Satelit Merah Putih Jadi Bisnis Baru Telkom

by
Satelit merah Putih

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk / Telkom secara resmi telah meluncurkan Satelit merah Putih, dimana satelit tersebut telah meluncur ke orbit bersama SpaceX Falcon 9, dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, sekitar pukul 12:18 WIB (7/08).

Satelit Merah Putih akan diposisikan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur (108 BT). Satelit Merah Putih nantinya akan mampu melayani wilayah telekomunikasi di Indonesia dan Internasional. Dengan kapasitas 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band serta 12 transponder Extended C-Band, satelit ini siap melayani telekomunikasi wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

Menurut Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga, satelit merah putih akan menjadi bisnis baru PT Telkom, dimana nantinya akan diurus oleh perusahaan baru Telkom yaitu Telkom Satelit Indonesia.

“Intinya Satelit Indonesia ini diproyeksikan akan menjadi vehicle-nya Telkom Indonesia untuk menjadi pemain regional,” jelas Alex.

Telkom saat ini tengah menyiapkan proses untuk konsolidasi seluruh bisnis satelit di bawah paying Telkom Grup. Adapun, lanjutnya, bisnis satelit tersebut diurus oleh 3 perusahaan yaitu Telkom, Patrakom dan Metrasat. Diharapkan hasil dari konsolidasi tersebut akan menjadi kekuatan Telkom Indonesia sebagai pemain regional di bidang satelit.

“Kami telah memiliki portofolio bisnis satelit yang cukup lengkap, mulai layanan ipstream sampai downstream,” terangnya. []

3 thoughts on “Satelit Merah Putih Jadi Bisnis Baru Telkom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *