Resmi! Pertamina Rebut Wilayah Kerja Southeast Sumatra

by
Southeast Sumatra

Anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah resmi mengakusisi 100% pengelolaan (WK) Wilayah Kerja (SES) Southeast Sumatra dari operator sebelumnya yaitu CNOOC SES Ltd. Adapun untuk selanjutnya WK SES akan dioperatori oleh PHE Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES).

WK SES adalah salah satu dari 8 blok migas yang kontraknya akan berkahir tahun 2018 ini kemudian penugasan pengelolaannya akan diserahkan kepada Pertamina.

Baca Juga: Pertamina EP Agresif Temukan Cadangan Baru

Menurut Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan Samsu, WK SES adalah salah satu penghasil migas terbesar di tanah air. Adapun, rata-rata produksi per Agustus 2018 produksinya minyak dan kondensat mencapai 29.941 barel per hari (bph). Kemudian sebesar 83,99 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) untuk produksi gas.

“Dalam industri migas, WK SES merupakan wilayah yang memiliki nilai dan manfaat strategis bagi Indonesia dalam upaya mewujudkan ketahanan energy nasional,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan setelah dikelola PHE OSES, maka seluruh produksi akan diproses secara keseluruhan di kilang milik Pertamina untuk pemenuhan bahan bakar di dalam negeri.

“Seluruhnya nanti akan diproses oleh kilang-kilang milik Pertamina untuk mendukung kebutuhan dalam negeri,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *