Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Selama Pandemi, AP II Layani 412.186 Pergerakan Pesawat

Alfian Setya Saputra

Published

on

Selama Pandemi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Selama Pandemi Covid-19, PT Angkasa Pura II (Persero) / APII mencatat sebanyak 412.186 pergerakan pesawat dengan pergerakan penumpang sebesar 35,54.

Dalam keterangan resminya, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa pencapaian tersebut menurutnya sudah sesuai dengan apa yang ditargetkan pada awal tahun.

“Sepanjang tahun 2020 atau pada selama pandemi kami mencatat 412.186 pergerakan pesawat dan pergerakan penumpang sebesar 35,54 juta. Sudah sesuai dengan target awal kami,” ujarnya

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan bahwa jumlah tersebut termasuk pergerakan landing dan take off di 19 bandara yang dioperatori oleh perseroan.

Awaludding mengungkapkan bahwa di awal pihaknya telah menetapkan penumpang orang pada 2020.

“Dengan berbagai upaya dan kerja keras seluruh karyawan kami mampu lampaui target pergerakan penumpang,” jelas Awaluddin.

Perseroan mencatat, Bandara AP II tersibuk yaitu Bandara Soekarno-Hatta memiliki pergerakan pesawat sebanyak 212.755 penerbangan serta 20,54 juta pergerakan penumpang.

Periode Januari sampai Februari 2020 jumlah penumpang di seluruh bandaara kelolaan APII masih sangat tinggi yaitu mencapai 7 hingga 8 juta penumpang setiap bulannya.

“Pada periode Maret dimana pemerintah secara resmi mengumumkan masa pandemi, alhasil jumlah penumpang selama pandemic merosot hingga 5 juta penumpang,” ujarnya.

Penurunan penumpang terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya yaitu pada periode April dan Mei dimana masing-masing turun sebesar 800 ribu orang dan 118 ribu orang.

Trafik penumpang kembali meningkat pada periode Juni dengan jumalh penumpang mencapai 600 ribu penumpang.

“Kemudian pada periode Juli naik menjadi 1,58 juta, Agustus 2,15 juta dan September 1,83 juta penumpang,” pungkas Awaluddin.

Periode Oktober trafik penumpang kembali tumbuh menjadi 2,18 juta penumpang. Kemudian pada periode November dan Desember trafik semakin meningkat yaitu masing-masing sekitar 2,91 juta penumpang dang 3,45 juta penumpang. []

Airport Services

Bandara Sam Ratulangi Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Untuk Korban Banjir Manado

MediaBUMN

Published

on

Manado

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat (15/1) mengakibatkan beberapa titik di kota Manado dan sekitarnya diterjang banjir.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sam Ratulangi menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana banjir berupa 400 nasi kotak yang dibagikan ke empat kelurahan terdampak, yakni Kelurahan Bailang, Kelurahan Karame, Ternate Tanjung, dan Kelurahan Tanjung batu.

“Kami turut menyampaikan duka mendalam atas bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Indonesia, termasuk diantaranya bencana banjir yang melanda Manado dan sekitarnya. Melalui program Corporate Social Responsibility, kami berharap bantuan ini sedikit dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat yang terdampak,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Manado

Minggus menyampaikan harapannya agar korban becana dapat diberikan ketabahan untuk melalui bencana ini, serta Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan dan dijauhkan dari bencana susulan.

“Jangan lupa kita juga harus tetap terus waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini terjadi,” tambah Minggus.

Adapun nasi kotak tersebut diserahkan kepada masing-masing Lurah untuk selanjutnya didistribusikan ke masyarakat. []

Continue Reading

Airport Services

Tanggap Banjir Kalsel, Angkasa Pura I Salurkan Bantuan

MediaBUMN

Published

on

salurkan bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen Angkasa Pura I salurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada Jumat (15/1).

Kondisi hujan lebat di Kalimantan Selatan yang akhir-akhir ini terjadi menyebabkan banjir di beberapa titik. Hal ini menggugah empati Manajemen Angkasa Pura I untuk dapat membantu para korban melalui penyaluran bantuan kebutuhan pokok.

“Kami datang hari ini untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak sebagai wujud perhatian kepada masyarakat dan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility dari Angkasa Pura I. Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak dan banjir segera surut agar kita semua bisa beraktifitas lagi”, ujar Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kalsel

Bantuan berupa bahan makanan seperti beras, makanan instan, lauk instan, dan popok bayi diserahkan secara langsung oleh General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor dan diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjar beserta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di posko yang terdapat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Tanggapan positif pun disampaikan oleh Saiful, salah seorang relawan, “Terima kasih Angkasa Pura I atas bantuan yang telah diberikan. Ini akan sangat bermanfaat untuk warga yang terkena banjir”. []

Continue Reading

Airport Services

Menteri Parenkraf Lakukan Kunjungan Kerja ke NTB, Angkasa Pura I Paparkan Kesiapan Bandara Lombok Sambut MotoGP Mandalika

MediaBUMN

Published

on

Bandara Lombok

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok memaparkan kesiapan Bandara Lombok untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Lombok pada Jumat 15 Januari 2021.

Hingga 15 Januari 2021, progress proyek perluasan terminal Bandara Internasional Lombok telah mencapai 93 persen dan ditargetkan dapat selesai serta beroperasi pada Februari 2021. Selain proyek perluasan terminal, Angkasa Pura I juga melakukan perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan pengerasan runway meningkatkan nilai PCN dari 56 menjadi 64. Dengan spesifikasi panjang runway dan tingkat PCN itu, maka runway Bandara Lombok Praya dapat mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo peserta MotoGP.

“Saya baru mendapat update dari Angkasa Pura I mengenai kesiapan Bandara Lombok dalam menyambut gelaran MotoGP yang insyaallah akan dilaksanakan tahun ini. Selain itu saya tadi memantau protokol kesehatan yang diterapkan di Bandara Lombok ini dan sudah berjalan dengan cukup baik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Terkait status Bandara Internasional Lombok, Menparekraf Sandiaga Uno berharap bisa dipertahankan dan menambah jumlah penerbangan langsung dari berbagai destinasi ke Bandara Lombok ini. Dengan banyaknya penerbangan langsung, dapat meningkatkan geliat sektor parekraf.

“Bandara Lombok ini tetap menjadi bandara internasional karena pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bertumbuh dengan adanya penerbangan langsung. Didukung big data, kita bisa melihat minat wisatawan yang berkunjung ke NTB tidak hanya di sekitar Mandalika saja namun juga tersebar di Rinjani, Senggigi hingga Sumbawa,” ujarnya.

“Angkasa Pura I mendukung penuh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dan pengembangan pariwisata Lombok secara umum melalui pengembangan kapasitas Bandara Lombok yang menjadi pintu gerbang bagi turis internasional, nantinya ketika penerbangan internasional sudah dibuka, dan turis domestik,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Untuk proyek perpanjangan runway Bandara Lombok, lanjut Faik Fahmi, ditargetkan dapat selesai pada Mei 2021 setelah perluasan terminal penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Februari 2021. Nantinya total luas terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun, bertambah 19.378 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 24.123 meter persegi dengan kapasitas yang hanya dapat menampung 3,5 juta penumpang per tahun.

Selain perpanjangan dan pengerasan runway yang baru mulai dilakukan, pada triwulan 4 tahun 2020 ini juga dilakukan pembuatan rapid exit taxiway (RET), parallel taxiway timur dengan luas 865 meter x 23 meter, dan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 108.100 meter persegi. Dengan apron seluas 136.300 meter persegi, maka apron dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Selain itu, juga dilakukan pengembangan fasilitas kargo dan pembangunan waving gallery, serta perluasan parkir penumpang. Adapun fasilitas kargo yang dikembangkan yaitu pembuatan jalan akses kargo sepanjang 1.500 meter dan perluasan pelataran kargo menjadi 6.000 meter persegi dari 3.566 meter persegi. Pembuatan RET, parallel taxiway timur, perluasan apron, pengembangan fasilitas kargo, pembangunan waving gallerry, dan perluasan parkir penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2021. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!