Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

Selama PPKM Darurat, BTN Sudah Salurkan Bansos Rp433,775 Miliar

Published

on

bansos

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mencatat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak awal Juli hingga 15 Juli 2021 telah menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial sebesar Rp433,775 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari bansos dalam bentuk Program Sembako sebesar Rp351,647 miliar yang diterima oleh 586.078 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan Program Keluarga Harapan (PKH) atau bansos tunai yang nilainya mencapai Rp82,128 miliar untuk 130.351 KPM.

Khusus untuk Penyaluran Sembako penyaluran terakhir dilakukan untuk 3 tahap sekaligus, yaitu tahap Juli – September 2021 untuk mempercepat penyaluran di masa PPKM.

“Selama PPKM Darurat ini, kami berusaha untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban penderitaan rakyat dengan mendorong penyaluran bansos agar cepat sampai kepada masyarakat, baik itu program sembako ataupun PKH untuk masyarakat,” jelas Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, Senin (19/7/2021).

Haru mengungkapkan, sejak program bansos diluncurkan pemerintah, Bank BTN telah aktif menjadi mitra Kemensos dalam menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Jika dihitung sejak awal tahun hingga 15 Juli 2021 perseroan telah menyalurkan Program Sembako mencapai Rp1,049 triliun. Sedangkan untuk PKH atau bansos tunai, dana bantuan yang sudah disalurkan mencapai Rp531,185 miliar.

Adapun wilayah penyaluran bansos Bank BTN ada di 10 kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Karawang, Kota Cirebon, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung, Kota Denpasar, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Banyuwangi,

“Sesuai dengan tahapan penyaluran Bansos, data dari Kemensos kami lakukan cleansing, jika tidak valid maka data dikembalikan ke Kemensos, begitu juga jika KPM tidak mencairkan dana bantuannya, maka semua dana kami kembalikan ke Kas Negara,” kata Haru.

Proses pencairan dana PKH maupun Program Sembako tersebut, menurut Haru, selalu termonitor dengan baik dan relatif cepat diserap masyarakat. Secara Ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK Nomor 254/PMK.05/2015, dengan perubahannya 228/PMK.05/2016) Bank dapat menyalurkan bantuan dalam 30 hari namun secara realita Bank menyalurkan dana ke Rekening KPM rata-rata maksimal selama 10 hari.

“Ketika dana tersebut tidak dicairkan oleh KPM, maka sesuai dengan PMK tersebut dan Petunjuk Teknis dari Kementerian Sosial, Bank Penyalur wajib mengembalikan ke kas Negara maksimal 7 hari setelah mendapatkan instruksi dari Kemensos untuk pengembalian dana,” jelas Haru.

Dia menilai, Bank BTN sebagai bagian dari Bank Himbara akan senantiasa melaksanakan kewajibannya dalam menyalurkan amanat Pemerintah dalam Program Bantuan Sosial Non Tunai, termasuk mengembalikan dana tersebut ke Kas Negara.

“Kami menyadari peran strategis Bank Penyalur dalam menyukseskan program ini, sehingga dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab kami mematuhi ketentuan hukum yang ditetapkan di PMK maupun petunjuk dan arahan dari Kemensos,” pungkas Haru. []

Perbankan

Bahas Persiapan Masa Pensiun Anda lewat bjb Talks Webinar “Pensiunan OK, Sehat Pasti”

Published

on

pensiun

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menyambut masa pensiun perlu dilakukan dengan persiapan yang matang. Mulai dari persiapan secara finansial maupun persiapan fisik dan mental agar Anda senantiasa sehat dan bahagia.

Pasalnya, akan ada perubahan besar dalam hidup Anda ketika memasuki masa purnatugas di dunia kerja. Untuk membantu Anda mengelola kesiapan hari-hari pensiun, bank bjb menggelar webinar bjb Talks bertajuk “Pensiuan OK, Sehat Pasti”.

Webinar tersebut akan membahas mulai dari pengelolaan emosi dan motivasi berpikir positif di masa pensiun, mengatur gaya hidup sehat, serta bagaimana merancang rencana keuangan, agar hidup tetap bisa produktif meski tak lagi bekerja.

Narasumber yang akan hadir adalah para ahli di bidangnya, meliputi Direktur Klinik dan Dokter Gizi Medik Endry S.,dr.,M.Kes, Ketua Klinik Psikiatri RS Melinda 2 dan RSIA Limijati Teddy H.,Sp.KJ (K), serta Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi.

“Sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap loyalitas nasabah, bank bjb mempersembahkan webinar ini bagi para pegawai aktif yang akan memasuki usia pensiun maupun para pensiunan. Webinar dikemas dalam bentuk pelatihan online interaktif sehingga diharapkan dapat menarik minat peserta untuk mulai membekali diri menyongsong hari-hari masa pensiun dengan penuh perencanaan sehat dan bahagia,” ungkap Pemimpim Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Adapun webinar tersebut akan diselenggarakan pada Kamis 12 Agustus 2021 pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Webinar disiarkan secara live via aplikasi Zoom dan YouTube bank bjb.

Peserta dapat mendaftar secara gratis pada tautan https://bit.ly/BJBtalksRitel. Dapatkan hadiah menarik bagi para peserta yang beruntung. []

Continue Reading

Perbankan

Triwulan II 2021, NPL bank bjb Terjaga di Tingkat Rendah

Published

on

triwulan II

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, bank bjb berhasil mempertahankan kinerja cemerlang perusahaan pada Triwulan II 2021. Salah satunya adalah dengan menjaga rasio Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet berada di tingkat rendah.

Pada periode ini, NPL gross bank bjb mengalami penurunan secara year on year menjadi 1,3% per Juni 2021 dengan coverage ratio di level 150,7%. Pada periode yang sama di tahun sebelumnya, NPL gross bank bjb berada di angka 1,6%.

Penurunan tersebut merupakan pencapaian yang baik mengingat NPL industri perbankan nasional masih berada pada level 3,35% per Mei 2021.

“bank bjb memiliki tingkat NPL yang terjaga dengan baik di triwulan ini. Angkanya berada cukup jauh di bawah NPL rata-rata industri perbankan nasional,” ungkap Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi.

Adapun NPL net juga mengalami penurunan menjadi 0,38% year on year dari sebelumnya berada di angka 0,48%.

NPL di periode ini berhasil ditekan di rasio yang rendah bahkan ketika total kredit bank bjb tumbuh 6,7% year on year menjadi 91,6 triliun rupiah, berada di atas industri perbankan nasional yang masih minus 1,23%. Masing-masing segmen kredit bank bjb menyumbang angka NPL yang terjaga baik pada Triwulan II 2021 ini.

Kredit KPR menyumbang 23% dari total nilai NPL bank bjb di periode ini. NPL kredit KPR terjaga di level 3,8%.

Sementara segmen UMKM menyumbang 11% dari total nilai NPL bank bjb periode ini. NPL kredit UMKM mengalami penurunan menjadi 2,3% dari 2,5% di tahun sebelumnya.

Selain itu, kredit segmen Komersial dan Konsumer masing-masing berkontribusi sebanyak 59% dan 8% dari total nilai NPL bank bjb di Triwulan II 2021 ini. Tingkat NPL kredit komersial turun menjadi 4,2% year on year dari sebelumnya 5,1%. Sementara NPL segmen Kosumer turun menjadi 015% dari 0,21% di tahun sebelumnya.

“Kami akan senantiasa berupaya untuk terus menjaga rasio NPL yang rendah ini hingga akhir 2021. Kami menargetkan NPL terjaga di level 1,40%-1,60% di akhir 2021. Sementara kredit diproyeksikan akan tetap bertumbuh di 7% hingga 8%,” papar Yuddy. []

Continue Reading

Perbankan

Sambut HUT RI ke-76, bank bjb Gelar Promo “bjb Meriah”

Published

on

bjb Meriah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia ke-76 yang jatuh pada Selasa 17 Agustus 2021, bank bjb menyelenggarakan rangkaian program promo “bjb Meriah : Merdeka Berhadiah”. Program ini berlangsung pada 2 Agustus 2021 hingga 30 September 2021.

Dalam program ini, para nasabah bank bjb berkesempatan meraih berbagai keuntungan dalam melakukan transaksi perbankan bersama bank bjb. Mulai dari hadiah langsung, potongan harga, bonus voucher belanja hingga promo cashback.

Terdapat empat promo utama dalam program bjb Meriah. Keempat promo tersebut meliputi :

1. bjb Kredit Guna Bhakti

Program ini berlaku mulai dari 2 Agustus hingga 31 Agustus 2021, untuk nasabah yang melakukan realisasi Kredit Ritel produk bjb Kredit Guna Bhakti. Nasabah berkesempatan mendapatkan hadiah berupa cashback sebesar Rp.760.000. Program diberlakukan diseluruh jaringan kantor bank bjb untuk pengajuan fasilitas baru atau fasilitas mengulang.

2. bjb T-Samsat Merdeka 76

Promo ini berlaku mulai 2 Agustus hingga 30 September 2021. Nasabah berkesempatan meraih cashback sebesar 76% dari Pajak Kendaraan yang dibayarkan atau maksimal sebesar Rp 76.000.

Cashback akan diberikan melalui rekening nasabah pada akhir program apabila melakukan pendaftaran bjb T-Samsat melalui bjb Digi maupun Customer Service Kantor Cabang selama masa periode program.

bjb Meriah

3. bjb Kids Saving Plan Merdeka

Promo ini berlaku mulai 2 Agustus hingga 30 September 2021. Promo berupa pemberian hadiah langsung kepada nasabah baru yang melakukan pembukaan rekening Tabungan bjb Tandamata Berjangka dan Tandamata MyFirst (sebagai rekening sumber dana). Hadiah diberikan dalam bentuk saldo bjb DigiCash, voucher belanja atau dapat diganti dengan barang yang senilai.

4. bjb Tandamata Merdeka 76

Promo ini berlaku mulai 2 Agustus hingga 30 September 2021 untuk transaksi pembukaan rekening dan top-up saldo tabungan bjb Tandamata dan bjb Giro.

Nasabah berkesempatan meraih hadiah berupa cashback yang akan diberikan dalam bentuk tabungan, saldo bjb DigiCash, iuran DPLK atau dapat diganti dengan barang. Nominal penempatan dana peserta program ini maksimal sebesar Rp.760.000.000.

Program ini berlaku bagi nasabah perorangan baru maupun exsisting. Dana yang ditempatkan merupakan dana fresh fund, yaitu dana yang bukan berasal dari rekening bank bjb ataupun pencairan kredit.

Untuk informasi selengkapnya terkait rangkaian promo bjb Meriah, nasabah dapat mengunjungi website infobjb.id/bjbMeriah , mendatangi Kantor Cabang bank bjb terdekat ataupun menghubungi call center bjb Call 14049. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!