PT Jasamarga Related Business Bakal Bangun 33 Rest Area

oleh
PT Jasamarga Related Business

PT Jasamarga Related Business yang merupakan anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) akan membangun 33 rest area dengan total investasi senilai Rp1,20 triliun.

Marlina Ririn Indriyani selaku General Manager Pemasaran PT Jasamarga Related Business menuturkan bahwa Hingga saat ini tempat istirahat atau rest area di jalan tol yang telah beroperasi sebanyak 17 unit. “Ke depan rencananya (bakal mencapai) 33 rest area,” kata Marlina.

Investasi yang dikeluarkan guna keperluan pembangunan tersebut diprediksi mencapai Rp1,10 triliun sampai dengan Rp1,20 triliun. Jumlah itu bakal digunakan PT Jasamarga Related Business untuk membiayai konstruksi tempat istirahat dan pelayanan atau TIP di jalan tol.

Pada TIP yang dikelola serta dimiliki oleh Jasa Marga di seluruh Indonesia, mulai dari lintas tol pada Trans-Jawa hingga di luar Jawa. Jumlah tersebut masih dapat meningkat, sebab adanya permintaan dari penyewa baru di sejumlah TIP.

PT Jasamarga Related Business Bakal Bangun Tiga Tipe TIP

Umumnya biaya konstruksi pada PT Jasamarga Related Business per meter perseginya dapat mencapai hingga Rp4 juta. TIP yang dibangun mempunyai luas yang berbeda tergantung pada tipe TIP yang dibagi menjadi tiga tipe.

Misalnya saja pada rest area Tipe A yang dilengkapi dengan fasilitas umum. Seperti ATM, isi ulang kartu tol, toilet, klinik kesehatan. Ada pula bengkel, warung atau kios, minimarket, musholla, restoran, stasiun pengisian bahan bakar umum. Hingga sarana tempat parkir dan ruang terbuka hijau.

Pada Tipe B dilengkapi dengan fasilitas umum seperti ATM, isi ulang kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket, musholla, restoran. Serta sarana tempat parkir dan ruang terbuka hijau. Sedangkan untuk rest area Tipe C memiliki fasilitas umum seperti musholla, toilet, warung atau kios, serta sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Yang dioperasikan pada masa libur panjang, libur lebaran atau Natal, dan juga tahun baru.

PT Jasamarga Related Business sendiri ialah transformasi dari PT Jasamarga Properti yang gencar mengekspansi bisnis di luar sektor properti. Salah satu bisnis inti perusahaan, yakni pengelolaan iklan dan utilitas di ruang milik jalan atau Rumija jalan tol. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *