Sri Mulyani: “Saya Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2019 Bisa Tercapai”

by

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan sikapnya yang positif menatap pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019 akan mencapai 5,4-5,8%. Menurutnya terdapat beberapa indikator yang dinilai terus mengalami perbaikan serta buran kebijakan pemerintah dan stakeholders yang terkait.

Hal tersebut dikemukakan olehnya dalam Rapat Paripurna dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung Nusantara II, belum lama ini, dimana dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia dan perwakilan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Saya sangat optimis akan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2019,” ujarnya usai melakukan rapat.

Menurutnya, investasi dinilai akan mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal tersebut tercermin pada Triwulan I/2018 dimana investasi mengalami pertumbuhan 7,8% sehingga range 7,5-8,3% merupakan manageable dan doable. Adapun ekpor antara 6-7,2%.

Namun kecenderungan terjadinya pelemahan nilai rupiah terhadap dollar Amerika berdampak kenaikan harga barang yang berstatus impor. Oleh karena itu, lanjut Sri Mulyani, pihaknya memproyeksikan pertumbuhan pada angka 4,5% merupakan angka yang realistis untuk target pertumbuhan ekonomi 2019.

menguatnya nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah akan berdampak pada naiknya harga barang-barang impor yang masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, Menkeu memperkirakan pertumbuhan 5,4% adalah angka yang paling realistis untuk target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019.

“Tahun ini impor tahun ini lebih tinggi disbanding pertumbuhan 4,5% karena pertumbuhan pada awal tahun sudah di atas 20% bahkan terdapat beberapa barang yang sudah di atas 30%. Dengan demikian memang saya nilai arahnya pertumbuhan ekonomi ke depan berada pada angka 5,4%,” ujarnya. []
akan lebih ke 5,4% dibanding 5,8%,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *