PTDI Pastikan Kirim 2 Pesawat Pesanan Filipina Pekan Depan

by

PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI memastikan akan melakukan pengiriman pesawat ke Filipina pekan depan. Adapun jenis pesawat yang diekspor adalah NC212i.

Menurut Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Fajar Harry Sampurno mengatakan, pesawat tersebut adalah pesanan dari Kementerian Pertahanan Filipina.

“Minggu depan akan ada serah terima untuk 2 Pesawat tersebut,” ujaranya.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan bagi Indonesia. Pasalanya selama ini Indonesia hanya dikenal sebagai negara pengekspor komoditas.

“Pesawat base nya adalah teknologi. Jika selama ini kita ekspor timah, batubara, dsb, sekarang yang kita ekspor adalah pesawat terbang melalui PTDI. Artinya kita secara tidak langsung telah mengekspor teknologi. Ya teknologi tertinggi di dunia ini yang berada di bawah ruang angkasa adalah pesawat terbang,” pungkasnya.

Fajar juga menyebut bahwa pesawat N219 Nurtanio juga kebanjiran pesanan meskipun pesawat ini belum diproduksi secara massal.

“N219 Nurtanio sudah punya order 104 unit! Akan selesai setelah proses sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. Karena untuk memenuhi standar sertifikasi, N219 Nurtanio wajib memenuhi jam terbang,” ungkapnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *