PT Telkom Gencar Tawarkan Layanan Triple Play Indihome

oleh
PT Telkom

PT Telkom (Telekomunikasi Indonesia) Tbk (Persero) agaknya tengah gencar mendorong perkembangan layanan triple play Indihome. Tercatat pendapatan pada kuartal II/2019, Indihome melesat secara tahunan dari angka Rp5,44 triliun menjadi Rp8,8 triliun. Angka ini naik sebanyak 61,5 persen.

Peningkatan pendapatan PT Telkom ini ditengarai didorong oleh meningkatnya jumlah pelanggan Indihome. Yang sebelumnya berada di angka 4,13 juta pelanggan pada kuartal II tahun 2018 melesat di angka 6 juta pelanggan pada kuartal II tahun 2019. Hal ini naik sebesar 45,1 persen.

Dari 6 juta pelanggan ini sebanyak 52 persen berlangganan dual-play, atau sekitar 3,1 juta pelanggan. Sementara sisanya yang berlangganan triple play berjumlah 2,9 juta pelanggan. Untuk ARPU yang dibukukan tercatat sebesar Rp260 ribu.

Telkom Genjot Triple-Play Indihome

Direktur Utama PT Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan, jika IndiHome ini merupakan salah satu kontributor pendapatan data. Di mana perkembangan data saat ini telah lebih besar dibandingkan pendapatan dari suara serta pesan singkat. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh mengingat penggunaan data akan terus meningkat seiring kecanggihan teknologi.

Ririek menambahkan, dalam waktu dekat perseoran akan terus menggenjot layanan data. Hal ini dikarenakan konsumsi data juga akan terus bertambah nantinya. Di sisi lain, PT Telkom pun akan memajukan pelayanan digitalnya.

Ririek juga mengemukakan, jika pihaknya akan terus memajukan produk Indihome beserta turunannya. Selain triple play, Indihome juga mempunyai layanan lainnya, seperti film serta gym. Penetrasi Indihome ini diharapkan tak hanya mengandalkan serat optik, namun juga wireless.

Besarnya capaian akan hasil yang dibukukan IndiHome selama ini, bisa membawanya sebagai pemain yang berpengaruh. Dalam sektor industri internet tetap maupun fix broadbrand.

Laporan mengenai Penetrasi & Profil Pengguna Internet Indonesia tahun 2018 yang dirilis APJII, tertulis sekitar 14 persen responden yang menjadi pelanggan tetap. Dari jumlah keseluruhan sampel 5.900 yang sebelumnya telah diwawancarai. Sekitar 8,7 persen menjadi pelanggan Indihome.

Sementara PT Telkom menyatakan, jika 5,3 persennya menjadi perebutan perusahaan internet lainnya. Yakni seperti Biznet, MnC Vision, Link Net, juga platform penyedia layanan internet lainnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *