Connect with us
PERTAMINA

Jasa Keuangan

Target Laba PT PNM Tahun ini Rp20 Miliar

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Target laba

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Target laba PT Permodalan Nasional Madani (Persero) di tahun 2020 ini diproyeksikan bisa mencapai Rp20 miliar. Target laba ini disesuaikan setelah perseroan mendapatkan suntikan modal pemerintah dari dana PMN dan Program PEN.

PNM mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN senilai Rp1 triliun, sementara dana program Pemulihan Ekonomi Nasional akibat Covid-19 senilai Rp1,5 triliun.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, pihaknya kini mengubah target perusahaan, yang sebelumnya diperkirakan bakal merugi akibat pandemi covid-19, kini diproyeksikan bisa mencetak laba.

Sebelumnya ada suntikan dana dari pemerintah kami memang memprediksi tahun ini bakal rugi. Tapi sekarang kita proyeksikan bisa mendapat laba hingga akhir tahun 2020 mendatang minimal Rp20 miliar,” ujar Arief Mulyadi, Rabu (22/7/2020).

Arief mengatakan, dampak pandemi Covid-19 terhadap nasabah utama PNM, sempat membuat pihaknya pesimis untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Apalagi nasabah PNM paling dominan adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak cukup parah.

Hal ini tampak dari data realisasi semester I tahun 2020 program pembiayaan penugasan pemerintah, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

Untuk ULaMM, jumlah penyaluran hingga Juni 2020 hanya sebesar Rp615 miliar, turun sebesar 67,37 persen dari tahun lalu yang mencapai Rp1,88 triliun.
Penurunan juga terjadi para program PNM Mekaar,dimana penyaluran hingga Juni 2020 senilai Rp7,69 triliun, turun 4,73 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 yang mencapai Rp9,31 triliun.

Meski realisasi menunun, namun jumlah nasabah aktif khusus PNM Mekaar, tercatat mengalami kenaikan dari 4,7 juta nasabah menjadi 6,1 juta pada semester I tahun 2020 atau sebanyak 30,4 persen.

“Dari total nasabah itu, sekitar 300.000 di antaranya sempat terdampak pandemi Covid-19. Hal ini karena sebagian dari nasabah aktif PNM Mekaar merupakan pelaku UMKM yang berstatus ibu rumah tangga. Beberapa tidak bisa dibiayai lagi karena kondisi likuiditas PNM,” ungkapnya.

Arief menjelaskan, keterbatasan dana yang dimiliki saat ini diprioritaskan untuk membayar kewajiban yang jatuh tempo kepada pihak ketiga.

Meski begitu, Arief memastikan para nasabah aktif akan tetap diberikan pembinaan dan komunikasi oleh PNM agar para pelaku UMKM ini bisa dibiayai lagi saat kondisi ekonomi membaik.

“Meski kinerja perusahaan sempat terdampak pandemi Covid-19 kami optimis bisa mencapai target laba PNM yang sudah ditetapkan. Kami juga optimistis mampu melampaui jumlah capaian nasabah aktif dan realisasi pembiayaan Rp20,18 triliun pada 2019,” tandasnya. []

Jasa Keuangan

Sukses Pacu Kinerja dan Inovasi, Dirut Pegadaian Raih Best CEO 2020

CHRIESTIAN

Published

on

BEST CEO

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) yang terus memposisikan diri sebagai perusahaan berkinerja positif tidak terlepas dari peran Kuswiyoto sebagai Direktur Utama.

Bersama Kuswiyoto, perusahaan pelat merah ini berhasil tumbuh mencetak kinerja gemilang dan dianggap paling sukses dalam melakukan inovasi digital.

Atas dasar itulah, Kuswiyoto berhasil menyabet predikat Best CEO pilihan karyawan di masa pandemi versi Majalah SWA.

Kuswiyoto juga dinilai berhasil mendongkrak kinerja perseroan dengan melakukan berbagai kolaborasi bisnis dengan berbagai pihak strategis.

Seperti diketahui kinerja Pegadaian sepanjang tahun 2020 berhasil melanjutkan tren yang positif dengan perolehan pendapatan usaha sebesar Rp17,67 triliun atau naik 24,27 persen dibanding tahun 2019 yang sebesar Rp21,96 triliun.

Kinerja dari sisi aset pun tumbuh dengan baik, dimana tahun 2020 Pegadaian berhasil mencatat aset sebesar Rp71,47 triliun dimana catatan aset ini mengalami kenaikan sebesar 9,40 persen dibanding tahun 2019 yaitu sebesar Rp65,32 triliun.

Pun demikian dengan peningkatan jumlah nasabah yang berhasil tumbuh 22,15 persen dimana pada tahun 2019 jumlah nasabah tercatat sebanyak 13,86 juta orang menjadi 16,93 juta orang di tahun 2020.

Selain itu perseroan juga mencarar pertumbuhan pada omset pembiayaan yang disalurkan yang meningkat 13,34 persen dari tahun 2019 sebesar Rp145,63 triliun menjadi Rp165,06 triliun di tahun 2020.

Sepanjang tahun 2020, imbuh Kuswiyoto, Pegadaian sangat aktiv dalam meluncurkan berbagai program strategis dalam rangka mendorong laju bisnis perusahaan dan mendorong perekonomian masyarakat.

Salah satu yang diluncurkan yaitu program Gadai Peduli (Gadai Tanpa Bunga) yang merupakan program yang memberikan pinjaman senilai Rp1 Juta kepada masyarakat khususnya bagi yang terdampak pandemi.

Selain itu, program ini juga telah relaksasi dengan memberikan perpanjangan masa jatuh tempo lelang dari 15 hari menjadi 30 hari, dan relaksasi kredit mikro berupa pembebasan denda keterlambatan angsuran serta restrukturisasi pinjaman.

“Di masa pandemi kami meluncurkan program Gadai Peduli, yang dikhususkan bagi masyarakat dan UMKM yang memiliki kesulitan untuk mengembangkan usaha dan mencukupi kebutuhan ekonomi” ujar Kuswiyoto.

Parameter Best CEO

Apresiasi penghargan Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi ini telah melalui penilaian dan proses yang panjang, dimana survei telah dilaksanakan dari Oktober- Desember 2020. Bagi CEO yang hendak mengikuti survei, harus menunjukan kinerja bisnis yang bagus dan memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di era kepemimpinannya.

Chief Editor SWA Group, Kemal E. Gani mengatakan parameter penilaian menggunakan konsep leadership yang dikembangkan oleh Franklin Cove, yaitu The 4 Essential Roles of Leadership, yang merupakan penyempurnaan dari konsep Four Roles of Leadership. Melalui parameter tersebut seorang CEO harus memiliki kemampuan yaitu Inspire Trust (membangun kepercayaan pada karyawan di tengah perubahan agar perusahaan survive), Create Vision (mengkreasikan purpose/tujuan perusahaan), Execute Strategy (mengesekusikan strategi), dan Coach Potential (kemampuan menempatkan orang yang tepat di organisasi).

“Apresiasi penghargaan best CEO kali ini kami berikan bobot lebih tinggi untuk parameter Inspire Trust dan Execute Strategy. Adapun detail bobot penilaian yaitu Inspire Trust 30 persen, Create Vision 25 persen, Execute Strategy 30persen dan Coach Potential 15 persen”, Ujar Kemal.

Kemal menambahkan pada survei pemilihan CEO terbaik, melibatkan minimal 30 responden yang merupakan karyawan dari perusahaan itu sendiri. Melalui metode tersebut terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020 dengan indeks BEST CEO di atas 90.

“Kami lakukan survei dengan mengedepankan parameter The 4 Essential Roles of Leadership, untuk menjawab tantangan CEO di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity). Lalu setelah itu kami lakukan proses validasi dan pengelohana data survey. Setelah kami lakukan penilaian, terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020, dimana salah satunya adalah Direktur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto”, Ucap Kemal. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Melalui Program HoKi, Pegadaian Dorong Mahasiswa jadi Wirausahawan Muda

CHRIESTIAN

Published

on

Program HoKi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Program HoKi (Hibah Kompetisi Kewirausahaan) menjadi salah satu program strategis dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Program HoKi merupakan arena dalam pencarian bakat kewirausahaan yang ditujukan kepada mahasiswa perguruan tinggi (S1) yang diresmikan melalui pelaksanaan webinar sosialisasi program HoKi (19/02).

Melalui program tersebut, menjadi salah satu upaya PT Pegadaian (Persero) yang secara konsisten mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurut Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto, melalui program HoKi mampu mencetak entrepreneur muda kompeten yang berdaya saing.

Selain itu pertumbuhan wirausahan, imbuh Kuswiyoto, mampu menggairahkan kembali geliat perekonomian nasional yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Secara rasio, tingkat kewirausahaan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Asean lainnya. Oleh karenanya, kami mengajak teman-teman mahasiswa agar tidak takut untuk memulai usaha. Banyak sekali institusi formal yang siap membantu mengembangkan usaha, salah satunya yaitu PT Pegadaian (Persero)”, pungkas Kuswiyoto.

Menurut ketua panitia HoKi, Winang Budoyo, sebagai pilot project, program HoKi akan diperuntukan kepada Mahasiswa dari Kalbis Institute, Universitas Kristen Krida Wacana serta Institut Perbanas.

