PT Waskita Toll Road Bakal Rampungkan 70 KM Jalan Tol

oleh
PT Waskita Toll Road

PT Waskita Toll Road bakal merampungkan jalan tol sepanjang 70,97 kilometer, pada semester kedua tahun 2019 ini. Adapun nilai investasi dari proyek jalan tol tersebut mencapai hingga Rp37,61 triliun.

Herwidiakto selaku Direktur Utama PT Waskita Toll Road atau disingkat WTR mengatakan. Bahwa kelima ruas jalan tol tersebut dapat selesai di sepanjang semester kedua tahun ini. Dengan rinci dipaparkannya, jalan tol yang bakal selesai meliputi Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 1. Yang memiliki panjang 2,6 kilometer serta menelan biaya investasi hingga Rp2,20 triliun.

Adapula proyek lainnya, yakni Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1 hingga 3 dengan biaya investasi mencapai Rp12,22 triliun. Yang merupakan jalan tol penghubung antar kawasan industri utama di wilayah penyangga utama Kota Surabaya. Yakni Sidoarjo dan Gresik.

Kemudian ada Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 yang memiliki panjang 2,6 kilometer dan nilai investasi mencapai Rp4,22 triliun. Tol ini akan menjadi akses baru dari kawasan industri di Bekasi ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Lalu, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 yang memiliki panjang 3,17 kilometer dan nilai investasi sebesar Rp4,52 triliun. Serta Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 dengan panjang 33,5 kilometer dan menelan biaya investasi sebesar Rp 14,43 triliun.

Seksi 1 Jalan Tol Kapal Betung bakal menghubungkan Kayu Agung dengan Jakabaring, Palembang. Yang akan menjadi pelengkap jaringan jalan tol Bakauheni-Palembang dengan panjang 358 kilometer. Jalan ini sudah dibuka secara fungsional pada masa angkutan Lebaran 2019 lalu.

Pendanaan PT Waskita Toll Road

Sementara untuk dananya sendiri, Herwidiakto menuturkan, bahwa PT Waskita Toll Road mengandalkan dua sumber. Dana yang ada yakni, diambil dari Pinjaman dan Ekuitas dengan proporsi 70:30.

Di luar dari proyek yang bakal rampung, Herwidiakto menjelaskan, tahun 2019 ini tol yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road. Masih belum melakukan penyesuaian tarif dua tahunan. “Tahun ini ruas tol WTR yang sudah beroperasi belum terdapat jadwal atau rencana penyesuaian tarif,” tutup Herwidiakto.

Selain itu, PT Waskita Toll Road juga tengah bersiap melepas kepemilikan saham di dua ruas jalan tol. Yakni jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,10 kilometer dan juga Ngawi-Kertosono sepanjang 86,70 kilometer. Keduanya masih dilakukan uji tuntas atau due diligence. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *