Sinergi BUMN, Sambung Listrik Gratis

by
Sinergi BUMN

Dalam rangka percepatan program peningkatan rasio elektrifikasi nasional, serta mewujudkan program BUMN hadir untuk negeri, sinergi BUMN 35 perusahaan pelat merah menghadirkan penyambungan listrik gratis bagi rumah tangga tidak mampu di wilayah Jawa Barat bagian selatan dan Banten.

Adapun komitmen tersebut tertuang dalam penandatanganan kerjasama “Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu” antara PT PLN (Persero) dengan 34 BUMN yang dilakukan di Kantor Kementerian BUMN (7/08) yang disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno serta Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dalam kesempatan tersebut, menteri Rini mengatakan bahwa masih terdapat masyarakat yang mengakses linstrik namun hal itu dilakukan dengan mengakses dari rumah tetangganya (levering). Dengan adanya inisiasi ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat sepenuhnya bisa mengakses listrik secara resmi dari PLN.

“Tentu sangat mendorong kegiatan ekonomi rumah tangganya,” ujarnya.

Sebanyak 35 perusahaan pelat merah tersebuy yaitu, PLN, BRI, Telkom, BNI, Bank Mandiri, Pleindo III, Angkasa Pura II, BTN, Wijaya Karya, Pupuk Indonesia, PGN, PT PP, Waskita Karya, PTPN III, Pegadaian, Antam, Jasa Raharja, Jasa Marga, Taspen, Airnav, Askrindo, Jasindo, Perum Bulog, ASDP Ferry, Biofarma, Jamkrindo, Semen Indonesia, PT KAI, Hutama Karya, Perhutani, PT Dahana, Pindad, Perhutani, Jiwasraya dan Pos Indonesia.

Program tersebut dilakukan berdasarkan Surat Kementerian BUMN No. S-114/S.MBU/07/2018, tanggal 13 Juli 2018, perihal Program Elektrifikasi Jawa Barat Bagian Selatan dan Banten. Dimana dalam program tersebut ditargetkan mampu menbembus sebanyak 103 ribu rumah tangga dengan estimasi biaya mencapai Rp56,9 Miliar. Dimana pendanaanya berasal dari program BUMN Hadir Untuk Negeri dan bersifat sponsorship dan bukan dana dari Corporate Social Responsibility (CSR). []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *