PT PAL Indonesia Siap Produksi Kapal Pesanan Senegal

by

Produk dalam negeri diminati hingga mancanegara! Hal tersebut yang kini dialami oleh PT PAL Indonesia (Persero). Sebagai BUMN yang memproduksi berbagai jenis kapal, PT PAL menyatakan bahwa telah menerima pesanan dari Senegal untuk memproduksi kapal tanker dan kargo sebesart 18.500 Ton.

Presiden Direktur PT. PAL Indonesia, Budiman Saleh, mengatakan bahwa, selain 2 kapal tersebut, Senegal juga akan membeli 2 unit kapal patroli dengan ukuran 60m yang akan difungsikan sebagai kapal pengawas pesisir sepanjang 700km.

“Ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Menteri Urusan Pengembangan Jaringan Perkeretaapian Nasional Senegal Abdou Ndene Sallke ketika berkunjung ke PT Pal dan IAF (Indonesia Africa Forum) belum lama ini,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Senegal menyatakan akan memesan beberapa kapal lain dari PT PAL. Budiman Saleh mengatakan pesanan tersebut antara lain Kapal Feri dengan kapasitas 250 penumpang, Kapal VIP berkapasitas 50 penumpang untuk Presiden, Kapal Feri cepat berkapasitas 500 dan 2.000 penumpang.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran menyebut bahwa proses pembelian tersebut sejatinya telah dimulai sejak 2017 lalu. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa instansi yang menanganinya adalah Conseil d’Administration du Conseil Sénégalais des Chargeurs (COSEC).

Kebutuhan kapal di Senegal, imbuhnya, sangat besar. Seperti diketahui bahwa hubungan Indonesia dengan Senegal sangat bagi sehingga telah memiliki ikatan historis ketika kapal Senegal le Joola” dengan perjalanan Dakar menuju Ziguinchor tenggelam dan digantikan oleh kapal feri Wilis yang disewa dari Indonesia melalui PT Pelni lengkap beserta kapten kapal dan awaknya.

“Ini menjadi komitmen yang tinggi dari Pemerintah Indonesia untuk membina kerja sama dengan Senegal,” ujarnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *