Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

Proyek Jaringan 5G dan IoT Telkomsel Terus Berjalan

Published

on

Proyek jaringan 5G

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Proyek jaringan 5G PT Telekomunikasi Indonesia Persero Tbk yang digarap oleh Telkomsel masih terus berjalan bersama Kementerian Kominfo RI meski saat ini masa pandemi Covid-19 masih terjadi.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan. Telkomsel telah melakukan sejumlah uji coba teknologi jaringan 5G.

Seperti pada perhelatan Asian Games tahun 2018, eksebisi Telkomsel 5G for Industry 4.0 di Batam pada akhir tahun 2019 dan uji coba 5G pada kegiatan The NextDEV Summit 2019 di Jakarta.

Menurutnya, dalam pengembangan proyek jaringan 5G, salah satu kesiapan proyek Telkomsel yaitu produksi mobil atau OEM serta infrastruktur pendukung, ketersediaan aplikasi dan business model yang relevan juga menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Terlebih di masa new normal saat ini, minat masyarakat dalam mengakses berbagai layananan berbasis online semakin tinggi.

Hal ini juga berdampak pada perubahan strategi bisnis dalam industri telekomunikasi.

“Untuk memenuhi kebutuhan itu, Telkomsel terus mengembangkan pelayanannya menuju jaringan 5G, yaitu dengan meluncurkan layanan Telkomsel Orbit atau Home LTE dan juga Telkomsel VoLTE,” kata Denny, Senin (15/6/2020).

Layanan Telkomsel VoLTE akan terus diperluas cakupannya ke berbagai kota dengan menggandeng sejumlah mitra penyedia smart phone yang sudah menyediakan OS pendukung layanan tersebut, seperti Samsung, Vivo dan Huawei.

Proyek Jaringan 5G Solusi Bisnis Berbasis IoT

Untuk layanan berbasis Internet of Thing (IoT), Telkomsel juga sudah memiliki unit bisnis Telkomsel IoT, yang menjadi bagian terdepan dalam pengembangan layanan telekomunikasi berbasis IoT untuk menunjang kebutuhan transformasi digital.

Sejumlah layanan Telkomsel juga sudah banyak yang dipercaya oleh perusahaan dan pelaku industri untuk membantu sistem operasional berbasis digital.

Denny menjelaskan, Telkomsel IoT baru saja meluncurkan layanan Asset Performance Management, yakni solusi manajemen aset berbasis IoT untuk para pelaku usaha di berbagai jenis industry.

Dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19, Telkomsel juga dipercaya untuk menyediakan solusi layanan operasional berbasis IoT.

Sejumlah layanan Telkomsel IoT yakni TOMS (solusi manajemen kegiatan operasional), FleetSight (solusi manajemen kendaraan operasional), dan APM (solusi monitor aset dalam pengiriman) yang telah diimplementasikan oleh PMI untuk memaksimalkan operasional agar menjadi lebih efektif dan terkontrol secara digital.

“Memasuki usia ke-25 tahun saat ini, solusi teknologi telekomunikasi berbasis IoT merupakan salah satu unit layanan yang akan terus dikembangkan menjadi generator baru dalam bisnis Telkomsel. Termasuk untuk mendukung pencapaian Revolusi Industri 4.0 di Indonesia,” kata Denny.

Pihak Telkomsel juga berharap, jika nantinya proyek jaringan 5G sudah siap diterapkan secara bisnis di Indonesia akan semakin melengkapi keunggulan pemanfaatan solusi bisnis berbasis IoT oleh pelanggan.

“Hal itu sejalan dengan transformasi digital yang sedang dijalankan Telkomsel dan semakin menguatkan semangat mempertahankan komitmen sebagai leading digital telecommunication company di Indonesia,” pungkasnya. []

Teknologi & Komunikasi

Sinergi Telkomsel, Gandeng Schneider Electric Dorong Pemanfaatan Teknologi 5G

Published

on

Sinergi Telkomsel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Sinergi Telkomsel terus dibangun dengan seluruh mitra strategis dalam rangka mendorong peningkatan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan /mitra Telkomsel.

Telkomsel yang telah resmi9 menjadi “The First 5G Operator in Indonesia”, terus bergerak maju membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia melalui pemanfaatan jaringan 5G.

Sinergi Telkomsel kali ini yaitu dalam rangka mendorong kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0.

Dalam hal ini, Telkomsel melakukan kerjasama dengan Schneider Electric terkait pelaksanaan 5G trial joint collaboration yang dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran layanan 5G di Kota Batam pada 7 Juni 2021 lalu.

Kesepakatan kerjasama sinergi Telkomsel tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh keduabelah pihak yang dilakukan pada kesempatan tersebut.

Dalam keterangan resmi perusahaan yang diterima MEDIABUMN, Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan bahwasinergi yang dibangun adalah dalam rangka pemanfaatan layanan teknologi 5G pertama untuk dunia industri di Indonesia.

Sinergi Telkomsel dengan seluruh pihak strategis yang kolaboratif ini menjadi bukti nyata komitmen Telkomsel dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G Telkomsel yang tepat guna dengan menggandeng para pemangku kepentingan, terutama pelaku di industri.

“Kami akan terus membuka ruang kolaborasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku industri lainnya yang ingin memanfaatkan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan,” papar Dharma.

Dharma menambahkan bahwa sinergi Telkomsel dan Schneider Electric adalah langkah awal dari pengembangan produk dan layanan Telkomsel 5G untuk dunia industri.

Telkomsel, lanjurt Dharma, berkomitmen penuh dalam menghadirkan the best 5G experience bagi para pelaku industri untuk mengakselerasi transformasi digital industri 4.0 di Indonesia.

“Telkomsel akan terus mendorong lebih banyak tersedianya variasi produk, layanan, dan solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric kepada para pelaku industri di seluruh nusantara. Dengan begitu, 5G dari Telkomsel akan mendorong transformasi dunia industri Indonesia menuju industri 4.0 dengan kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara nyata”, tutup Dharma. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Telkomsel Lakukan Perluasan Jaringan di Tiga Kota

Published

on

Jaringan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Setelah melangsungkan peluncuran layanan Telkomsel 5G di Jakarta, Telkomsel melanjutkan komitmennya untuk membuka dunia penuh peluang dengan meluncurkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Peluncuran dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan (3/6).

Dengan demikian, jaringan 5G dari Telkomsel kini sudah tersedia di beberapa titik di wilayah setempat yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya bertahap yang dilakukan Telkomsel dalam melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G dan menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam sebagai the first 5G operator in Indonesia, Telkomsel terus melakukan upaya bertahap dan terukur dalam memperluas ketersediaan layanan Telkomsel 5G di Indonesia sehingga kedepannya siapa pun dapat merasakan the best 5G experience dengan dukungan jaringan 5G yang andal.

Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini, lanjut Hendri, merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri untuk dapat meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak.

“Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Hendri juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah turut berkontribusi dalam membantu Telkomsel mengimplementasi percepatan perluasan jaringan 5G di beberapa wilayah di Indonesia.

Dengan ini, peluang kolaborasi strategis antara Telkomsel sebagai connectivity provider dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat sebagai entitas pendukung terdepan.

Fase Awal

Pada fase awal peluncuran ini, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap.

Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Selain itu, masyarakat setempat juga bisa mencoba dan merasakan secara langsung pengalaman menggunakan layanan digital terkini yang didukung dengan jaringan 5G dari Telkomsel di area GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Hadir di GraPARI tersebut berbagai demo yang kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Punya Direksi Baru, Telkomsel Terus Perkuat Ekosistem Digital yang Inklusif dan Berkelanjutan

Published

on

direksi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT. Telekomunikasi Selular / Telkomsel secara resmi memiliki nama nama baru yang menduduki jabatan direksi perusahaan.

Selaku pemegang saham, PT Telkom Tbk dan Singapore Telecommunications Ltd telah menunjuk nama Hendri Mulya Syam sebagai Direktur Utama perusahaan yang sebelumnya dijabat oleh Setyanto Hantoro.

Kemudian diikuti pengangkatan Mohamad Ramzy sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko menggantikan Direksi sebelumnya yaitu Leonardus Wahyu Wasono.

Selain itu terdapat juga nama Adiwinahyu Basuki Sigit yang menggantikan Hendri Mulya Syam yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Sales.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan yang diterima MEDIABUMN.COM, Telkomsel menyebut jika penetapan direksi baru tersebut sangat sejalan dengan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital dengan mengembangkan digital trifecta yang meliputi digital connectivity, digital platform, dan digital services, sekaligus untuk membuka lebih banyak banyak peluang untuk masyarakat Indonesia melalui penguatan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Keputusan pengangkatan direksi tersebut telah efektif sejak 28 Mei 2021 lalu. Dengan adanya keputusan tersebut maka susunan Jajaran Direksi Telkomsel saat ini yaitu:

Hendri Mulya Syam – Direktur Utama

Mohamad Ramzy – Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko

Adiwinahyu Basuki Sigit – Direktur Sales

Nugroho – Direktur Network

Wong Soon Nam – Direktur Planning & Transformation

Bharat Alva – Direktur Information Technology

Rachel Goh – Direktur Marketing

R Muharam Perbawamukti – Direktur Human Capital Management. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!