonesia di 28 Oktober 1928,” ungkapnya.

SEA Today

Erick Thohir mengaku, selama ini informasi positif tentang Indonesia masih kurang tersampaikan, sehingga persepsi dunia internasional menjadi kurang baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. “SEA Today ini dapat menjadi sarana baru untuk memperkuat komunikasi publik mengenai Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ke khalayak internasional.

Diharapkan kanal ini dapat menjadi perpanjangan info mengenai potensi alam, budaya dan ekonomi kreatif yang dapat menarik minat wisatawan hingga investor asing. Tantangannya ke depan adalah bagaimana kita mengemas materi tersebut menjadi sebuah konten komunikasi yang menarik untuk disampaikan,” ujar Wishnutama.

SEA Today disiarkan melalui berbagai kanal digital, seperti TV Interaktif IndiHome, aplikasi UseeTV GO, website UseeTV.com, aplikasi Maxstream, aplikasi SEA Today, YouTube SEA Today News dan website www.seatoday.com.

Tayangan perdana yang disiarkan secara langsung adalah SEA Morning Show, yang hadir setiap hari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Disajikan berbahasa Inggris, SEA Morning Show membuka pagi dengan peristiwa terkini, laporan langsung dari tempat kejadian, talkshow, performance & features dari Indonesia, Asia Tenggara dan dunia.

“SEA Today merupakan bagian dari upaya TelkomGroup melalui anak usahanya, MD Media dalam melakukan ekspansi bisnis khususnya digital content provider. Semoga SEA Today dapat menjadi kanal yang membawa nama Indonesia mendunia, memberikan berita yang bukan hanya cepat, tetapi juga tepat dan akurat,” jelas Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

SEA Today

SEA Today direncanakan akan didistribusikan ke mancanegara melalui kemitraan dengan media internasional di 10 negara, beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Ke depannya, Telkom membuka peluang kerja sama dengan content provider demi memperkaya dan meningkatkan kualitas konten, termasuk juga media partner untuk memperluas jangkauan.

Kehadiran SEA Today diharapkan dapat menjadi media baru untuk menampilkan citra positif Indonesia serta membuka mata dunia akan potensi dan prestasi, baik dari sisi kekayaan alam, masyarakat maupun budaya, serta peluang peningkatan investasi.

Semoga hal ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan berbagai industri di Indonesia dan perekonomian nasional. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri, Jaga Momentum di Tengah Pandemi

MediaBUMN

Published

on

Informasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Merebaknya pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seluruh negara di dunia. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak pandemi ini dan dituntut mampu beradaptasi agar dapat bertahan. Meski demikian, ada juga beberapa sektor industri yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, di antaranya industri kesehatan, makanan, e-commerce, dan Information & Communication Technology (ICT).

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi satu dari sekian banyak pelaku bisnis ICT yang diharuskan untuk beradaptasi di tengah disrupsi pandemi ini. Setelah mencanangkan diri untuk bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) sejak tahun lalu, adanya pandemi COVID-19 memberikan ruang akselerasi digital sehingga mengharuskan perusahaan untuk mempercepat upaya transformasi tersebut.

Peluang ini tentunya ditangkap Telkom sebagai sebuah momentum, tidak hanya untuk bertahan memberikan kinerja yang cemerlang tapi juga untuk melahirkan inovasi melalui produk dan layanan digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat yang turut mengalami pergeseran.

Pandemi secara tidak langsung mengubah gaya hidup dan kebutuhan, hingga mengakselerasi adopsi digital masyarakat. Di Indonesia sendiri contohnya, demi meminimalisasi penyebaran virus, Pemerintah menerapkan kebijakan PSBB sehingga kegiatan aktivitas belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Kondisi ini menyebabkan pergeseran kebutuhan masyarakat, di mana internet menjadi kebutuhan yang sangat penting saat ini. Telkom melalui infrastruktur, platform, dan layanan digitalnya menangkap peluang ini dan menjadi _enabler untuk setiap aktivitas masyarakat di masa pandemi,” ujar Direktur Keuangan Telkom, Heri Supriadi di Jakarta (23/10).

Hal ini pula yang menjadikan Digital Business Telkomsel dan IndiHome menjadi mesin utama pertumbuhan pendapatan Perseroan pada semester pertama 2020, khususnya di masa pandemi COVID-19. IndiHome membukukan pendapatan sebesar Rp10,4 triliun atau tumbuh 19,1% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, bisnis digital Telkomsel tumbuh 13,5% YoY menjadi Rp31,9 triliun dan menumbuhkan kontribusinya terhadap pendapatan sebesar 72,4% dari 62,2% tahun lalu.

Untuk itu, Telkom secara kontinyu terus melakukan pembangunan infrastruktur yang dianggarkan dari belanja modal perusahaan (capital expenditure), yang akan dimanfaatkan untuk penguatan seluruh lini bisnis, baik mobile related business, fixed broadband, dan bisnis lainnya. Meski terjadi persaingan yang tinggi dan juga turunnya bisnis legacy, Layanan Digital Telkom mampu tumbuh dan mengompensasi penurunan dari bisnis legacy, bahkan disebut menjadi penopang bisnis kinerja perusahaan.

Transformasi Perusahaan dan Digitalisasi

Tidak hanya membangun infrastruktur telekomunikasi darat, laut, dan udara hingga pelosok Indonesia, Telkom kini tengah gencar bertransformasi menjadi digital telco dengan fokus pada tiga domain bisnis digital, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Telkom secara konsisten terus mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas, mengembangkan talenta digital unggulan, mendorong kemampuan digital, dan tingkat adopsi digital bangsa serta mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.
Untuk peningkatan digital capabilities dan pengembangan bisnis, Telkom secara cermat mengidentifikasi dan tepat memilih strateginya, dengan konsep Build (mengembangkan dari kompetensi internal), Borrow (partnership), Buy (akuisisi) dengan konsiderasi value proposition perusahaan. Telkom juga turut serta dalam mengembangkan ekosistem digital melalui sarana inkubasi seperti Amoeba dan Indigo serta mendukung investasi startup melalui MDI Ventures.

“Di Indonesia, digitalisasi menjadi hal yang sangat besar manfaatnya dalam mendukung beragam aktivitas. Untuk itu, kami berupaya untuk hadir di setiap aspek kehidupan masyarakat dan mendukung kebutuhannya. Meski di tengah pandemi, dengan kerja keras dan semangat untuk terus berinovasi, kami berharap dapat terus menjaga momentum perusahaan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan negara melalui kinerja produk dan layanan terbaik demi mendukung digitalisasi Indonesia” tutup Heri Supriadi. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Menyambut Penghujung 2020, IndiHome Tebarkan Semangat “Semua Bisa Berubah Maju”

MediaBUMN

Published

on

IndiHome

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir. Tak dapat dipungkiri bahwa adanya pandemi membawa dampak yang besar kepada perekonomian, baik secara global maupun dalam negeri. IndiHome sebagai layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memberikan dukungan kepada masyarakat melalui layanan internet yang andal dengan harga terjangkau demi memudahkan pelaksanaan aktivitas bekerja dan belajar dari rumah serta dalam rangka memberikan pengalaman digital terbaik pelanggan. IndiHome menghadirkan beragam paket yang memudahkan aktivitas belajar dari rumah baik bagi siswa, mahasiswa, hingga guru dan dosen.

IndiHome menyediakan Paket Learning from Home dengan _benefit gratis biaya satu bulan berlangganan, bebas telepon lokal dan Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) selama 50 menit sesama telepon rumah dan bebas akses seluruh konten IndiHome Study selama satu bulan. Pada kesempatan ini, IndiHome juga memberikan dukungan kepada para pengajar dan dosen berupa IndiHome Paket Khusus Guru dan Dosen. Paket Belajar dan Bekerja dari Rumah di masa pandemi ini telah disediakan oleh IndiHome sejak 18 Maret 2020 hingga 31 Desember 2020. IndiHome juga memberikan layanan bebas akses Learning Management System (e-Learning) bagi Mahasiswa di 94 perguruan tinggi. Jumlah kerja sama dengan perguruan tinggi akan terus ditambah ke depannya.

Memasuki penghujung 2020, IndiHome menawarkan Promo Akhir Tahun Semua Bisa Berubah Maju, melalui beragam bonus menarik kepada pelanggan baru IndiHome untuk Paket 3P (Internet, Televisi, dan Telepon) seperti bebas telepon 300 menit lokal/interlokal dan bonus 60 channel (36 HD dan 24 SD) selama 1 bulan. Tak hanya itu, bagi pelanggan yang melakukan registrasi IndiHome paket 3P melalui aplikasi myIndiHome, akan mendapatkan bonus saldo LinkAja sebesar Rp50 ribu. Khusus untuk 30 pelanggan yang melakukan pasang baru IndiHome paket 3P dengan kecepatan minimum 50 Mbps melalui aplikasi myIndiHome selama periode 1 Oktober hingga 30 Desember 2020, berkesempatan untuk mendapatkan satu buah notebook. Vice President Marketing Magement Telkom, E. Kurniawan berharap Promo Akhir Tahun Semua Bisa Berubah Maju ini dapat mendukung masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas yang produktif dan kreatif di masa pandemi.

Selain promo akhir tahun, saat ini IndiHome bersama Melly Goeslaw sedang menyelenggarakan Cover Song Competition lagu Semua Bisa Berubah Maju yang dilakukan secara online melalui website indihome.co.id/sbbm. Program Cover Song Competition ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar tetap optimis dan semangat melakukan perubahan di masa pandemi Covid-19 melalui kompetisi meng-cover lagu “Semua Bisa Berubah Maju” ciptaan Melly Goeslaw.

Antusiasme masyarakat mengikuti kompetisi ini cukup tinggi di mana sebanyak 1.207 peserta dari Sabang hingga Merauke telah terdaftar selama dua minggu kompetisi dibuka. Pemenang Cover Song Competition Semua Bisa Berubah Maju selain mendapatkan hadiah uang tunai juga diberi kesempatan membuat video klip bersama Melly Goeslaw. Program ini merupakan sebuah wujud nyata dukungan dari IndiHome untuk mendukung Indonesia Maju.

Dukungan lain dari IndiHome untuk mendukung Indonesia Maju juga dilakukan pada industri kreatif berupa kerja sama atau kolaborasi menggandeng komunitas komikus di Indonesia dalam membuat serial komik yang mengangkat karakter-karakter asli Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan perubahan untuk maju kepada masyarakat dengan cara yang fun, simple, dan creative. IndiHome telah bekerja sama komunitas Komikus Jibaku dan ke depannya akan melibatkan komunitas komik lainnya. IndiHome akan terus bekerjasama dengan komunitas-komunitas anak bangsa di berbagai bidang agar masyarakat Indonesia tetap berubah maju walau dalam kondisi pandemi.
“IndiHome berkomitmen untuk terus melayani masyarakat dengan menyediakan akses fixed broadband andal di seluruh penjuru negeri yang mampu mendukung masyarakat dalam beraktivitas yang produktif dan kreatif di era pandemi saat ini,” tutup E. Kurniawan. []

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website www.indihome.co.id.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!