Connect with us
banner pln 2023

HIGHLIGHT BUMN

Rumah Kreatif BUMN Nikmati Ragam Manfaatnya

Published

on

Rumah kreatif BUMN merupakan contoh dukungan nyata Pemerintah untuk kemajuan UMKM melalui Kementerian BUMN. Jumlah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia terus bertambah hingga mencapai 59,2 juta orang di tahun 2018.

Namun hanya 3,79 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Pemerintah selalu memberikan dukungan penuh untuk UMKM di Indonesia.

Sejak tahun 2016 Pemerintah melalui Kementerian BUMN dan beberapa perusahaan milik Negara membentuk Rumah Kreatif BUMN. Adapun fungsinya yakni sebagai tempat berkumpul pelaku UMKM untuk belajar menciptakan bisnis yang berkualitas.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu perusahaan milik Negara yang ikut membentuk RKB. Hingga akhir April 2019 Bank BRI telah memiliki 54 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 306 ribu UMKM.

Pemanfaatan Rumah Kreatif BUMN

RKB BRI secara keseluruhan mendorong kemajuan para pelaku UMKM dengan beragam pelatihan, permodalan, dan pengadaan aplikasi. Sebagai Corporate secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto mengatakan bahwa ini langkah konkret bank BRI untuk mendorong ekonomi kerakyatan Indonesia.

“Rumah Kreatif BUMN membimbing dan mendampingi para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Bahkan untuk hal permodalan Rumah Kreatif BUMN ini membantu para UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain membantu permodalan, RKB BRI juga kerap mengadakan pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Serta mengadakan berbagai workshop juga membantu para wirausahawan menemukan market konsumennya melalui berbagai pameran. Ini merupakan dukungan yang akan sangat membantu UMKM.
Begitu banyak keuntungan yang didapatkan oleh para pelaku UMKM ini dengan adanya Rumah Kreatif BUMN. Dengan komitmen dan dukungan yang begitu besar, RKB milik BRI berhasil terpilih menjadi RKB terbaik oleh Menteri BUMN pada tahun 2018.

“Bank BRI terus mendorong agar pelaku UMKM dapat naik kelas, tidak hanya melalui akses permodalan tetapi juga dengan memberikan pelatihan, pendampingan, inkubasi bisnis, networking, serta perluasan akses pasar,” ungkap Bambang. []

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

BNI

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM