Rupiah Loyo, Kinerja Pelindo III Tetap Kinclong

by
Kinerja Pelindo

Kinerja Pelindo III menunjukan peningkatan yang positif di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada kinerja operasional bongkar muat general cargo yang per Agustus 2018 mengalami peningkatan 28% atau mencapai 2 juta meter kubik dibandingkan periode sama tahun lalu hanya sebesar 1,5 juta meter kubik. Adapun dari tonase mengalami peningkatan menjadi 32 juta ton dari sebelumnya 29 juta ton.

Perseroan juga mencatat arus peti kemas sebesar 3,4 juta TEUs atau tumbuh 7% dari tahun lalu. Hal ini terjadi karena terjadinya peningkatan arus peti kemas domestik di Terminal Teluk Lamong dan Terminal Berlian.

Dengan pertumbuhan tersebut mencerminkan bahwa kondisi ekonomi masyarakat tidak mengalami penurunan seperti yang dikhawatirkan oleh berbagai pengamat.

Kinerja positif operasional tentunya memliki ddampak positif terhadap kinerja keuangan perseoran, dimana dari sisi pendapatan dari sektor layanan peti kemas mengalami peningkatan 14% dan pada general cargo meningkat 27%.

Meskipun kondisi nilai mata uang rupiah terhimpit dollar AS, namun Pelindo III masih mampu membukukan kinerja yang gemilang. Adapun laba bersih pelat merah ini per Agustus 2018 mencapai Rp1.97 Triliun atau tumbuh 39% dibanding periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp1.41 Triliun. []

One thought on “Rupiah Loyo, Kinerja Pelindo III Tetap Kinclong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *