Sistem Pembayaran Bank Mandiri Akan Menerima QRIS

oleh
Sistem pembayaran

Sistem pembayaran PT Bank Mandiri (Persero) Tbk saat ini sedang melakukan pembaharuan sistem. Rencananya pembaharuan ini akan memuat fitur baru yang dapat menerima pembayaran dengan sistem QRIS.

Seperti diketahui, saat ini Bank Indonesia telah resmi meluncurkan sistem pembayaran dengan QR Indonesia Standard (QRIS) atau Code QR. Sedangkan untuk pengimplementasiannya secara nasional bagi bank-bank dan fintech yang telah bergabung, rencananya akan mulai efektif pada Januari 2020.

Menurut Rico Usthavia selaku Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri mengatakan, “Bank Mandiri saat ini sedang melakukan uji coba. Ada beberapa segmen yang sedang dilakukan pengujian. Bahkan, beberapa bank yang telah incumbent pada sistem pembayaran QRIS ini, sudah mulai melakukan log out.”

Semenjak diluncurkannya sistem pembayaran QRIS ini, sekitar satu juta mesin EDC telah mengalami penyesuaian. Selain bank-bank konvensional, beberapa fintech pun mulai melakukan peralihan dan bergabung dengan sistem ini.

Lebih lanjut Rico Usthavia menjelaskan, bahwa sudah ada ratusan ribu dari satu juta EDC yang sudah rollout dengan sistem pembayaran QRIS ini. Kedepannya, sistem ini tidak hanya akan bisa diakses oleh bank-bank besar saja, tetapi juga para pemain baru dalam jasa pembayaran. Diharapkan dengan hadirnya QRIS ini, akan mampu menjadi kekuatan bersama bagi perbankan dan fintech yang ada di Indonesia.

Secara total, saat ini tercatat ada 41 penyelenggara jasa sistem pembayaran yang telah menggunakan QRIS ini. nantinya, seluruh penyelenggara jasa pembayaran diharuskan untuk menggunakan sistem ini, baik untuk jasa lokal maupun internasional.

Dengan hadirnya QRIS, sistem pembayaran ini akan menjadi QR Code standar secara nasional yang akan dikeluarkan Bank Indonesia. Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) nantinya tidak perlu lagi untuk mengeluarkan QR code yang berbeda-beda.

Selain itu, dari segi keuntungan para nasabah yang menggunakan dompet digital untuk sistem pembayarannya, hadirnya QRIS ini akan sangat memudahkan. Mereka akan dapat melakukan pembayaran di merchant tempat mereka berbelanja ataupun melakukan pembayaran, dengan hanya menggunakan satu Code QR saja. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *