Connect with us
PERTAMINA

Industri

Smelter Nikel Dibangun WIKA dan CNI

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Smelter Nikel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Smelter Nikel atau pabrik pengolahan dan pemurnian biji nikel mulai digarap PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Wijaya Karya bekerjasama dengan dengan PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) untuk mengerjakan proyek smelter nikel Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Sulawei Tenggara.

Di lokasi ini mulai dibangun Pemurnian Biji Nikel Rotary-Kiln Electric Furnace (RKEF) dan Fasilitas Pengolahan dan Pemurnian Kobalt dengan Teknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL).

Proyek ini dibangun untuk memperkuat daya saing industri Indonesia, memberi nilai tambah hasil tambang nikel, meningkatkan sumber pendapatan negara dan membuka lapangan kerja baru.

Penandatanganan proyek smelter nikel ini dilakukan oleh Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito bersama Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Dalam kerjasama ini, Wijaya Karya bertugas sebagai pelaksana proyek yang telah disesuaikan berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi dan verifikasi oleh PT CMI.

Pembanguna Smelter Nikel Sesuai Arahan Presiden

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito mengatakan, proyek ini proyek ini adalah kelanjutan dari fase pembangunan yang sudah dikerjakan dan ditarget selesai dalam 36 bulan atau 3 tahun.

“Kami menyambut baik kepercayaan besar yang diberikan, kami optimis proyek ini dapat diselesaikan tepat waktu,” ujarnya, melalui keterangan tertulis.

Agung juga memastikan kualitas bangunan yang dikerjakan WIKA dijamin memuaskan dan bisa menjadi awal kebangkitan industri berbasis mineral di Indonesia dan dunia.

Dalam mendukung ketahanan energi nasional, Wijaya Karya ikut berperan dalam hilirisasi nikel melalui Proyek Strategis Nasional (PSN) smelter Ferronickel sesuai arahan Presiden Jokowi.

Adapun nilai kontrak proyek smelter nikel ini untuk jalur produksi 3 dan 4 (2 x72 MVA) mencapai Rp2,8 triliun dengan target penyelesaian proyek pada tahun 2023.

Pabrik Ferronickel tersebut akan terdiri dari dua lajur produksi, dan mampu mencapai kapasitas produksi 27.800 ton per tahun.

Kemudian proyek Pembangunan Fasilitas Pengolahan dan Pemurnian Kobalt dengan Teknologi juga menjadi intikerja sama WIKA dan CMI ditargetkan memiliki kapasitas produksi 100 ribu ton MHP per tahun dan 158 ribu ton konsetrat Chromium per tahun.

Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata berharap dengan penandatanganan proyek strategis ini, pihaknya bisa mengoptimalkan potensi nikel di Indonesia.

Menurutnya, industri hulu dan hilir nikel jika dikelola secara maksimal akan menjadi sektor yang prospektif dalam beberapa tahun ke depan.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap komoditas nikel menjadi bahan mineral yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional ke depan,” ujarnya. []

Finansial

Erick Thohir Saksikan PNM Serahkan Bantuan Kepada Nasabah Difabel

MediaBUMN

Published

on

Bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir menyaksikan langsung penyerahan bantuan tanggung jawab sosial PNM berupa gerobak PNM Mekaar kepada Imah atau yang akrab disapa Mbah Imah, nasabah difabel PNM Mekaar pada Sabtu (16/1) dalam rangkaian acara BERTEMAN PNM (Bersama Erick Thohir Temu AO dan Nasabah PNM).

Dalam sambutannya Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan terimakasih kepada Mbah Imah atas perjuangannya.

“Kita harus berkaca kepada Ibu Imah yang memberi semangat dan inspirasi kepada kita semua. Ibu Imah bisa, kita tentu juga bisa”, ungkapnya. Diakhir sesi dialog dengan Ibu Imah, Menteri BUMN mengatakan akan berkunjung ke tempat Mbah Imah di Desa Peleyan Timur, Kapongan setelah pandemi berlalu.

Mbah Imah merupakan nasabah Mekaar cabang Kapongan yang sudah tergabung sejak tahun 2017. Dalam kesehariannya sebelum pandemi, Mbah Ima berjualan jajanan di salah satu sekolah dasar yang terdapat di sekitar rumahnya.

Namun, selama pandemi sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan murid-murid belajar dari rumah. Oleh sebab itu, penyerahan bantuan berupa gerobak warung Mekaar ini diharapkan dapat membantu Mbah Imah agar dapat tetap berjualan di depan rumah.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Arief Mulyadi menyampaikan “Saat ini 90% AO PNM adalah perempuan dan 98% diantaranya milenial berusia dibawah 25 tahun, dengan mayoritas pendidikan terakhir SMA/SMK.

Sebagai bentuk apresiasi kami atas pengabdian dan loyalitas mereka dalam mendampingi nasabah, PNM bekerjasama dengan Universitas Terbuka agar AO dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, sebagai bekal mereka di masa yang akan datang.”

Menteri BUMN, Erick Thohir, turut menyampaikan apresiasi kepada AO PNM, sebagai generasi muda yang langsung turun digaris terdepan membantu nasabah PNM Mekaar. “AO PNM menjadi contoh konkrit untuk pimpinan BUMN agar tidak hanya memberikan pengarahan tapi juga turun langsung melihat realitas di lapangan.”

Lebih lanjut Menteri BUMN memotivasi AO agar tidak berhenti bermimpi dan harus berani mengeksekusi cita-cita.

“Kami mendukung AO mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi melalui program CSR BUMN, yang arahnya akan lebih besar di bidang pendidikan. Saya yakin ada AO yang bisa menjadi direksi. Tetapi tentu diawali dengan pendidikan yang baik. PNM akan melalukan mapping AO yang kinerjanya baik, kami dari Kementerian akan memberikan beasiswa langsung kepada AO di PNM” tutupnya. []

Continue Reading

Airport Services

Tanggap Banjir Kalsel, Angkasa Pura I Salurkan Bantuan

MediaBUMN

Published

on

salurkan bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen Angkasa Pura I salurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada Jumat (15/1).

Kondisi hujan lebat di Kalimantan Selatan yang akhir-akhir ini terjadi menyebabkan banjir di beberapa titik. Hal ini menggugah empati Manajemen Angkasa Pura I untuk dapat membantu para korban melalui penyaluran bantuan kebutuhan pokok.

“Kami datang hari ini untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak sebagai wujud perhatian kepada masyarakat dan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility dari Angkasa Pura I. Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak dan banjir segera surut agar kita semua bisa beraktifitas lagi”, ujar Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kalsel

Bantuan berupa bahan makanan seperti beras, makanan instan, lauk instan, dan popok bayi diserahkan secara langsung oleh General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor dan diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjar beserta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di posko yang terdapat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Tanggapan positif pun disampaikan oleh Saiful, salah seorang relawan, “Terima kasih Angkasa Pura I atas bantuan yang telah diberikan. Ini akan sangat bermanfaat untuk warga yang terkena banjir”. []

Continue Reading

Perbankan

Bank BTN Ulurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Bencana Di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan

MediaBUMN

Published

on

bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bencana alam yang melanda sebagian wilayah Indonesia selama sepekan terakhir mendorong PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk mengulurkan bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana. Sejumlah wilayah bencana yang menjadi perhatian Bank BTN di antaranya, gempa yang menggunjang Majene dan Mamuju di Sulawesi Barat, banjir bandang yang menerjang 7 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan di antaranya Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban gempa, Bank BTN menyalurkan bantuan dalam bentuk bahan pokok, tenda, terpal dan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan korban di lokasi.

“Kami telah menyalurkan bantuan kemanusiaan sebagai wujud nyata pelaksanaan program Corporate Social Responsibility, bantuan tersebut disalurkan oleh BTNers atau karyawan Bank BTN maupun dengan koordinasi dari Kementerian BUMN serta instansi lain seperti Mabes TNI AD,” kata Corporate Secretary Bank BTN, Ari Kurniaman dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (17/1).

Selain menyalurkan bantuan kemanusiaan di Sulawesi Barat, Bank BTN juga tanggap memberikan bantuan kepada para korban banjir di Kalimantan Selatan. Selain turun langsung, Bank BTN juga menyerahkan bantuan ke posko-posko banjir yang tersebar diantaranya di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar (Martapura).

“BTNers turun langsung ke kecamatan yang terdampak khususnya di perumahan yang dibiayai Bank BTN, kami memberikan bantuan berupa makanan cepat saji dan pakaian serta obat-obatan,” kata Ari.

Menurut Ari, kepedulian Bank BTN dalam program CSR didasari oleh semangat dari tagline “BUMN untuk Indonesia” yang digaungkan Kementerian BUMN. Dengan program CSR yang tanggap dan peka diharapkan dapat meringankan beban derita para korban yang terdampak bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat memberikan bantuan lain yang dibutuhkan para korban,” kata Ari. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!