Connect with us
PERTAMINA

Agrobisnis & Pangan

Program Peremajaan Sawit Bagi Petani, Erick Thohir Apresiasi PTPN V

Published

on

Program peremajaan sawit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Program peremajaan sawit terus digencarkan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melalui anak perusahaan PTPN V.

Langkah konkret yang dijalankan PTPN V yaitu menyediakan bibit sawit unggul bersertifikat kepada para petani yang menjadi mitra perusahaan.

Program peremajaan sawit ini dilakukan dengan penanaman perdana di Koperasi Unit Desa (KUD) Mojopahit Jaya, Desa Sari Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (26/11/2021) sore.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir dalam acara ini memberikan apresiasi kepada PTPN V karena sudah memberikan dukungan nyata bagi para petani.

Menurut Erick, selama ini petani berada di posisi yang lemah, tetapi oleh PTPN V dijadikan mitra kerja dan memberikan bibit unggul.

“Kebijakan ini luar biasa, karena PTPN membuka lebar peluang untuk petani mendapat bibit unggul, sementara banyak perusahaan yang berupaya mengontrol bibit sawit unggul kepada petani,” kata Erick.

Sejak tahun 2020 hingga November 2021, tercatat sudah ada sebanyak 1,1 juta bibit unggul sawit yang telah dibeli oleh petani.

Erick pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jajaran Direksi dan Komisaris PTPN yang terus mendukung peningkatan ekonomi para petani sawit di daerahnya masing-masing.

Adapun dalam kegiatan tanam perdana ini dilakukan di lahan seluas 879 Hektare, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui program pendanaan UMK bagi 33 petani plasma PTPN V sebesar Rp2,5 miliar.

Target Program Peremajaan Sawit

CEO PTPN V, Jatmiko K Santosa mengatakan, realisasi program Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR yang telah dijalankan PTPN V sudah hampir 10 ribu hektare.

Luasan itu pun menjadi realisasi program PSR terluas yang dilakukan oleh jajaran PTPN hingga saat ini.

Ia pun menargetkan, PTPN V akan mereplanting hingga 21 ribu Hektare kebun sawit plasma di tahun 2023, dan membantu peremajaan sawit rakyat seluas 23 ribu hektare di tahun 2025.

“Untuk tahun ini kami rencanakan seluas 2.140 hektare dan hingga tahun 2025 sudah kami susun dalam roadmap untuk mendorong percepatan peremajaan sawit rakyat sesuai arahan pemerintah,” sebut Jatmiko.
Jatmiko menyatakan, dengan peremajaan ini maka produktivitas dari kebun milik para mitra PTPN V akan meningkat bahkan jauh di atas standar nasional.

“Program peremajaan sawit rakyat kita lakukan dengan mengganti tanaman sawit yang lama dengan bibit unggul, sehingga, kami turut menyiapkan tujuh sentra pembibitan sawit unggul di seluruh Riau,” ungkapnya.

Keberadaan sawit unggul dan bersertifikasi itu, sambung dia, akan menjawab kebutuhan para petani yang selama ini sering menjadi ‘korban’ penggunaan bibit unggul palsu.

Selain itu, BUMN pertanian ini juga menyiapkan empat program percepatan peremajaan sawit rakyat yakni pola single management, penyediaan bibit unggul bersertifikat, kemitraan swadaya sebagai off taker, dan pemberdayaan KUD untuk menjadi calon mitra teknis para petani. []

Agrobisnis & Pangan

Stok Pupuk Musim Tanam 2022 Dipastikan Aman

Published

on

Stok pupuk

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Stok pupuk untuk kebutuhan petani dalam musim tanam pertama di tahun 2022 dipastikan aman dan tercukupi.

Pasalnya PT Pupuk Indonesia (Persero) saat ini telah menyediakan stok pupuk sebanyak 1,1 juta ton untuk seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan persediaan lebih dari 1 juta ton pupuk ini terdiri dari semua jenis pupuk.

Bahkan menurutnya, jumlah pasokan yang disiapkan PT Pupuk Indonesia ini dua kali lipat lebih banyak dari ketentuan stok yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kita sengaja menyediakan stok hingga dua kali lipat dari yang diminta pemerintah,” kata Wijaya Laksana saat dihubungi di Jakarta, Minggu, 9 Januari 2022.

Ia menerangkan stok pupuk ini cukup untuk keperluan sebulan ke depan, sementara aturan pemerintah stok itu minimal tersedia untuk dua minggu.

Guna menjaga kebutuhan petani di berbagai daerah, BUMN ini menyetok pupuk Urea sebanyak 512 ribu ton, NPK 305 ribu ton, SP36 103 ribu ton, ZA 135 ribu ton, dan pupuk Organik 80 ribu ton.

Berbagai jenis pupuk ini akan disalurkan kepada petani yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan pupuk subsidi.

Para petani ini akan diberikan pupuk subsidi sesuai dengan alokasi yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

“Jadi yang bisa menerima pupuk bersubsidi hanya mereka yang sudah masuk daftar, selain itu jumlahnya juga harus sesuai alokasi, tidak boleh lebih atau kurang,” tegasnya.

Aplikasi RMS

Berdasarkan laporan yang diterima, tidak jarang ditemukan petani yang mengeluh pupuk karena kelangkaan di daerah.

Menurut Wijaya, hal ini terjadi karena dua faktor yakni petani itu memang belum terdaftar sebagai penerima atau jatah yang diterima tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Atas hal itu, ia pun kembali menegaskan bahwa PT Pupuk Indonesia tidak bisa menyalurkan pupuk subsidi lebih dari ketentuan pemerintah.

Bahkan pihak perseroan juga telah menerapkan sistem distribusi yang akurat dengan sertifikasi antifraud ISO 37001 sebagai komitmen penerapan good corporate governance.

BUMN ini juga menggunakan Aplikasi Gudang, Distribution Planning and Control System, Product Tracking dan Web Commerce.

“Yang terbaru kami juga menggunakan aplikasi digital Retail Management System (RMS) yang saat ini tengah dalam masa uji coba. Seluruh sistem ini kami jalankan untuk memastikan stok pupuk kepada para petani bisa tersalur dengan baik,” tutupnya. []

Continue Reading

Agrobisnis & Pangan

Minyak Goreng Murah Diproduksi PTPN Group!

Published

on

Minyak goreng murah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Minyak goreng murah akan terus diproduksi oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bahkan kapasitas produksi untuk minyak goring murah ini ditingkatkan hingga mencapai seperepat dari total produksi PTPN III yaitu mencapai 750 ribu liter per bulan.

Selanjutnya Holding Perkebunan Nusantara menggelar operasi pasar untuk penyaluran minyak goreng tersebut selama lima bulan mulai Januari hingga Mei 2022.

Untuk tahap awal, BUMN ini telah melakukan operasi pasar minyak goring di Sumatera Utara pada Sabtu (8/1/2022) yang dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam kegiatan ini ada sebanyak 100 ribu liter minyak goreng merk INL yang disalurkan dengan harga Rp12.600 per 900 ml dengan maksimal pembelian 2 pieces.

Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan minyak goreng yang terjangkau.

“Jadi minyak goreng PTPN III yang kita salurkan ini adalah sebagian dari 1,2 miliar liter program minyak goreng murah dari pemerintah. Kegiatan ini yang akan terus dijalankan untuk meringankan beban masyarakat,” kata Erick dalam keterangan resminya, Minggu (9/1/2022).

Operasi Pasar

Sementara Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Abdul Ghani, mengatakan pihaknya akan terus melaksanakan operasi pasar sampai pertengahan tahun 2022.

Hal ini sesuai arahan pemerintah untuk pemenuhan stok minyak goreng bagi warga dan PTPN sebagai BUMN Pangan siap untuk memberikan produk minyak goreng murah dengan kualitas terbaik.

“Hasil produksi kami terjamin kualitasnya dan kita turut membantu menekan harga minyak goreng yang sedang naik. Maka operasi pasar akan kita lakukan di berbagai lokasi dengan waktu yang relatif lebih lama,” kata Ghani.

Terkait harga jual minyak goreng produk PTPN III yang lebih murah, Abdul Ghani menjelaskan, hal itu lantaran pihaknya memberikan subsidi yang bersumber dari dana CSR perusahaan.

Dalam kegiatan ini, dua anak usaha Holding Perkebunan Nusantara yaitu PTPN IV dan PT Inti Nabati Lestari telah menyiapkan kemasan brand INL.
Kemasan ini khusus digunakan untuk produksi minyak goreng murah PTPN III agar pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat semakin mudah.

Adapun beberapa lokasi operasi pasar minyak goreng di Sumatera Utara yang telah berjalan yaitu di Kuala Tanjung, Sionggang Tengah dan di sekitar area Kampus Universitas Sumatera Utara (USU). []

Continue Reading

Agrobisnis & Pangan

BULOG Raih Dua Penghargaan Sekaligus Dalam Jambore PR Indonesia

Published

on

Bulog

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Perum BULOG meraih dua penghargaan sekaligus dalam Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) VII yang diadakan di Bali, Jum’at (10/12) yaitu The Most Popular Leader in Social Media 2021 yang diberikan kepada Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso dan Pemimpin Humas (PR) Berpengaruh 2021 yang diberikan kepada Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum BULOG Tomi Wijaya.

CEO PR INDONESIA Asmono Wikan dalam sambutannya pada JAMPIRO VII mengatakan bahwa para pemimpin organisasi yang meraih penghargaan tersebut dipandang mampu mewujudkan reputasi positif korporasinya di mata publik, khususnya warganet. Menurutnya, setiap pemimpin perlu selalu mengevaluasi agenda-agenda komunikasi kepada publik yang dilakukan agar senantiasa tetap relevan dengan tujuan organisasi, terutama di masa yang penuh ketidakpastian akibat pandemi dan disrupsi digital.

“Pencapaian dan penghargaan yang diberikan PR Indonesia ini diharapkan mampu menginspirasi banyak pemimpin lain tentang pentingnya komunikasi atau public relations sebagai fungsi strategis manajemen”, kata Asmono.

Bulog

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso menyampaikan apresiasinya kepada PR Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan event JAMPIRO yang ketujuh tahun 2021 ini.

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada BULOG, namun upaya transformasi di perusahaan kami masih terus dan banyak lagi yang dilakukan agar bisa betul-betul menjadi perusahaan yang kuat dan kredibel dalam membela kepentingan bangsa dan negara”, kata Budi Waseso.

Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum BULOG Tomi Wijaya yang hadir langsung dalam JAMPIRO tersebut cukup terkejut atas penghargaan yang diberikan kepadanya, Tomi tidak menyangka usaha keras yang dilakukan Tim Humas bersama Corsec Perum BULOG ada yang menilai dan mengapresiasi.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk Super Team Humas BULOG, dan hal ini tentunya kami jadikan sebagai momentum untuk berjuang lebih keras lagi dalam mengawal Perum BULOG menjadi Perusahaan Pangan yang handal dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia”, kata Tomi.

Memasuki tahun ke-7, JAMPIRO kali ini menghadirkan beragam rangkaian kegiatan, mulai dari konferensi, outlook 2022, workshop paralel, dan Pemberian Penghargaan. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!