Connect with us
PERTAMINA

HIGHLIGHT BUMN

Selamatkan Aset dan Karyawan PLN! Anak Papua ini Dapat Kado Manis dari Menteri Rini

MediaBUMN

Published

on

PLN

Menteri Rini (Menteri Badan Usaha Milik Negara / BUMN Rini M Soemarno) belum lama ini melakukan kunjungan ke kantor sementara PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan di Wamena, Papua.

Dimana sebelumnya kantor yang sempat terbakar akibat aksi massa pada 23 September 2019 silam, saat ini bertempat di Jl. Yos Sudarso 33 sebagai kantor sementara guna tetap melayani para pelanggan.

Menteri Rini mengucapkan terima kasih kepada sosok Neheima Wamu yang menjadi penyelamat beberapa pegawai dan gudang perusahaan listrik negara tersebut yang hampir dibakar oleh massa.

Neheima Wamu adalah mahasiswa yang berasal dari Wamena sedang melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PLN UP3 Wamena saat kerusuhan terjadi.

Dalam kesempatan tersebut Nehemia menceritakan sedikit pengalamannya kepada Menteri Rini saat menyelamatkan pegawai dan gudang milik perseroan pada saat aksi massa.

“Saat kejadian tersebut saya melihat gudang yang berisi beberapa orang pegawai menjadi sasaran. Kemudian secara spontan saya mencoba menghalau massa dan memberikan pengertian agar tidak melakukan tindakan yang anarkis,” cerita Neheima.

Atas keberaniannya, pria yang berasal dari Kampung Minimo, Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya ini diberikan penghargaan oleh Menteri Rini. Nehemia yang sempat menjadi mahasiswa STT PLN jurusan elektro terhenti karena faktor biaya dan saat ini melanjutkan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta.

“Saya mengapresiasi keberanian Nehemia. Saya ucapkan terima kasih kepada Nehemia yang telah menyelamatkan gudang dan pegawai PLN. Saya meminta Dirut PLN agar memberikan beasiswa ananda untuk meneruskan di STT PLN dan setelah kuliah nanti akan diangkat langsung menjadi pegawai,” pungkas Menteri Rini. []

HIGHLIGHT BUMN

Pemberdayaan UMKM, Perumnas Salurkan Bantuan Pinjaman

Alfian Setya Saputra

Published

on

Pemberdayaan UMKM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi salah satu perhatian bagi Perum Perumnas. Salah satu langkah nyata yang dilakukan BUMN ini dengan menyalurkan bantuan pinjaman kepada para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Hingga tahun 2020, Perum Perumnas telah mendukung pemberdayaan UMKM kepada 2.331 pelaku usaha melalui Unit Khusus Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan pihaknya terus berupaya menyalurkan dana program kemitraan dan dana pembinaan kemitraan UMKM di berbagai daerah.

“Pemberdayaan UMKM yang kami laksanakan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan BUMN sebagai bentuk dukungan nyata bagi para pelaku usaha kecil dan menengah,” ujar Budi dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Adapun Dana Program Kemitraan Perumnas ini berasal dari penyisihan sebagian laba bersih dan anggaran yang diperhitungkan sebagai biaya perseroan.

Sedangkan, Dana Pinjaman Program Kemitraan berasal dari dana Program Kemitraan untuk dipinjamkan kepada UMKM mitra binaan dengan pengembalian angsuran pokok dan jasa administrasi dengan jangka waktu tertentu.

Adapun dana Program Kemitraan ini disalurkan ke berbagai pelaku usaha dari berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, infrastruktur, industri, perdagangan, jasa dan sektor lainnya.

“Salah satu usaha yang diberdayakan selaras dengan inti bisnis Perum Perumnas sebagai BUMN Infrastuktur perumahan adalah pembuatan batu bata. PKBL perumnas membina 25 pengrajin batu bata di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut,” ujarnya.
Menurutnya, penggunaan batu bata pada umumnya digunakan untuk perumahan, gedung, pagar, saluran dan pondasi.

Dengan pesatnya pembangunan di sektor perumahan dan properti menjadikan kebutuhan batu bata semakin meningkat, dan berpeluang ikut mendukung pembangunan di sektor perumahan dan properti.

“Sektor UMKM sangat besar kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, yakni mencapai 60,3 persen. Jumlah UMKM yang kini mencapai 64,2 juta unit bisa menyerap 97 persen dari total tenaga kerja,” ungkapnya.

Dengan itu, Perum Pertamina berharap program pemberdayaan UMKM terus berjalan dan dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Covid Ranger PPI Salurkan Bantuan APD dan Paket Pangan

EKO PRASETYO

Published

on

Covid Ranger PPI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Covid Ranger PPI atau PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) dan paket pangan kepada RSUD Kota Bekasi.

Bantuan ini adalah dukungan bagi para tenaga medis yang masih berjuang mengobati dan merawat pasien Covid-19.

Bantuan yang diserahkan Covid Ranger PPI berupa alat pelindung diri (APD) coverrall suit yang terdiri dari baju pelindung standar medis, masker, faceshield (pelindung muka), dan sarung tangan, sebanyak 200 set.

Corporate Secretary PT PPI, Syailendra mengatakan, PT PPI memberikan bantuan APD dan paket pangan tahap ketiga sebagai rasa empati sosial untuk para tenaga medis.

“Sebelumnya Covid Ranger PII telah menyerahkan ke rumah sakit di Jakarta dan Depok, dan saat ini diserahkan lagi bantuan di RSUD Kota Bekasi karena termasuk dalam zona merah,” ujar Syailendra, Kamis (2/7/2020).

Setelah penyerahan bantuan ini, perusahaan pelat merah ini berencana untuk kembali mengirimkan bantuan APD ke berbagai rumah sakit lainnya.

Adapun, untuk paket bantuan pangan yang diberikan yaitu produk-produk milik PT PPI seperti Sarden Kiku, Beras Panganesia, Minyak Goreng Panganesia, dan lain-lain.

“Dalam waktu dekat, kami akan kembali memberikan bantuan APD dan pangan. Penyaluran ini adalah bukti keseriusan PT PPI membantu pemerintah di masa pandemi Covid-19. Kepada pihak RSUD Kota Bekasi, kami juga mengucapkan terima kasih karena telah menerima bantuan dan mendistribusikan kepada para tenaga medis,” ungkapnya.

Sinergi Covid Ranger PPI

Sebelumnya BUMN yang bergerak di sektor perdagangan ini telah membentuk Tim Covid Ranger PII yang terdiri dari karyawan Kantor Pusat dan Kantor Cabang.

Tim ini rutin melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN dalam hal pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19.

BUMN ini juga menjalin kerjasama khusus dengan BUMN Klaster Pupuk dan Pangan dalam menjalankan skema New Normal dengan membuat timeline bersama hingga akhir tahun 2020.

Covid Ranger PII juga berkontribusi dalam pengembangan aplikasi Peduli Lindungi dan COSMIC sebagai bagian dari persiapan protokol New Normal di Kementerian BUMN.

Tim ini juga bersinergi dengan rumah sakit BUMN untuk mendukung kegiatan kesehatan di lingkungan kerja PPI dan menginisiasi sistem pemantauan kesehatan karyawan, pelaksanakan rapid test,dan mendorong kegiatan olahraga dilakukan secara rutin.

“Covid Ranger PII melengkapi berbagai kebutuhan di kantor seperti APD, faceshield, sarung tangan, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, klinik siaga, hingga pemberian vitamin,” tandasnya. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Asuransi Asei dan Pos Indonesia Perkuat Kerjasama Bisnis

CHRIESTIAN

Published

on

Asei

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bisnis kurir dan logistik di tanah air terus mengalami pertumbuhan yang explosive seiring derasnya transaksi masyarakat dalam perdagangan online baik itu melalui marketplace maupun pasar e-commerce lainnya.

Seiring dengan hal itu, tentu ada risiko besar yang terjadi didalamnya. Dalam rangka memberikan perlindungan dalam transaksi tersebut, PT Asuransi Asei Indonesia bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selama ini memiliki kompetensi dalam bidang kurir dan logistik di tanah air.

Adapun kedua BUMN ini bersepakat melakukan kerjasama yang tertuang dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan di Kantor Pos Indonesia, Jakarta, Rabu (02/07/2020).

Dalam kesempatan tersebut PT Asuransi Asei Indonesia yang diwakili oleh Plt. Direktur Utama Erickson Mangungson mengatakan bahwa kerjasama dengan Pos Indonesia menjadi kerjasama yang sangat strategis bagi Asuransi Asei karena Pos Indonesia memiliki jaringan bisnis yang sangat luas yang tentunya sangat relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini dimana jasa dan layanannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

“Dimana layanan proteksi Asuransi Asei yang didukung melalui sistem yang terintegerasi (host to host) nantinya akan terkoneksi dengan seluruh Jaringan bisnis Pos Indonesia,” ujar Erickson.

Asuransi Asei, lanjut Erickson yang memiliki kompetensi di bidang mitigasi risiko dan asuransi khususnya sangat berharap dengan adanya kerjasama strategis ini dapat berdampak positif dengan hasil yang optimal bagi keduabelah pihak.

“Semoga ini berjalan dengan baik dan dapat dikembangkan di masa-masa mendatang termasuk dalam kondisi new normal saat ini,” tambah Erickson.

Adapun kerjasama tersebut sekaligus sebagai bentuk perluasan saluran distribusi bagi Asuransi Asei untuk produk Asuransi Marine Cargo, dimana perusahaan akan memberikan perlindungan atas keterlambatan, kerusakan atau pun adanya kiriman hilang berupa dokumen, surat, kiriman paket yang didistribusikan melalui Pos Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan juga dapat saling memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Erickson.

Sementara PT Pos Indonesia (Persero) yang diwakili oleh Direktur Komersial, Charles Sitorus mengatakan bahwa Pos Indonesia sangat senang dengan kerjasama yang terjalin dengan Asuransi Asei, karena dapat semakin meningkatkan layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia kepada seluruh pelanggan.

“Kami berharap nantinya apabila terjadi klaim maka prosesnya akan cepat terselesaikan dengan baik tanpa pelanggan merasakan kesulitan apapun, tentunya dengan menghadirkan ketepatan waktu dan kemudahan administrasi,” ujar Charles. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!