PT Antam Cari Partner Bangun Pabrik Baterai Motor dan Mobil Listrik

by
PT Antam

PT Antam Tbk saat ini sedang mencari partner yang tepat untuk mengolah nikel kadar rendah. Yang rencananya, nikel tersebut akan dijadikan bahan baku pembuatan baterai untuk motor dan mobil listrik.

Sekretaris Perusahaan PT Antam, Kunto Hendraprawoko menyebutkan, bahwa pihaknya sedang melakukan penjajakan yang terkait dengan hilirisasi nikel sebagai bahan baku pembuatan baterai motor dan mobil listrik.

Menurut penjelasan Kunto, PT Antam saat ini memiliki potensi nikel yang sangat besar. Namun sayangnya, nikel tersebut belum termanfaatkan dengan baik.

Seperti yang telah diketahui, bahwa di dalam nikel kadar rendah di bawah 1,8 persen terkadung cobalt. Cobalt sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan baterai.

Kunto juga mengungkapkan, nikel kadar tinggi itu 1,8 persen sedangkan yang dimiliki Antam di bawah itu, masuk ke dalam nikel kadar rendah. Maka dari itu, ini merupakan peluang Antam untuk mengembangkan potensi tersebut.

Sering dikatakan bahwa ini adalah metal the future. Dengan demikian, saat ini PT Antam sedang mencari partner yang memiliki teknologinya. Namun, sudah ada beberapa yang sedang dijajaki.

Direktur Utama Antam, Arie Prabowo Ariotedjo kabarnya sedang mengunjungi sebuah perusahaan di China. Namun sayangnya, Kunto tak ingin membeberkan nama perusahaan yang sedang dikunjungi tersebut. Kunto hanya menyarankan untuk mencari tahu clue-nya di sosial media, karena Dirut Antam tersebut cukup aktif di sosial media.

Kunto memaparkan, bahwa pihaknya dan juga partner yang akan bekerja sama, nantinya akan membangun pabrik untuk pembuatan bahan baku baterai motor dan mobil listrik. Kunto juga menjelaskan, bahwa ini adalah untuk pembuatan bahan bakunya, bukan baterainya.

Dari hasil penelusuran akun Instagram Dirut PT Antam, yaitu @arie_ariotedjo. Memang benar adanya, jika Arie Prabowo Ariotedjo sedang berkunjung ke China. Selain dirinya, ternyata juga ada Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin.

PT Antam Rangkul China Minmetals Corp

Dari akun Instagram-nya tersebut, Arie sedang berbincang dengan jajaran direksi dari Minmetals Corporation. China Minmetals Corp sendiri merupakan sebuah perusahaan logam dan pertambangan internasional.

Perusahaan tersebut bergerak dibidang eksplorasi, penambangan, pemrosesan, peleburan, dan perdagangan untuk logam dan mineral, keuangan, real estate, serta teknologi penambangan dan metalurgi.

Hingga saat ini, cakupan bisnis China Minmetals Corp sudah lebih dari 28 negara dan wilayah di dunia. Mungkin benar adanya, jika PT Antam akan melakukan kerja sama dengan perusahaan tersebut. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *