Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

Selama PPKM Darurat, BTN Sudah Salurkan Bansos Rp433,775 Miliar

Published

on

bansos

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mencatat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak awal Juli hingga 15 Juli 2021 telah menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial sebesar Rp433,775 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari bansos dalam bentuk Program Sembako sebesar Rp351,647 miliar yang diterima oleh 586.078 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan Program Keluarga Harapan (PKH) atau bansos tunai yang nilainya mencapai Rp82,128 miliar untuk 130.351 KPM.

Khusus untuk Penyaluran Sembako penyaluran terakhir dilakukan untuk 3 tahap sekaligus, yaitu tahap Juli – September 2021 untuk mempercepat penyaluran di masa PPKM.

“Selama PPKM Darurat ini, kami berusaha untuk membantu pemerintah dalam meringankan beban penderitaan rakyat dengan mendorong penyaluran bansos agar cepat sampai kepada masyarakat, baik itu program sembako ataupun PKH untuk masyarakat,” jelas Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, Senin (19/7/2021).

Haru mengungkapkan, sejak program bansos diluncurkan pemerintah, Bank BTN telah aktif menjadi mitra Kemensos dalam menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Jika dihitung sejak awal tahun hingga 15 Juli 2021 perseroan telah menyalurkan Program Sembako mencapai Rp1,049 triliun. Sedangkan untuk PKH atau bansos tunai, dana bantuan yang sudah disalurkan mencapai Rp531,185 miliar.

Adapun wilayah penyaluran bansos Bank BTN ada di 10 kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Karawang, Kota Cirebon, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung, Kota Denpasar, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Banyuwangi,

“Sesuai dengan tahapan penyaluran Bansos, data dari Kemensos kami lakukan cleansing, jika tidak valid maka data dikembalikan ke Kemensos, begitu juga jika KPM tidak mencairkan dana bantuannya, maka semua dana kami kembalikan ke Kas Negara,” kata Haru.

Proses pencairan dana PKH maupun Program Sembako tersebut, menurut Haru, selalu termonitor dengan baik dan relatif cepat diserap masyarakat. Secara Ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK Nomor 254/PMK.05/2015, dengan perubahannya 228/PMK.05/2016) Bank dapat menyalurkan bantuan dalam 30 hari namun secara realita Bank menyalurkan dana ke Rekening KPM rata-rata maksimal selama 10 hari.

“Ketika dana tersebut tidak dicairkan oleh KPM, maka sesuai dengan PMK tersebut dan Petunjuk Teknis dari Kementerian Sosial, Bank Penyalur wajib mengembalikan ke kas Negara maksimal 7 hari setelah mendapatkan instruksi dari Kemensos untuk pengembalian dana,” jelas Haru.

Dia menilai, Bank BTN sebagai bagian dari Bank Himbara akan senantiasa melaksanakan kewajibannya dalam menyalurkan amanat Pemerintah dalam Program Bantuan Sosial Non Tunai, termasuk mengembalikan dana tersebut ke Kas Negara.

“Kami menyadari peran strategis Bank Penyalur dalam menyukseskan program ini, sehingga dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab kami mematuhi ketentuan hukum yang ditetapkan di PMK maupun petunjuk dan arahan dari Kemensos,” pungkas Haru. []

Perbankan

bank bjb Raih Penghargaan The Best Financial Performance Bank di TEMPO Financial Award 2021

Published

on

TEMPO Financial Award 2021

MEDIABUMN.COM, Jakarta – bank bjb kembali menorehkan prestasi atas kinerja yang telah dicapainya. PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) dinobatkan sebagai pemenang Tempo Financial Award (TFA) 2021 “The Best Financial Performance Bank : Kategori BPD Aset > Rp30 Triliun”.

Penghargaan tersebut diterima oleh kepada Direktur Information Technology, Treasury & Internaltional Banking bank bjb Rio Lanasier pada Selasa, 19 Oktober 2021 di JS Luwansa Hotel, Jakarta. Penghargaan diserahkan dalam rangkaian acara Malam Penganugerahan Tempo Financial Award 2021.

Predikat yang diberikan adalah wujud apresiasi terhadap perusahaan industri finansial di Indonesia yang memiliki kontribusi besar dalam memajukan perekonomian Indonesia, terutama di tengah masa pandemi Covid-19. Selain itu, penghargaan ini sekaligus juga mendorong industri finansial untuk senantiasa transparan terhadap masyarakat.

Penilaian dilakukan oleh TEMPO media group dan Pusat Data Analisa TEMPO (PDAT) bekerjasama dengan Indonesia Banking School (IBS). Data penilaian yang diambil berdasar pada laporan keuangan akhir tahun 2019 dan 2020, dan ditinjau oleh lima orang juri dengan transparan serta tidak memihak.

Adapun TFA telah berlangsung sejak 2008 hingga 2018 dengan nama Indonesian Banking Awards (IBA). Setelah itu, IBA berganti nama menjadi Tempo Financial Awards pada tahun 2019.

TEMPO Financial Award 2021

Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb – Rio Lanasier (Kiri) saat menerima penghargaan The Best Financial Performance Bank dalam gelaran Tempo Financial Award 2021 di Jakarta (19/10)

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyebut sangat bersyukur terhadap penghargaan yang diberikan. Hal tersebut menjadi buah manis bagi bank bjb yang terus menunjukan pertumbuhan bisnisnya yang positif di tengah pandemi.

“Penghargaan The Best Financial Performance ini sangat berarti bagi kami sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan negara di tengah krisis pandemi. Semoga predikat yang diberikan dapat menjadi penyemangat insan bjb untuk senantiasa mencetak prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang,” ungkap Yuddy. []

Continue Reading

Perbankan

BTN Tanam Pohon Hari Habitat Dunia

Published

on

Pohon

PohonWakil Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu (dua kiri) bersama Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar dan Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR R Haryo Bekti Martoyoedo (kiri) melakukan penanaman pohon di sekitar perumahan yang dibiayai Bank BTN.

Kegiatan ini dilakukan usai acara Akad Kredit Massal di Pasuran, Jawa Timur, akhir pekan lalu sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Habitat Dunia.

Setiap hari Senin pada minggu pertama bulan Oktober diperingati sebagai Hari Habitat Dunia dimana tahun ini Kementerian PUPR turut serta memperingati Hari Habitat dengan tema “Accelerating Urban Action for Carbon Free World Adapting Cities for Climate Resilience. []

Continue Reading

Perbankan

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Published

on

penipuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Seiring dengan berkembangnya teknologi, penipuan di ranah digital semakin marak terjadi. Oleh karenanya, seseorang perlu senantiasa menjaga keamanan identitas digitalnya kapanpun.

Tak terkecuali bagi para nasabah bank bjb. Diharapkan, para nasabah dapat menjaga kerahasiaan akun dan data pribadi masing-masing untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

bank bjb juga selalu menjadikan kemanan data nasabahnya sebagai prioritas. Saat ini, bank bjb telah menerapkan anti-fraud management system untuk menjamin kemanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi digital di bank bjb.

Terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan nasabah agar terhindar dari penipuan di dunia maya. Pertama, adalah dengan memastikan bahwa informasi yang Anda peroleh terkait bank bjb, berasal dari channel komunikasi resmi perusahaan.

Channel komunikasi resmi bank bjb meliputi :

• Akun media sosial resmi bank bjb yakni Instagram @bankbjb, Twitter @infobankbjb, dan Facebook bank bjb (akun media sosial bank bjb Official adalah akun verified yang bercentang biru)

• Call center resmi bank bjb di nomor 14049

• Website resmi bank bjb https://www.bankbjb.co.id

• Email resmi untuk pengaduan nasabah bank bjb yakni bjbcare@bankbjb.co.id

Bila informasi yang diperoleh bersumber dari selain chanel di atas, masyarakat perlu mempertanyakan keasliannya.

Kedua, nasabah juga diimbau untuk tidak pernah memberikan informasi data rahasia kepada siapapun. Hal tersebut meliputi Nomor PIN (Personal Identification Number), User ID, Kode OTP (One Time Password), User ID, Kode Akses dan informasi juga nomor, Card Verification Value (CVV) yakni tiga digit terakhir dibagian belakang Kartu Kredit atau Debit, dan tanggal kadaluarsa (expire date) kepada pihak manapun. Pihak bank bjb tidak pernah meminta informasi data tersebut melalui sarana media elektronik yang tidak aman.

“Nasabah juga diminta untuk tidak pernah memasukan User Id, Nomor PIN atau Password, Kode Akses, hingga Kode OTP dan nomor handphone pada suatu halaman web yang terbuka otomatis alias pop-up yang dikirim melalui link. Hal ini bisa jadi merupakan bagian dari penipuan berjenis phising,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Bila menemukan link dan transaksi mencurigakan ataupun pihak yang mengatasnamakan bank bjb, nasabah dapat melapor kepada bank bjb melalui Call center resmi bank bjb di nomor 14049. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!