Connect with us
banner pln 2023

Manufaktur

Proyek Jalan Tol IKN Senilai Rp1,9 Triliun Digarap WIKA dan PTPP

Published

on

Proyek Jalan Tol IKN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Proyek jalan tol IKN senilai Rp1,9 Triliun akhirnya jatuh ke tangan PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero).

Kedua BUMN karya telah memenangkan tender proyek jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Kalimantan Timur.

Selanjutnya, WIKA dan PTPP akan mulai menggarap proyek jalan tol di segmen KKT Kariangau – SP Tempadung yang membentang sepanjang 7,3 KM.

Direktur Utama Wijaya Karya, Agung Budi Waskito mengatakan proyek jalan tol ini menghubungkan antara wilayah Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia menjelaskan proyek ini akan menjadi bagian dari Jaringan Jalan Tol Menunjang Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

“Proyek jalan tol IKN ini sudah dipercayakan oleh Kementerian PUPR kepada Wijaya Karya. Jadi Ini merupakan momentum awal yang baik bagi kami untuk mewujudkan pembangunan ibu kota yang baru,” kata Agung dikutip Senin (29/8/2022).

Agung yakin dengan kapasitas, teknologi, serta human capital yang handal, Wijaya Karya siap menciptakan karya infrastruktur terbaik dari sisi desain dan juga kualitas bangunan.

Selain proyek Jalan Tol IKN, perusahaan pelat merah ini juga masih mengikuti tender proyek lainnya di kawasan IKN.

Di antaranya pembangunan Istana Negara, jaringan perpipaan, hingga proyek pembangunan fasilitas pengolahan sampah terpadu.

Hingga Juli tahun ini, WIKA secara total sudah berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp14,67 triliun.

Kontributor terbesar berasal dari sektor infrastruktur gedung yaitu 58,4 persen, dan industri penunjang konstruksi 22,7 persen.

Adapun penggarapan proyek jalan tol IKN dilakukan dengan Kerja Sama Operasi (KSO) antara PTPP dan WIKA sesuai penandatanganan kontrak yang dilakukan.

 

KOMITMEN PENUH

Diketahui, pembangunan infrastruktur dasar di IKN sudah dimulai secara  bersamaan digelarnya penandatanganan 19 kontrak proyek pada Senin 29 Agustus 2022.

Adapun nilai dari 19 proyek yang ditender ini mencapai Rp5,32 triliun tersebut, dan 8 di antaranya dimenangkan oleh BUMN Karya.

Bakhtiyar Efendi selaku SVP Corporate Secretary PTPP mengatakan, selain proyek tol, pihaknya juga sudah mendapat proyek Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Tahap 1 Rp92,3 miliar.

Pihak perseroan juga telah membentuk tim khusus untuk mengikuti proyek IKN Nusantara sebagai bagian dari persiapan.

Bakhtiyar menyatakan, PTPP berkomitmen untuk berpartisipasi dan mendukung pembangunan IKN Nusantara, maka mereka dari awal sudah bersiap ikut tender.

“Kami akan terus mengikuti semua lelang proyek IKN yang diselenggarakan oleh Pemerintah, ini bagian dari komitmen kami untuk mendukung pengerjaan infrastruktur IKN Nusantara,” ujarnya. []

Continue Reading

BNI

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM