Rupiah Menguat, Dollar AS Perlahan Ambruk

by
rupiah menguat

Nilai tukar rupiah menguat terhadap dollar US siang ini (7/11). Sampai dengan berita ini diturunkan Rupiah berada pada level Rp14,695 per dollar AS.

Menurut beberapa pengamat, penguatan rupiah terhadap dollar AS karena adanya dukungan serta keyakinan pasar terhadap cadangan devisa negara. Posisi cadangan devisa Indonesia diproyeksikan masih cukup tinggi serta memadai menjaga stabilitas makroekonomi nasional.

Baca Juga: Perkuat Rupiah, BUMN Tidak Bergantung pada Dolar AS

Selain itu, penguatan rupiah juga terjadi karena adanya dukungan lelang surat utang pemerintah serta investor asing yang kemabli masuk ke pasar Indonesia.

Selain itu berdasarkan data Indeks Penjualan Riil (IPR) September 2018 yang tumbuh 4,8 persen (yoy) mengindikasikan kinerja penjualan eceran tetap optimistis.

Pengamat pun menilai posisi terkuat rupiah bisa berada pada level Rp13,500 per dollar AS tetapi posisi terlemahnya akan berada di level Rp15,500. Apabila defisit perdagangan mampu diatasi dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan rupiah akan menguat pada level Rp13,500 per dollar AS. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *