Ribut dengan Mendag Soal Impor Beras Bulog, ini Kata Buwas!

by
Impor Beras

Impor Beras Bulog saat ini menjadi topik yang memanas dikalangan pemerintah, masyarakat bahkan tidak sedikit elite politik yang ikut mamanasi polemik tersebut. Namun, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memiliki pandangan terkait hal ini. Menurutnya Indonesia saat ini tidak membutuhkan beras impor karena cadangan beras sangat melimpah dan aman sampai periode Juni 2019.

“Saking melimpahnya kami sampai sewa gudang dan pinjam gudang milik TNI AU,” ujar pria yang akrab disapa Buwas tersebut.

Di tengah ramai perbincangan terkait dirinya yang tidak sejalan dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, ia menegaskan jika dirinya sudah membentuk tim independen untuk menganalisa kebutuhan beras nasional.

“Tim Independen antara Kementerian Pertanian dan Perum Bulog. Hasilnya tim menyimpulkan jika kita tidak perlu impor karena cadangan melimpah dan aman sampai Juni 2019,” ungkapnya.

Baca Juga: Stok Beras Bulog Melimpah, Pastikan Tidak Akan Impor

Saat ini, imbuh Buwas, gudang-gudang Bulog sudah menampung beras cadangan sebanyak 2,4 juta ton. Jumlah tersebut belum termasuk beras impor yang akan masuk pada Oktober yang sebesar 400 ribu ton sehingga Bulog memiliki cadangan beras menjadi 2,8 juta ton.

Adapun dari total cadangan beras tersebut, Bulog telah menghitung dengan cermat bahwa kebutuhan beras untuk Rastra (Beras Sejahtera) hanya terpakai 100 ribu ton, sehingga sampai akhir desember 2018 cadangan beras di gundang Bulog sebesar 2,7 juta ton.

Buwas menambahkan jika hal ini belum ditambah dengan serapan gabah dalam negeri yang jumlahnya pada musim kering mencapai 4 ribu ton per hari. Bulog memperkirakan pada akhir tahun stok bisa mencapai 3 juta ton.

“Saya meyakini dengan stok akhir tersebut Desember plus serapan gabah sampai Juni 2019 maka Indonesia tidak perlu impor. Saya tegaskan bahwa saya tidak ingin berpolemik lagi perlu impor atau tidak karena sudah ada analisa akurat yang yang menyimpulkan sampai Juni 2019 cadangan beras aman,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *