Connect with us
new year eve

Airport Services

Saham Garuda Indonesia Bisa Diperdagangkan Lagi, BEI Beri Syarat Buka Suspensi

Published

on

Saham Garuda Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Saham Garuda Indonesia (GIAA) sudah setahun lebih mengalami suspensi atau dihentikan sementara dari aktifitas perdagangan.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi sejak bulan Juni tahun 2021 lalu akibat masalah utang piutang yang belum dibayarkan oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Namun BEI menyatakan saham Garuda Indonesia dalam waktu dekat bisa diperdagangkan kembali, namun dengan beberapa syarat.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan pembukaan suspensi saham Garuda Indonesia bisa dilakukan jika manajemen Garuda telah memenuhi syarat tersebut.

Di antaranya memenuhi seluruh kewajiban yang mengalami penundaan bayar, serta menyampaikan kinerja keuangan perusahaan kepada investor atau public expose insidentil.

“Kami masih melakukan penelahaan terhadap keterbukaan informasi yang disampaikan manajemen Garuda Indonesia. Kami juga memantau perjanjian damai yang akan disampaikan oleh perseroan dengan pihak-pihak terkait,” kata kata Nyoman kepada media.

Jika berbagai syarat tersebut telah dilaksanakan, maka BEI memastikan perdagangan saham Garuda Indonesia bisa diperdagangkan lagi.

Untuk diketahui, saat perdagangan terakhir per 17 Juni 2021 lalu, harga saham Garuda Indonesia senilai Rp222, dengan nilai transaksi Rp4,53 miliar dari 20 juta lembar saham.

Saham GIAA sendiri terancam dihapus pencatatannya atau delisting dari pasar modal Indonesia.

Karena permasalahan keuangan, saham milik Maskapai Pelat Merah ini pun disuspensi yang diperkirakan bisa berlanjut hingga tahun depan.

Dari data BEI, laporan keuangan Garuda Indonesia terakhir kali disampaikan pada 30 September 2021 dengan nilai kerugian bersih mencapai Rp24 triliun.

Nilai kerugian ini meningkat drastis, dari periode yang sama tahun 2020, yaitu sebesar Rp15,80 triliun.

Adapun jumlah pendapatan GIAA sejak Januari hingga September 2021

Sebesar US$ 939 juta, turun dari periode yang sama di tahun 2020 US$ 1,13 miliar.

Dengan adanya dukungan restrukturisasi dari pemerintah dan DPR RI, kini ada angin segar bagi Maskapai Garuda untuk bangkit dari keterpurukannya.

DPR RI sudah memberi restu untuk menyalurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp7,5 triliun dengan skema rights issue.

Selanjutnya pihak maskapai akan menerbitkan paling banyak 225,58 miliar saham atau sebesar 871,4 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor ke perseroan senilai Rp459 per saham. []

 

Airport Services

Sukses Dukung Penyelenggaraan KTT G20, Angkasa Pura I Dapat Apresiasi dari Menko Luhut

Published

on

PT Angkasa Pura I

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I kembali mendapatkan apresiasi setelah sukses menangani kedatangan dan kepulangan para kepala negara delegasi dan lembaga internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada November 2022 lalu. Apresiasi tersebut datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada kegiatan Evaluasi dan Syukuran Panitia Nasional Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara Presidensi G20 Indonesia 2022 di Jakarta, Jumat (2/12) malam.

Selain Menko Luhut, kegiatan itu juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pimpiman stakeholders pendukung lain dari BUMN, perusahaan, yayasan, dan asosiasi terkait.

“Apresiasi kepada Menteri Perhubungan yang telah mengakomodasi permintaan tim protokol dari tiap negara yang hadir sehingga proses kedatangan dan kepulangan dapat terkendali dengan baik. Terima kasih untuk semua kerja keras yang diberikan. Team work kita sangat luar biasa,” ujar Menko Luhut.

Direktur Kepatuhan, Aset, dan Pengadaan Angkasa Pura I Israwadi yang mewakili perusahaan pada acara tersebut mengatakan, “Saya mewakili Angkasa Pura I mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Kami optimistis momentum KTT G20 yang dilaksanakan di Indonesia dapat memberikan energi positif bagi negara di segala sektor termasuk perhubungan, pariwisata, ekonomi, serta budaya,” ujar Israwadi.

Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara di wilayah tengah dan timur Indonesia mendapatkan tugas penting selama penyelenggaraan KTT G20. Angkasa Pura I melalui bandara-bandara di sejumlah daerah, terutama Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, memfasilitasi kedatangan hingga kepulangan para pemimpin negara dan organisasi internasional yang mengikuti KTT G20.

Berdasarkan data Angkasa Pura I, terdapat 115 penempatan pesawat delegasi KTT G20 yang membawa para pemimpin negara, organisasi internasional, serta pesawat pendukung. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 69 pesawat, Bandara Juanda Surabaya 24 pesawat, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang 9 pesawat, Bandara Adi Soemarmo Surakarta 5 pesawat, Bandara Internasional Lombok 4 pesawat, Bandara Internasional Yogyakarta 3 pesawat, serta Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan 1 pesawat.

“Kesuksesan kami dalam penanganan kedatangan dan kepulangan delegasi KTT G20 di bandara tak terlepas dari peran penting dari seluruh stakeholders. Sekali lagi, kami ingin berterima kasih untuk dukungannya,” tutup Israwadi. []

Continue Reading

Airport Services

Sukses Dukung Penyelenggaraan G20, Angkasa Pura I Terima Apresiasi dari Menteri BUMN

Published

on

PT Angkasa Pura I

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I menerima apresiasi dari Menteri BUMN Erick Thohir atas kontribusi dan peranannya dalam mensukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Dalam acara yang dilaksanakan pada Selasa (29/11) malam di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tersebut, Angkasa Pura I menerima apresiasi “Kategori Sarana Prasarana Transportasi”, serta diterima langsung oleh Direktur Utama Faik Fahmi.

Kegiatan bertajuk Malam Apresiasi Dukungan BUMN dalam G20 tersebut ditujukan untuk memberikan apresiasi atas kontribusi seluruh perusahaan dan insan BUMN yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan rangkaian KTT G20 Bali yang dilaksanakan pada 15-16 November lalu.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas dedikasinya dalam mensukseskan KTT G20. ” Saya harus apresiasi, di balik suksesnya pelaksanaan salah satu perhelatan dunia ini, banyak pihak yang bekerja keras luar biasa,” ujarnya.

“Atas nama Manajemen PT Angkasa Pura I, kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri BUMN atas apresiasi yang diberikan kepada kami. Mendukung kesuksesan penyelenggaraan KTT G20 merupakan amanat yang sangat besar, sekaligus menantang bagi kami. Secara khusus kami mempersiapkan berbagai aspek, termasuk di dalamnya kesiapan infrastruktur dan operasional bandara, serta kesiapan sumber daya manusia di bandara untuk mendukung mensukseskan KTT G20,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

“Kami juga hendak menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak, salah satunya kepada sejumlah perusahaan BUMN atas sinergi dan kolaborasi dalam masa persiapan hingga pelaksanaan KTT G20, utamanya terkait kesiapan infrastruktur dan operasional di bandara,” lanjut Faik Fahmi.

Dalam acara tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir juga turut mengajak para undangan untuk mengheningkan cipta atas wafatnya salah seorang Insan Angkasa Pura I, I Dewa Gede Arimbawa Vayogayana. Menteri BUMN Erick Thohir didampingi oleh Faik Fahmi menyerahkan piagam penghargaan, santunan, dan beasiswa kepada keluarga almarhum yang turut hadir dalam acara tersebut. []

Continue Reading

Airport Services

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Layani Rute Hong Kong-Bali-Hong Kong

Published

on

Hong Kong-Bali-Hong Kong

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menambah rute penerbangan internasional reguler melalui pembukaan kembali rute penerbangan Hong Kong-Bali-Hong Kong yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Cathay Pacific, pada Minggu (27/11). Dengan kembali beroperasinya rute tersebut, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 24 rute penerbangan internasional reguler.

Dalam penerbangan perdananya, pesawat dengan nomor penerbangan CX785 tersebut mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu (27/11) pada 14.59 WITA dengan mengangkut 178 penumpang. Untuk rute sebaliknya, penerbangan CX784 melanjutkan perjalanan kembali ke Bandara Internasional Hong Kong di hari yang sama pada pukul 16.36 WITA dengan mengangkut 132 penumpang. Penerbangan tersebut dilayani dengan menggunakan pesawat tipe Airbus A321.

“Kami menyambut baik pembukaan kembali rute Hong Kong-Bali-Hong Kong yang dioperasikan oleh Cathay Pacific. Perlahan tapi pasti, rute internasional reguler yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebelum pandemi kini sudah berangsur beroperasi kembali,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

“Pada akhir tahun 2019, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 48 rute penerbangan internasional reguler dan 34 maskapai penerbangan internasional. Dengan beroperasinya kembali rute ini, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 24 rute penerbangan internasional reguler, serta 27 maskapai internasional yang beroperasi,” lanjut Faik Fahmi.

Menurut jadwal, maskapai Cathay Pacific melayani rute Hong Kong-Bali pp dengan frekuensi tujuh penerbangan dalam sepekan.

Sebagai informasi, sebelum pandemi global Covid-19, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat melayani sebanyak 671.168 pergerakan penumpang dan 2.764 pergerakan pesawat udara dari dan ke Hong Kong sepanjang tahun 2019.[]

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM