Telkom Dorong Ekonomi Digital Indonesia

by
ekonomi digital

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendukung sepenuhnya ekonomi digital Indonesia di tahun 2025 dengan menjalankan program pengembangan ekosistem startup digital bertajuk ‘Indigo Creative Nation’. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan talent digital dan startup di Indonesia.

Ery Punta Hendraswara, Deputy Executive General Manager Divisi Digital Service Telkom Indonesia mengatakan, program pengembangan ekosistem digital dilakukan untuk memenuhi kebutuhan talent dan inovasi digital yang sekarang dinilai masih belum mencukupi.

“Saat ini Indonesia masih kekurangan digital talent. Padahal digital talent menjadi faktor penting dalam pengembangan digital di samping infrastruktur, regulasi, dan pengguna,” ujar pria yang menjabat Managing Director Indigo Creative Nation itu, di Jakarta.

Baca Juga: Layanan Telekomunikasi Telkom di Palu Berangsur Pulih

Terdapat lima tahap dalam proses pengembangan ekosistem digital dalam program Indigo, di antaranya Nurturing Creativity, Talent Scouting, Incubation, Acceleration, dan Commerce. Dalam setiap langkahnya, Telkom juga menyiapkan berbagai fasilitas seperti Creative Camp sebanyak 18 titik di seluruh Indonesia, 4 Creative Center yang tersebar di Bandung, Jakarta, Jogja, dan Makassar, serta Creative Capital yaitu perusahaan pemodalan digital MDI yang juga bekerjasama dengan perusahaan Y Combinator di Silicon Valey.

Sampai September lalu, kegiatan Nurturing Creativity telah diikuti oleh 10.198 talents, terdiri dari keahlian Hacker/ahli teknologi (62%), Hipster/ahli desain (26%) dan Hustler/ahli bisnis (12%).

Kolaborasi ketiga komponen keahlian itu dinilai sangat penting untuk membantu startup digital untuk menjawab persoalan digital. Dalam prosesnya, para talent diseleksi untuk mengikuti program inkubasi. Hasilnya, sebanyak 23 startups berhasil memasuki tahapan akselerasi pasar dan 17 startups telah mendapatkan investasi lanjutan dari para investor domestik dan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *