Dapat Suntikan Modal! PTDI Siap Ekpor Pesawat ke Nepal & Senegal

by

PT Dirgantara Indonesia (Persero) Tbk semakin menunjukan taringnya sebagai industri pesawat terbang nasional yang semakin mendunia. Belum lama BUMN yang berbasis di Bandung tersebut mendapatkan pesanan pesawat dari Senegal dan Nepal. Adalah CN-235 yang dipesan oleh kedua negara tersebut.

Untuk mendukung proses ekspor tersebut, pemerintah memberikan perintah kepada LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia) atau lebih dikenal dengan Eximbank agar menyediakan fasilitas atas pembiayaan ekspor tersebut. Adapun mandat tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan No.649/KMK.08/2017.

Menurut Direktur Pelaksana I Eximbank Dwi Wahyudi, pihaknya akan mengucurkan modal sebesar Rp354pihaknya akan mengucurkan modal sebesar Rp354 Miliar untuk PTDI dengan jangka waktu 12 Bulan.

“Suntikan modal ini kami berikan berdasarkan underlying sesuai dengan kontrak PTDI dengan pihak Senegal dan Nepal. Kami akan cairkan sesuai dengan progresnya,” ujarnya.

Adapun PTDI dan Eximbank sebelumnya telah melakukan penandatanganan kesepakatan atas pembiayaan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi menerangkan bahwa PTDI tidak hanya ekspor kepada dua negara tersebut, tetapi ekspor ke depannya ditargetkan untuk Uni emirat Arab, Thailand dan negara di kawasan Afrika yang diembargo oleh PBB.

“Tahap awal kami berikan untuk pembiayaan ekspor ke Senegal dan Nepal. Ke depan diproyeksikan ekspor akan meluas ke negara lain, terangnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *