Connect with us
PERTAMINA

Jasa Keuangan

Sukses Pacu Kinerja dan Inovasi, Dirut Pegadaian Raih Best CEO 2020

CHRIESTIAN

Published

on

BEST CEO

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) yang terus memposisikan diri sebagai perusahaan berkinerja positif tidak terlepas dari peran Kuswiyoto sebagai Direktur Utama.

Bersama Kuswiyoto, perusahaan pelat merah ini berhasil tumbuh mencetak kinerja gemilang dan dianggap paling sukses dalam melakukan inovasi digital.

Atas dasar itulah, Kuswiyoto berhasil menyabet predikat Best CEO pilihan karyawan di masa pandemi versi Majalah SWA.

Kuswiyoto juga dinilai berhasil mendongkrak kinerja perseroan dengan melakukan berbagai kolaborasi bisnis dengan berbagai pihak strategis.

Seperti diketahui kinerja Pegadaian sepanjang tahun 2020 berhasil melanjutkan tren yang positif dengan perolehan pendapatan usaha sebesar Rp17,67 triliun atau naik 24,27 persen dibanding tahun 2019 yang sebesar Rp21,96 triliun.

Kinerja dari sisi aset pun tumbuh dengan baik, dimana tahun 2020 Pegadaian berhasil mencatat aset sebesar Rp71,47 triliun dimana catatan aset ini mengalami kenaikan sebesar 9,40 persen dibanding tahun 2019 yaitu sebesar Rp65,32 triliun.

Pun demikian dengan peningkatan jumlah nasabah yang berhasil tumbuh 22,15 persen dimana pada tahun 2019 jumlah nasabah tercatat sebanyak 13,86 juta orang menjadi 16,93 juta orang di tahun 2020.

Selain itu perseroan juga mencarar pertumbuhan pada omset pembiayaan yang disalurkan yang meningkat 13,34 persen dari tahun 2019 sebesar Rp145,63 triliun menjadi Rp165,06 triliun di tahun 2020.

Sepanjang tahun 2020, imbuh Kuswiyoto, Pegadaian sangat aktiv dalam meluncurkan berbagai program strategis dalam rangka mendorong laju bisnis perusahaan dan mendorong perekonomian masyarakat.

Salah satu yang diluncurkan yaitu program Gadai Peduli (Gadai Tanpa Bunga) yang merupakan program yang memberikan pinjaman senilai Rp1 Juta kepada masyarakat khususnya bagi yang terdampak pandemi.

Selain itu, program ini juga telah relaksasi dengan memberikan perpanjangan masa jatuh tempo lelang dari 15 hari menjadi 30 hari, dan relaksasi kredit mikro berupa pembebasan denda keterlambatan angsuran serta restrukturisasi pinjaman.

“Di masa pandemi kami meluncurkan program Gadai Peduli, yang dikhususkan bagi masyarakat dan UMKM yang memiliki kesulitan untuk mengembangkan usaha dan mencukupi kebutuhan ekonomi” ujar Kuswiyoto.

Parameter Best CEO

Apresiasi penghargan Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi ini telah melalui penilaian dan proses yang panjang, dimana survei telah dilaksanakan dari Oktober- Desember 2020. Bagi CEO yang hendak mengikuti survei, harus menunjukan kinerja bisnis yang bagus dan memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di era kepemimpinannya.

Chief Editor SWA Group, Kemal E. Gani mengatakan parameter penilaian menggunakan konsep leadership yang dikembangkan oleh Franklin Cove, yaitu The 4 Essential Roles of Leadership, yang merupakan penyempurnaan dari konsep Four Roles of Leadership. Melalui parameter tersebut seorang CEO harus memiliki kemampuan yaitu Inspire Trust (membangun kepercayaan pada karyawan di tengah perubahan agar perusahaan survive), Create Vision (mengkreasikan purpose/tujuan perusahaan), Execute Strategy (mengesekusikan strategi), dan Coach Potential (kemampuan menempatkan orang yang tepat di organisasi).

“Apresiasi penghargaan best CEO kali ini kami berikan bobot lebih tinggi untuk parameter Inspire Trust dan Execute Strategy. Adapun detail bobot penilaian yaitu Inspire Trust 30 persen, Create Vision 25 persen, Execute Strategy 30persen dan Coach Potential 15 persen”, Ujar Kemal.

Kemal menambahkan pada survei pemilihan CEO terbaik, melibatkan minimal 30 responden yang merupakan karyawan dari perusahaan itu sendiri. Melalui metode tersebut terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020 dengan indeks BEST CEO di atas 90.

“Kami lakukan survei dengan mengedepankan parameter The 4 Essential Roles of Leadership, untuk menjawab tantangan CEO di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity). Lalu setelah itu kami lakukan proses validasi dan pengelohana data survey. Setelah kami lakukan penilaian, terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020, dimana salah satunya adalah Direktur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto”, Ucap Kemal. []

Jasa Keuangan

Ridwan Arbian Syah Dipercaya Erick Thohir Pimpin SDM-nya Pegadaian

CHRIESTIAN

Published

on

Ridwan Arbian Syah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Ridwan Arbian Syah telah resmi ditunjuk oleh pemegang saham (Kementerian BUMN) sebagai Direktur SDM PT Pegadaian (Persero) menggantikan posisi sebelumnya yang dijabat oleh Mohammad Edi Isdwiarto (Periode 2017-2021).

Adapun keputusan tersebut tertuang dalam hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar secara virtual (15/04).

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto menyampaikan terima kasih kepada Edi Isdwiarto atas pengabdian dan sumbang pikiran dan tenaga yang selama ini telah ikut memajukan kinerja Perseroan.

“Atas nama keluarga besar Insan Pegadaian saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada pak Edi yang sudah bekerja selama kurang lebih 4 tahun terakhir untuk Pegadaian. Beliau telah berupaya keras menciptakan Insan Pegadaian yang penuh talenta dan berkualitas. Selain itu juga meletakkan pondasi dalam pelaksanaan cara kerja baru sejalan dengan program transformasi digital maupun kultural,” ujar Kuswiyoto.

Sementara itu, Kuswiyoto juga tidak lupa mengucapkan selamat bertugas kepada Direktur SDM Pegadaian yang baru yaitu Ridwan Arbian Syah.

Ia berharap kehadirannya pada jajaran Direksi mampu melanjutkan tugas menjadi lebih baik serta mampu mendorong Pegadaian sebagai pabrik talenta seperti yang tengah didorong oleh Kementerian BUMN dalam menciptakan Employee Value Proposition (EVP).

Ridwan Arbian Syah selama ini dikenal sebagai sosok yang telah lama melintang berkarir di Pegadaian. Menurut keterangan resmi perseroan Ridwan Arbian Syah memulai karirnya di Pegadaian pada tahun 1994.

Berikut perjalanan karir Ridwan Arbian Syah di Pegadaian

– 1994 Pemeriksa Pembantu

– 2011 Pemimpin Wilayah IV Balikpapan

– 2012 Jeneral Manajer Inisiative Strategic & Decision Support

– 2013 Sekretaris Perusahaan

– 2014 Eksekutif Jeneral Manajer Teknologi Informasi

– 2015 Jeneral Manajer Pengelolaan SDM

– 2016 Jeneral Manager Strategi Human Capital

– 2017-2021 Kepala Satuan Pengawasan Intern

Dengan masuknya Ridwan Arbian Syah dalam jajaran Direktur Pegadaian, maka saat ini susunan Direksi PT Pegadaian (Persero) adalah sbb:

Ridwan Arbian Syah

1. Kuswiyoto : Direktur Utama
2. Harianto Widodo : Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk
3. Damar Latri Setiawan : Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan
4. Ninis Kesuma Adriani : Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis, dan
Manajemen Risiko
5. Teguh Wahyono : Direktur Teknologi Informasi dan Digital
6. Ridwan Arbian Syah : Direktur Sumber Daya Manusia
7. Gunawan Sulistyo : Direktur Umum

Continue Reading

Jasa Keuangan

Jamkrindo Serahkan Bantuan Ambulans untuk Masyarakat

MediaBUMN

Published

on

bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jamkrindo menyerahkan bantuan ambulans untuk masyarakat melalui program Bina Lingkungan dalam rangka membantu peningkatan layanan Kesehatan. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat kurang mampu, terutama pada masa pandemi.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur MSDM, Umum dan Kepatuhan PT Jamkrindo Sulis Usdoko kepada pengurus Yayasan Al Fadillah Panongan Palimanan di Jalan Kiageng Tepak, Desa Panongan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon pada Jumat (9/4/2021).

Sulis Usdoko mengatakan, PT jamkrindo hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya memperoleh layanan kesehatan seperti ambulans. ”Semoga bantuan ini memberikan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Palimanan dan sekitarnya,” ujar Sulis.

PT Jamkrindo sebagai perusahaan penjaminan kredit yang kini menjadi anggota holding Perasuransian dan Penjaminan dengan branding Indonesia Financial Group (IFG) telah secara aktif dan berkelanjutan memberikan bantuan kepada masyarakat terutama kepada masyarakat yang tertimpa musibah seperti korban bencana alam dan secara aktif berkontribusi dalam membantu masyarakat saat pandemi COVID-19.

Bantuan yang telah diberikan berupa bantuan alat kesehatan, sembako, beasiswa pendidikan, bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan bantuan-bantuan lain yang terkait dengan dampak Covid-19.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, PT Jamkrindo juga terlibat mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah memalui pemberian kredit modal kerja untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha, khususnya para pelaku UMKM.

PT Jamkrindo bersama dengan anak usahanya PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) telah melakukan penjaminan terhadap 798.192 debitur Kredit Modal Kerja (KMK) dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah. Perusahaan telah merealisasikan penjaminan PEN sebesar Rp 12,859 triliun, dengan rincian Jamkrindo sebesar Rp 9,071 triliun dan Jamsyar Rp 3,788 triliun hingga akhir Maret 2021.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, PT Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, PT Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR, penjaminan KMK dalam rangka PEN, penjaminan sistem resi gudang, dan penjaminan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Adapun, untuk penjaminan non-program, produk penjaminannya adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit multiguna, penjaminan distribusi barang. Kemudian surety bond, customs bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan bagi lembaga fintech. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Pegadaian Bagi Hadiah Total 3 Miliar Lewat Program Badai Emas

MediaBUMN

Published

on

program Badai Emas

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) memberikan apresiasi kepada nasabah yang setia dan konsisten memanfaatkan produk dan layanan perusahaan melalui program Badai Emas yang dilaksanakan dari tanggal 1 April-31 Juli 2021. Seluruh nasabah Pegadaian berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total mencapai 3 miliar Rupiah.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo mengatakan, melalui program Badai Emas, Pegadaian akan mengundi sejumlah hadiah yang akan dibagikan kepada masyarakat. Mulai dari 1 unit rumah senilai Rp1,25 miliar, 2 unit mobil, 300 gram Tabungan Emas untuk 3 pemenang, 5 HP Samsung Galaxy Note 21, dan juga 9 Macbook Air 2020.

“Pegadaian juga memberikan hadiah sebanyak 480 gram Tabungan Emas untuk 480 pemenang yang akan diundi hingga 4 bulan kedepan. Setiap bulannya akan terpilih 120 pemenang yang berhak mendapatkan saldo tabungan emas sebesar 1 gram emas”.

Amoeng menjelaskan, selama program ini berlangsung, nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa diskon dan dobel poin, jika melakukan transaksi dengan kode promo beragam, seperti :

• RENCANAEMAS
Diskon 40% buka rekening Pegadaian Tabungan Emas, maksimal Rp20.000 di kantor Pegadaian, aplikasi Pegadaian Digital, dan aplikasi Pegadaian Syariah Digital.

• RENCANANABUNG
Potongan hingga Rp250.000 untuk top up saldo Pegadaian Tabungan Emas. Diskon sebesar 1%, minimal transaksi Rp100.000 di kantor Pegadaian, aplikasi Pegadaian Digital, dan aplikasi Pegadaian Syariah Digital.

• RENCANAMULIA
Diskon hingga Rp10.000 per gram, hingga Rp100.000 untuk Cicil Emas di Pegadaian. Minimal transaksi 1 gram di kantor Pegadaian dan aplikasi Pegadaian Digital.

• RENCANAGADAI
Bonus emas hingga Rp250.000 untuk transaksi Gadai Tabungan Emas di Pegadaian. Bonus emas diberikan sebesar Rp10.000 untuk kelipatan uang pinjaman Rp2.000.000 dengan minimal transaksi Rp2.000.000 di kantor Pegadaian dan aplikasi Pegadaian Digital.

Tak hanya itu, selama bulan April 2021, transaksi Tabungan Emas, Cicil Emas, pembayaran angsuran, dan bayar tagihan di aplikasi Pegadaian Digital akan mendapatkan dobel poin. Poin-poin tersebut bisa ditukarkan untuk mendapatkan diskon potongan seperti untuk top up tabungan emas, buka tabungan emas, cicil emas, dll.

Ada juga program Berkah Gadai yang berlaku pada tanggal 1 Mei-31 Mei 2021, yaitu pemberian hadiah langsung untuk transaksi gadai di Pegadaian. Khusus periode 1 Juni-31 Juli 2021 juga ada Cashless Day dengan hadiah berupa diskon untuk pembelian pulsa atau pembayaran tagihan bulanan jika melakukan pencairan uang pinjaman non-tunai di kantor Pegadaian.

Program Badai Emas ini berlaku untuk produk gadai, pinjaman usaha, cicil kendaraan, pembiayaan porsi haji, cicil emas dan tabungan emas melalui kantor Pegadaian, Agen Pegadaian, dan Aplikasi Pegadaian Digital.

Setiap transaksi dengan nominal tertentu akan mendapatkan 1-10 kupon untuk mengikuti undian pada program Badai Emas.

Pengundian Program Badai Emas akan dilakukan dalam 5 kali periode, yakni pada tanggal 6 Mei 2021, 10 Juni 2021, 8 Juli 2021, 5 Agustus 2021, dan 28 Agustus 2021. Pengundian akan dilaksanakan secara Live di akun Instagram @SahabatPegadaian.

Nasabah bisa mengetahui akumulasi jumlah kupon yang didapat melalui website http://promo.pegadaian.co.id dengan cara menginput CIF pada kolom yang tersedia.

Pajak hadiah ditanggung oleh Pegadaian. Kami menghimbau nasabah untuk waspada dengan penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian. Pegadaian tidak pernah memungut biaya untuk hadiah. Informasi lebih lengkap mengenai promo ini bisa dilihat di https://sahabatpegadaian.com/promo.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!