“Kami sangat berharap bagi mahasiswa yang ikut program HoKi dapat membuat mereka lebih fokus dalam mengembangkan diri menjadi entrepreneur tangguh. Adanya program ini akan mendorong daya saing mereka serta meningkatkan keberanian para anak-anak muda generasi Z dalam menciptakan bisnis yang inovatif serta mampu membuka lapangan pekerjaan baru”, papar Winang.

Dalam kesempatan tersebut juga diikuti oleh President & Co-Founder of Tanihub Group, Pamitra Eka yang ikut membagikan pengalaman dalam merintis dan mengembangkan usaha Tani-Hub.

Tani Hub, sebut Pamitra saat ini telah bermitra dengan 30 perusahaan ritel dengan sekitar 20 ribu petani yang tergabung.

“Saat ini anak-anak muda rata-rata masih menjadikan entrepreneur sebagai opsi dalam karirnya. Padahal jika mampu untuk fokus, entrepreneur merupakan profesi yang menjanjikan,” imbuh Pamitra.

Kementerian BUMN dukung Penuh Program HoKi

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting sekaligus Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Nelayan ISEI Jaya, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung penuh pelaksanaan program HoKi.

“Kementerian BUMN menyambut baik atas diinisiasinya program pilot project ini. Kami berharap program ini kedepannya bisa diimplementasikan secara luas jangkauannya serta menjadi agenda yang berkelanjutan”, ujarnya.

Mahasiswa yang ikut dalam program tersebut, imbuhnya, dituntut agar mampu menciptakan rencana ide bisnis yang inovatif dan komprehensif dengan didukung purwarupa produk yang siap diuji pasar. Selanjutnya, program HoKi akan berlanjut pada proses seleksi proposal.

Adapun peserta program terdiri dari tiga sampai dengan lima anggota tim dimana yang terpilih sebagai enam pemenang terbaik akan mendapatkan bantuan pembinaan senilai Rp25 juta rupiah dan berhak menjalani program pembinaan selama tiga bulan.

Pemenang terbaik juga akan memiliki kesempatan untuk mendapat pelatihan kewirausahaan, pendampingan, program kemitraan dan pembiayaan.

Seluruh peserta program tersebut juga dituntut setiap bulannya untuk membuat laporan kemajuan kepada panitia. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Dorong Inovasi Pemasaran Produk, Pegadaian Gandeng Lazada Logistics

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Pemasaran

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) terus melakukan inovasi dalam mendorong pemasaran produk-produk yang dimiliki.

Kali ini Pegadaian ini melakukan sinergi dengan Lazada Logistics, dimana dalam kerjasama tersebut nantinya akan memberdayakan seluruh mitra kurir Lazada sebagai agen Pegadaian

Adapun kerjasama tersebut tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto dengan Chief Logistics Officer Lazada Logistics, Philippe Jacques Auberger di kantor pusat Pegadaian, (17/02)

Dalam kesempatan tersebut, Kuswiyoto menyambut baik sinergi keduabelah pihak. Menurutnya dengan jumlah 20.000 mitra logistik yang dimiliki Lazada, akan semakin memberi kemudahan dalam pemasaran serta memperkenalkan seluruh produk Pegadaian kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut Kuswiyoto, nantinya seluruh mitra logistik Lazada juga bisa memanfaatkan berbagai layanan produk yang disediakan Pegadaian.

Adapun produk-produk tersebut antara lain yaitu Tabungan Emas, Kreasi, Amanah, Arrum Haji, Mulia, dan Digital Landing.

“Mereka adalah mitra logistik yang akan menjadi agen sekaligus pemasar, sehingga produk-produk Pegadaian bisa dikenal dan dipasarkan melalui Lazada Logistics,” ujarnya.

Selain itu, seluruh mitra logistik, lanjut Kuswiyoto, nantinya juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan. Dimana para mitra logistik Lazada bisa memanfaatkan produk dan layanan yang dimiliki Pegadaian antara lain seperti layanan pemodalan, pembiayaan dan investasi emas.

“Seluruh mitra kurir Lazada yang menjadi Agen Pegadaian nantinya akan mendapatkan sosialisasi serta pendampingan dari kami terkait produk-produk yang akan dipasarkan, dan tentunya pembinaan terkait keagenan,” tambah Kuswiyoto.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa seluruh mitra Lazada nantinya juga akan mendapatkan banyak manfaat seperti mendapatkan penghasilan tambahan, bonus agen, hingga gratis biaya pembukaan Tabungan Emas.

“Selain itu kami juga akan memberikan pembinaan bagi mitra Lazada yang akan bergabung menjadi Agen Pegadaian,” pungkas Kuswiyoto. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!