Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Tabungan Emas, Kenali Keuntungan dan Trik investasinya

MediaBUMN

Published

on

Tabungan Emas

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tabungan emas saat ini telah menjadi tren investasi di kalangan masyarakat. Menabung merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Tentu secara keseluruhan diarahkan kepada aktivitas investasi untuk tujuan menambahkan nilai pada harta mereka dikemudian hari. Salah satu macamnya adalah tabungan emas. Ini penjelasan lengkapnya mengenai tabungan emas.

MENGENAL TABUNGAN EMAS SECARA UMUM

Seperti diketahui bersama bahwa sekarang ini banyak orang berlomba-lomba untuk investasi. Hal yang bisa ditabungkan salah satunya adalah uang. Namun seiring waktu berjalan, tentu nilainya akan berkurang karena inflasi.

Masalah di atas bisa menjadi hambatan dalam kegiatan investasi. Salah satu solusinya adalah dengan beralih dari menabung uang menjadi emas. Dimana hal tersebut sudah banyak dilakukan karena keuntungannya lebih menjanjikan.

Hal itu salah satunya didasari oleh nilai dari emas yang jarang sekali turun. Bahkan hampir setiap tahunnya mengalami kenaikan signifikan. Jika ingin memulainya pada masa sekarang, bisa lebih mudah karena telah ada lembaga yang mendukungnya.

Lembaga dimaksud salah satunya adalah PT. Pegadaian yang merupakan perusahaan BUMN terbesar di negara Indonesia. Mereka mengeluarkan sebuah produk terbaru untuk mendukung hal tersebut dengan nama tabungan emas.

Tabungan Emas

MANFAAT MEMILIKI TABUNGAN EMAS

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa investasi menghadirkan prospek menjanjikan. salah satu caranya adalah dengan tabungan emas perhiasan di Pegadaian Syariah. Alasannya karena mereka memberikan berbagai macam keunggulan dan manfaat, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pencairannya Cepat

Secara umum, likuiditas investasi emas pasti terjamin tinggi. Artinya bisa dengan mudah dicairkan ke dalam bentuk lain seperti uang. Hal tersebut tentu akan berbeda jika berupa aset, misalkan tanah ataupun rumah.

Cara mencairkan tabungan emas pegadaian juga terbilang mudah dan cepat. Kira-kira hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja, lalu dipastikan hasilnya langsung diterima. Setelah itu, mereka juga menyediakan bentuk pilihan lain dalam bentuk batangan atau perhiasan.

2. Buka Tabungan Lebih Mudah

Keunggulan berikutnya yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa pegadaian adalah cara membuka tabungan emas sangat mudah. Tinggal pergi ketempatnya sambil membawa persyaratan terlampir. Kemudian, melakukan pengisian formulir secara lengkap dan terperinci.

Mereka menjangkau daerah di pelosok Indonesia, terdapat sekitar 4000 cabang. Hal tersebut memberi kemudahan ekstra bagi calon nasabah. Sebagai contohnya orang ingin investasi namun hidup di desa terpencil seperti Simego Jawa Tengah, maka Pegadaian syariah Pekalongan bisa melayaninya.

3. Harganya Terjangkau

Keunggulan berikutnya adalah layanan Pegadaian memberikan harga yang terjangkau. Maka hal ini bisa menjadi sebuah solusi untuk orang dengan beragam kebutuhan hidup. Dimana kadang mereka ingin melakukan investasi namun terkendala biaya.

Layanan tabungan emas dari mereka hadir dengan biaya terjangkau. Nasabah bisa mulai menabung dengan uang Rp. 5.000,00 dan mendapat sekitar 0,1 gram. Atau untuk info lebih lanjut bisa langsung melihat websitenya.

4. Tersedia Cicilan

Salah satu keunggulan dari layanan pegadaian adalah menyediakan cicilan. Mereka memiliki fasilitas bernama “Mulia Arisan” yang mengadaptasi model patungan. Sedangkan syarat yang harus dipenuhi adalah beranggotakan minimal 6 orang.

Layanannya memberikan kemudahan bagi yang terkendala masalah biaya. Untuk pilihan beratnya mulai dari 1 hingga 1000 gram. Uang muka tersedia sekitar 10% sedangkan jangka waktunya 36 bulan, atau lebih lengkapnya dapat dilihat tabel cicilan emas Pegadaian Syariah dari web mereka.

5. Jaminan Keamanan

Keuntungan kelima yang bisa didapatkan dari pelayanan pegadaian adalah berupa jaminan keamanan penyimpanan. Maka hal tersebut bisa membuat calon nasabah menjadi tenang dalam berinvestasi. Terutama dalam hal ini adalah bentuk emas.

Pihak pegadaian menjamin keamanan dari tabungan emas yang disimpan dengan penuh. Barang investasi tersebut juga akan bebas dari kerusakan atau tindak kejahatan. Bahkan hal ini berlangsung sampai benar-benar dicairkan.

6. Transaksi yang Praktis

Keuntungan berikutnya dari produk pegadaian adalah proses transaksinya dapat dilakukan lebih praktis. Seperti diketahui bahwa saat ingin membeli emas, secara fisik harus hadir ke tempat penyedia. Namun ,hal tersebut tidak berlaku karena kini bisa melalui transfer bank.

Nasabah hanya tinggal melakukan top up berupa saldo melalui ATM maupun lewat Internet. Hal tersebut menjadikannya sebagai pelayanan investasi emas online terbaik. Dimana Pegadaian sudah support dan bekerjasama dengan beberapa Internet Banking, seperti BRI, BNI dan lain-lain.

Tabungan Emas

7. Bebas Aturan dan Pajak

Dalam dunia perbankan, tentu saat melakukan investasi akan dibebankan pada aturan dan pajak. Hal tersebut kadang membuat kebanyakan nasabah merasa kurang diuntungkan. Namun, masalah serupa tidak akan dialami dalam tabungan emas.

Persoalan pajak, sementara ini tidak ada dan diberlakukan untuk kepemilikan emas seseorang. Baik dalam jumlah banyak maupun bobotnya berat sekalipun bukan merupakan masalah. Maka keuntungan yang didapatkan nasabah akan maksimal dan bersih tanpa potongan.

TIPS DAN PROSES INVESTASI DI TABUNGAN EMAS

Setiap menjalani sesuatu yang berkaitan dengan perbankan, pasti terdapat prosedur untuk dijalankan. Pada poin berikutnya akan diterangkan mengenai beberapa tips dan penjelasan prosesnya. Terdapat enam tahapan disertai saran agar kerugian tabungan emas tidak dirasakan.

1. Lakukan Survey Harga

Tips pertama yakni melakukan survey lebih dahulu agar tahu harga emas  dan produk tabungan emas di Pegadaian. Cara melakukannya tidak perlu datang langsung ke kantor. Cukup dilakukan secara online dari rumah dengan mengakses situs web seperti milik PT. Antam.

Setelah mengetahui harga dari situs tersebut, maka bisa dijadikan sebagai patokan sebelum melakukan investasi. Mungkin akan terdapat selisih, karena biasanya memang pegadaian lebih tinggi sekitar 3%. Hal ini tentu akan dapat memberikan pandangan terkait jumlah yang ingin ditabung.

2. Sesuaikan Uang

Tips kedua adalah menghitung terlebih dahulu antara dana yang dimiliki ke dalam berat emas sesuai harga survey. PT. Pegadaian sendiri sudah memiliki berbagai kategori untuk dipilih. Di antaranya mulai dari berat 5, 10, 25, 250 gram bahkan sampai dengan 1 kilogram.

Hal ini akan membantu agar tidak bingung atau ragu setelah melakukan Investasi. Persiapan tersebut juga akan memberikan waktu untuk mengumpulkan keyakinan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menentukan kapan kira-kira dapat dicairkan.

3. Persiapkan Syarat

Langkah selanjutnya untuk proses tabungan emas yaitu mempersiapkan segala syarat di Pegadaian. Di antaranya seperti dokumen-dokumen kenegaraan dan identitas berupa passpor, KTP dan lain-lain. Kemudian, setelah terpenuhi semuanya baru mengisi formulir aplikasi program tabungan emas.

Setelah peryaratan terkumpul dan pengisian formulir selesai dilakukan, berikutnya menyerahkan DP sebelumnya sekitar 20-30%. Presentase tersebut diambil dari total harga emas yang ingin disimpan. Persiapkan dan ikuti semua langkahnya dengan rapi serta berurutan.

4. Lakukan Mekanisme Lanjutan

Setelah DP selesai dibayarkan, berikutnya adalah melakukan mekanisme lanjutan. Pertama yaitu melunasi biaya administrasi yang diperlukan. Besarnya dana untuk keperluan tersebut tergantung lembaga yang bersangkutan.

Kemudian langkah ini yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Sebaiknya memilih jangka waktu tidak terlalu lama dalam pembayaran. Hal tersebut dikarenakan semakin lama tentu juga akan mahal harganya sehingga nantinya keuntungan bisa terjamin.

5. Tandai Waktu Pembayaran Cicilan

Langkah ini perlu diingat supaya tidak sampai terlewat, yaitu selalu mengingat kapan cicilan harus dibayarkan. Jika perlu memberi tanda atau peringatan supaya tidak lupa. Hal tersebut penting karena jika jatuh tenggang waktunya tidak dibayarkan, maka nasabah nantinya akan mendapatkan denda.

Lebih parahnya lagi, bisa-bisa emas tersebut akan dilelang oleh pegadaian. Ditambah hasilnya juga akan dipotong sebesar 2% yang ditanggung nasabah. Tentunya hal tersebut memberikan kerugian yang berlipat dan berdampak buruk.

6. Mekanisme Akhir

Setelah semua tadi selesai, tinggal memperhatian untuk selalu membayar saat jatuh tempo. Maka setelah lunas emas bisa diperoleh dengan jangka waktu antara 2 minggu sampai sebulan. Hal tersebut terhitung dari waktu terakhir pembayaran.

Selama pembayaran cicilan masih berlangsung. Nasabah tdak perlu cemas dan takut akan investasi emasnya akan hilang atau rusak. Hal tersebut karena pihak pegadaian sudah menyiapkan mekanisme penyimpanan yang aman.

Tabungan Emas

TEMPAT JUAL BELI EMAS PALING AMAN

Setelah investasi tadi dicairkan dan diterima, tentunya sewaktu-waktu pasti membutuhkan uang. Atau saat harga emas sedang bagus lalu ingin lebih rajin menabung tabungan emas di pegadaian tentu perlu dijual terlebih dahulu. Berikut beberapa rekomendasi tempat yang terbukti aman.

1. Pegadaian

Tempat untuk menjual atau bahkan membeli emas paling aman pertama adalah di pegadaian sendiri. Seperti dijelaskan sebelumnya, mereka memiliki beragam kemudahan untuk nasabah dan menjadi lokasi favorit banyak orang. Salah satu faktornya adalah pelayanan yang professional serta cepat.

Mereka memiliki layanan berupa pegadaian digital service untuk memberikan kemudahan melakukan transaksi secara online. Selain itu, juga bisa melalui situs resminya di pegadaian.co.id. Di sana bahkan terdapat informasi lengkap dan ketentuan menggunakan produk mereka.

Proses penjualan yang dilakukan pegadaian memberikan manfaat lain setelah menggunakan produk mereka. Di antaranya harga buyback emas pegadaian hari ini dengan prosentase 97% dari yang beredar di pasaran. Tentu jumlah tersebut akan menguntungkan karena nominalnya lebih tinggi

2. PT. Antam Pusat

Selain melalui pegadaian, proses menjual maupun membeli emas bisa dilakukan di Gedung Antam Pusat Simatupang Jakarta. Bagi yang belum tahu, mereka adalah salah satu perusahaan dari Indonesia yang bergerak di bidang penghasil aneka tambang, termasuk logam mulia.

Salah satu kelebihan yang dimiliki kantor pusatnya selain dari segi keamanan tentu adalah harga jual. Dimana tergolong lebih tinggi dibandingkan Unit Bisnis Antam. Sedangkan buyback mereka sekitar 95%. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi dan menarik para peminatnya.

Gedung Antam Pusat memiliki semacam butik untuk transaksi emas. Bagi yang ingin langsung ke tempat tersebut akan mendapat kemudahan dan pelayanan cepat. Hal itu karena pusat cenderung lebih sepi dibanding Unit Bisnis mereka.

3. Unit Bisnis Antam

Selain di gedung pusat, Unit Bisnis Antam juga menjamin keamanan dari transaknsi dan aset investasi. Mereka memiliki pelayanan jual-beli berupa emas batangan yang dibuat perusahaan. Namun, kebanyakan orang cenderung melakukan pembelian di tempat ini.

Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki harga jual paling murah dibanding tempat lainnya. tentu saja jumlah pembeli yang datang sangat tinggi. Bahkan Unit Binis Antam sampai menerapkan batasan setiap hari hanya melayani 150 orang.

Selain itu, kebijakan mereka juga memberikan layanan keamanan berupa pemeriksaan ketat. Dengan banyaknya orang yang datang ke sana setiap harinya, tentu resiko terjadinya kejahatan juga tinggi. Bahkan, di beberapa daerah juga terdapat transaksi dengan metode delivery order.

4. PT. Antam Cabang

Selain gedung pusat dan bisnis unit, PT. Antam juga memiliki cabang yang berada di beberapa daerah di Indonesia. Di antaranya yakni kota Makasaar, Surabaya, Palembang dan Bandung. Penyebaran tersebut bisa dimanfaatkan jika ingin melakukan proses transaksi jual-beli emas.

Selain menjangkau berbagai daerah, setiap cabang masih menawarkan harga yang sama. Akan tetapi jika dibandingkan dengan Unit Bisnis Antam tentu ada perbedaan lebih tinggi. Apalagi akan semakin jauh lagi bila disejajarkan dengan butik di gedung pusat mereka.

Meskipun begitu, peminat yang datang masih tetap tinggi. Hal tersebut menyebabkan antrian panjang dan kebanyakan pembeli dan penjual pasti merasa lelah. Maka untuk itu, pelayanan delivery order akan sangat membantu mengatasi kendalanya.

5. Butik Emas Mobile

Tempat untuk melakukan pembelian dan penjualan berikutnya adalah salah satu pelayanan PT. Antam bernama Butik Emas Mobile. Meskipun bisa ada dimana-mana namun bukan menggunakan kendaraan. Mereka berbentuk semacam gerai-gerai ditempat umum yang ramai orang.

Beberapa tempatnya misalkan Mall, Event-Event Stand dan lain-lain. Gerai mereka tidak menetap di satu lokasi saja, melainkan berpindah-pindah. Hal tersebut berlaku berdasarkan jadwal yang dapat dilihat langsung oleh calon nasabah.

Jadwal tersebut dicantumkan di web mereka yaitu di Situs Antam. Selain itu, juga terdapat beberapa kelemahan seperti hanya melayani transaksi terbatas. Sedangkan untuk aturan dan harga yang ditawarkan Butik Emas Mobile sama dengan kantor pusatnya.

Tabungan Emas

6. Bank dan Pegadaian Syariah

Tempat yang melayani proses jual-beli emas berikutnya adalah Bank Syariah. Hal tersebut membuat pemeluk agama Islam bisa ikut berinvestasi, dimana kadang masih ragu untuk menabung. Alasannya karena ingin menghindari sesuatu seperti riba.

Selain bank, salah satu lembaga BUMN yaitu pegadaian yang juga menyediakan pelayanan Syariah. Tentu saja upaya itu baik karena mengikuti prinsip-prinsip agama. Selain itu, juga terdapat pembelian emas dengan sistem kredit.

Selain produk tabungan emas, juga tersedia gadai emas di Pegadaian. Kemudian, Anda bisa didapatkan nilai jual hingga mencapai 95 % dari total hasil. Tentu hal tersebut bisa memberikan banyak kemudahan dan manfaat dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip agama.

7. Toko Jual Beli Emas

Tempat terakhir yang bisa dijadikan tujuan untuk menjual emas dengan aman yaitu toko emas. Namun, kebanyakan bentuk transaksinya berupa aset perhiasan. Hal tersebut akan membuat nilainya menjadi lebih tinggi.

Harga yang ada di toko emas tentu lebih tinggi dibandingkan lewat Antam tadi. Hal tersebut dikarenakan benda investasi tadi mengalami proses pengolahan panjang dan sulit. Tentu saja saat kembali dijual nilainya menjadi semakin mahal.

Meskipun kebanyakan orang banyak mengalami kerugian saat menjual emasnya di toko. Belum lagi harga pasarannya yang tidak bisa diprediksi. Namun, tetap saja mereka menjadi pilihan utama Sebagian besar masyarakat Indonesia.

KESIMPULAN

Investasi merupakan langkah tepat untuk mengembangkan uang yang dimiliki. Namun, sebaiknya memilih menggunakan aset berupa emas ketimbang uang. Hal tersebut dikarenakan seiring berjalannya waktu pasti dapat menghasilkan dengan kestabilan harganya. salah satunya dengan memiliki tabungan emas. Dengan pilihan investasi tabungan emas maka nilai investasi akan terus melonjak.

Jarang sekali ditemukan terjadi penurunan bahkan bisa saja setiap tahunnya meningkat. Bukan hanya jenis aset saja hal terpenting untuk dipertimbangkan. Akan tetapi juga lembaga yang berkecimpung dalam bidang tersebut.

Salah satu solusi dengan kualitas terbaik adalah PT. Pegadaian yang memiliki layanan tabungan emas terpercaya. Alasannya karena berbagai kemudahan dan keunggulan layanan mereka. Bahkan bisa menjadi lembaga yang menghadirkan kepraktisan cara berinvestasi emas bagi pemula.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tabungan emas yang akan memberi dampak finansial besar jika dilakukan. Beberapa tips serta tempat di atas diharapkan mampu menjadikan tambahan informasi. Hal tersebut dapat dijadikan bekal sebelum mulai melakukan investasi logam mulia. []

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perbankan

Lebaran Seru #DiRumahAja, bank bjb Sebar Promo Idulfitri 2020

MediaBUMN

Published

on

bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berbagai kemudahan terus dipersembahkan bank bjb kepada nasabah setianya, masih dalam semarak hari ulang tahun ke-59 tahun serta menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri 2020. bank bjb memberikan kado istimewa kepada para nasabah setianya dengan menggelar program promosi Idulfitri 1441 Hijriah.

Penawaran-penawaran promo ini merupakan program rutin yang diselenggarakan perseroan. Tujuannya, tidak lain untuk memanjakan nasabah loyal yang selama ini telah menjadi mitra bank bjb. Promo ini juga bertujuan untuk memeriahkan perayaan momen lebaran yang kental dengan suasana ingar-bingar.

“bank bjb mencoba memberikan Tandamata lebaran sebagai wujud ungkapan penghargaan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada nasabah yang selama ini sudah menjadi nasabah setia kami dalam bertumbuh serta berkembang bersama. Semoga dapat dimanfaatkan oleh nasabah agar dapat menambah suasana kemeriahan Hari Raya Idulfitri kali ini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Digulirkannya promo lebaran ini ikut dimaksudkan untuk mendukung gerakan lebaran #DiRumahAja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti dunia. Promo ini dapat dinikmati nasabah melalui layanan e-channel bank bjb.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kategori promo yang diberikan oleh perseroan. Nasabah dapat memanfaatkan promo menarik ini secara optimal. Berikut rinciannya:

Zakat Fitrah

bank bjb juga menyediakan promo Bayar Zakat Fitrah #DiRumahAja melalui QRIS bank bjb. Nasabah yang melakukan pembayaran zakat kepada Baznas via QRIS bank bjb (dengan aplikasi uang elektronik bjb DIGIcash, OVO, GOPAY, LinkAja, Dana) bisa mendapatkan e-voucher Indomaret senilai Rp25.000 hingga 24 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Promo berlaku bagi 200 user pertama yang melakukan pembayaran Zakat.

Food & Beverage

Pada kategori food & beverage, ada sejumlah merchant kuliner yang menawarkan promo, antara lain Ina Cookies, Raacha, Gokana, BMK, Omiyago, dan Marugame Udon.

bank bjb menawarkan merchandise cantik bagi nasabah yang membeli produk Ina Cookies dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash. Syaratnya dengan menunjukan bukti transfer dan bjb DIGICash dengan melakukan Scan QRIS yang dibawakan oleh kurir. Promo berlangsung pada 20 Mei-20 Juni 2020. Berlaku bagi transaksi menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash di area Bandung Raya.

Promo di Raacha, Gokana, dan BMK berlaku untuk transaksi minimal Rp200.000 per hari menggunakan bjb Debit Card dan bjb Credit Card akan mendapatkan voucher 25.000 khusus delivery order. Promo berlangsung pada 18 Mei-18 Juni 2020 di outlet Sukajadi, Piset Square, Cimahi Mall dan Jatinangor Town Square.

Promo di Omiyago berlaku pemesanan via home page omiyago.com. Nasabah dapat memperoleh voucher Rp80.000 untuk minimal transaksi Rp400.000. Caranya, masukkan kode voucher bjbTHR sat pemesanan. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020. Berlaku untuk 500 transaksi pertama.

Di Marugame Udon, promo diberikan berupa free delivery fee sebesar Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp100.000 untuk maksimum pengantaran 7 km. Promo berlaku untuk transaksi menggunakan bjb Credit Card jenis Platinum. Pemesanan dilakukan dengan melakukan telepon langsung ke outlet dan melakukan konfirmasi untuk jenis pembayaran menggunakan bjb Credit Card. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020 di outlet Kalideres, Jatiwaringin, Danau Sunter Utara, Jalan Riau Bandung, Buah Batu, Jalan Semeru Malang, Jalan Teuku Umar Bali, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Marketplace

Pada kategori marketplace, ada sejumlah merchant yang menawarkan promo, antara lain Indomaret, Shopee, Tokopedia, Blibli, iLOTTE, JD.ID.

Promo di Indomaret berlaku untuk pembelian produk Festive Pilihan pada halaman promo Klik Indomaret. Nasabah dapat beroleh tambahan diskon potongan Rp15.000 dengan minimal belanja Rp100.000 menggunakan kupon BJBLEBARAN khusus pembayaran dengan Kartu bjb Credit Card. Periode promosi 20 Mei-30 Juni 2020.

Di Shopee, Tokopedia, iLOTTE, JD.ID nasabah dapat memperoleh diskon sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp250.000. Masukkan kode voucher BJBLEBARAN untuk transaksi di Shopee, dan BJBRAMADAN di Tokopedia, dan BJB-RAMADHAN di Blibli.

Promo berlaku untuk metode potongan langsung dengan menggunakan bjb Credit Card di seluruh marketplace. Promo berlaku untuk 25 transaksi/hari. Periode promosi 22 Mei-31 Mei 2020.

Provider

Pada kategori provider, tiga provider yang menawarkan promo, antara lain Indosat, XL Axiata, Telkomsel.

Promo di Indosat menawarkan tambahan pulsa bagi nasabah terpilih sebesar 5.000 untuk denominasi 100.000 dan 10.000 untuk 150.000. Periode program berlangsung 24 Mei-2 Juni 2020 dan berlaku pukul 12.00-15.00 WIB untuk transaksi menggunakan bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, dan bjb ATM.

Promo di XL Axiata menawarkan double voucher Grabfood hingga 150.000 untuk pembelian Paket Xtra Combo dan Xtra Combo VIP melalui ATM bank bjb, bjb SMS, bjb NET dan Mobile Banking bank bjb. Periode program pada 22 Mei-31 Mei 2020.

Promo di Telkomsel menawarkan tambahan pulsa reguler 20.000 setiap pembelian pulsa internet 200.000 periode 23 Mei 2020 berlaku pukul 00.00 s.d 23.59 WIB.

Promo diberikan khusus bagi nasabah yang melakukan isi ulang pulsa internet melalui e-channel bank bjb (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, bjb ATM). Info lebih lanjut kunjungi www.bankbjb.co.id atau hub. bjb Call 14049. []

Continue Reading

Perbankan

Bank bjb Salurkan Bantuan Paket Sembako kepada Warga Terdampak COVID-19 di Tegal

MediaBUMN

Published

on

terdampak

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Gelombang batuan untuk meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19 terus digalang berbagai pihak di tanah air. bank bjb, ikut serta menjadi salah satu pihak yang getol mengulurkan tangan kepada yang membutuhkan. Berkali-kali perusahaan yang berkantor pusat di Kota bandung ini berpartisipasi dalam kegiatan sosial mengurangi dampak COVID-19.

Salah satu yang teranyar, bank bjb menyalurkan bantuan berupa 100 paket sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Kota Tegal. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pimpinan bank bjb Kantor Cabang (KC) Tegal M. Fajar Firdaus kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di Rumah Dinas Pringgitan Wali Kota Tegal, Rabu (20/05/2020).

Bantuan berupa sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian karyawan bank bjb Cabang Tegal kepada warga yang terdampak COVID-19 di Kota Tegal. Seperti diketahui, Pemkot Tegal melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 23 April 2020 dengan total kasus positif COVID-19 berjumlah 3 orang. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu masyarakat yang ikut terdampak kebijakan PSBB.

terdampak

“Alhamdulillah bertepatan di bulan penuh berkah ini kami dapat menyisihkan penghasilan agar dapat memberikan bantuan kepada warga Kota Tegal. Semoga apa yang kami serahkan bisa memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan dan menginspirasi elemen warga lain yang ingin berkontribusi memberikan bantuan,” kata Fajar Firdaus.

Bantuan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Kota Tegal untuk disalurkan karena pemkot yang lebih mengetahui penerima yang berhak. Atas pemberian bantuan tersebut wali kota Tegal mengungkapkan rasa terima kasih serta dukungannya terhadap kepedulian yang ditunjukan bank bjb Cabang Tegal.

Selain kepada pemkot, bank bjb Cabang Tegal juga menyalurkan bantuan untuk warga di Kecamatan Tegal Barat melalui Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Tegal Barat. Penyaluran bantuan berupa paket sembako diserahkan oleh Manager Operasional bank bjb KC Tegal Joseph Labre Baju Ariestanto dan diterima langsung oleh Ketua MWC NU Tegal Barat Witoyo Sueb Muchtar.

Sebagai apresiasi, beliau menyampaikan terima kasih atas kepedulian bank bjb Cabang Tegal serta kerja sama dan kepercayaan yang diberikan kepada MWC NU Tegal Barat. “Alhamdulillah. Terima kasih atas bantuannya untuk warga Tegal Barat yang disalurkan bertepatan dengan bulan Ramadan. Semoga mendapat berkah. Mari terus bergandengan tangan untuk saling membantu dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan. Kerja sama dalam kebaikan adalah salah satu sebab turunnya rahmat Allah SWT,” kata dia. []

Continue Reading

Perbankan

Pedagang Pasar Tradisional Difasilitasi BRI untuk Berjualan Online

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Pedagang pasar tradisional

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pedagang pasar tradisional mendapat fasilitas dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk agar bisa berjualan secara online. Nantinya, para pedagang di pasar-pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online untuk barang dagangannya lewat Website Pasar oleh BRI.

Selain itu Bank BRI bersama pengelola pasar juga akan membantu pengelolaan jasa antar jemput barang kepada para pembeli.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengatakan keberlangsungan pasar tradisional atau pasar basah saat ini tidak seramai kondisi normal akibat terdampak pandemic covid-19.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya pun tergerak untuk membantu keberlangsungan usaha para pedagang pasar tradisional.

“Untuk pada pedagang pasar tradisional, kami menyiapkan mekanisme pemasaran dari penjualan konvensional ke online lewat Web Pasar. Caraya cukup mudah, yakni pengelola pasar harus bekerja sama dengan BRI. Selanjutnya, Kantor BRI Unit terdekat akan mengedukasi para pedagang pasar tradisional untuk mennerapkan pemasaran secara online via Web Pasar, mekanisme pengiriman barang ke pembeli dan pembayarannya,” jelas Supari melalui siaran persnya, Rabu (20/5/2020).

Dalam mempersiapkan fasilitas ini, Bank BRI terlebih dahulu akan mengumpulkan data pedagang pasar tradisional, pendampingan input data di website dan turut aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat selaku konsumen. BRI pun membuka peluang kerja sama dengan para pengelola pasar secara luas.

“Pandemi Covid-19 ini kan belum ada bisa memprediksi kapan selesainya. Maka terobosan berjualan online ini bisa menjadi solusi dalam menghindari kerumunan masyarakat di pasar-pasar tradisional,” jelas Supari.

Pihak Perseroan BRI sebelumnya juga telah mengenalkan Aplikasi Solusi Transaksi Elektronik BRI atau Stroberi ke pasar-pasar yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Aplikasi ini disiapkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui transaksi digital.

Dengan tersedianya aplikasi Stroberi Website Pasar ini, Supari berharap BRI dapat hadir memberikan kemudahan bagi pedagang pasar tradisional.

Mulai dari layanan dalam jual beli, pencatatan transaksi, pengelolaan tagihan, pembayaran tagihan melalui berbagai channel yang disediakan, dan monitoring informasi pembayaran tagihan.

“Untuk jangka panjang, berjualan online BRI ini akan mendorong terbentuknya cashless society karena transaksi sudah dilakukan tanpa uang tunai. Selain itu, juga mendorong inklusi keuangan bagi pelaku UMKM di pasar tradisional,” jelas Supari. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM