PT Pupuk Indonesia Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

oleh
PT Pupuk Indonesia

PT Pupuk Indonesia (Persero) melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau PMMB yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2019. Program tersebut sejalan dengan fokus serta komitmen guna melahirkan sumber daya manusia yang unggul.

Hal itu semakin ditegaskan dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan 20 universitas/institusi pendidikan Indonesia. Terkait dengan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, magang serta pengembangan SDM oleh Direktur SDM. Serta Winardi selaku Tata kelola Korporat PT Pupuk Indonesia.

Momentum penandatanganan nota kesepahaman itu menjadi sebab dasar. Dalam pelaksanaan PMMB serta langkah nyata link and match kurikulum di PTN dan PTS dengan kebutuhan industri.

Program magang bersertifikat tersebut ialah, implementasi bagi para pengelola dan praktisi manajemen human capital pada lingkungan BUMN. Hal itu guna meningkatkan kompetensi anak bangsa yang unggul serta berdaya saing global.

Agenda PT Pupuk Indonesia ini sekaligus menjadi momentum penutupan PMMB batch 1 pada periode Februari-Juli 2019. Yang menjaring hingga sebanyak 155 peserta yang berasal dari beragam universitas.

Sedangkan batch 2 periode Agustus 2019 hingga Januari 2020 diikuti oleh 141 mahasiswa dari 132 perguruan tinggi. Peserta bakal menjalani program magang di PT Pupuk Indonesia serta enam anak usaha lainnya.

PT Pupuk Indonesia Gelar Dua Jenis PMMB

Pelaksanaan PMMB PT Pupuk Indonesia dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama yakni, para mahasiswa melaksanakan magang sesuai dengan kompetensi bidang yang menjadi syarat untuk menduduki posisi tersebut selama 6 bulan. Peserta akan mengerjakan uji kompetensi sesuai bidangnya di akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi nasional.

Jenis yang kedua, yakni magang bersertifikat industri. Para mahasiswa akan melaksanakan magang sesuai proyek yang diberikan oleh pihak industri dalam jangka waktu 6 bulan. Peserta akan dinyatakan selesai setelah merampungkan pekerjaan dalam waktu yang ditentukan. Yang kemudian akan diakui pihak industri dengan mengeluarkan sertifikat industri.

PT Pupuk Indonesia berharap, PMMB tersebut dapat menambah wawasan baru dan juga peningkatan kompetensi bagi mahasiswa. Secara total, kegiatan PMMB sudah dilakukan oleh 121 BUMN dan menyerap hingga 6.113 mahasiswa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian BUMN juga menargetkan akan menyerap 21.000 mahasiswa pada tahun 2020 mendatang. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *