Connect with us
banner pln 2023

Jasa Keuangan

Program Penjaminan Kredit, Jamkrindo: “25 Juta UMKM Sudah Menikmati”

Published

on

Program Penjaminan Kredit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Program Penjaminan Kredit dari PT Jamkrindo telah dirasakan lebih dari 25 juta pelaku UMKM di Indonesia.

Sebagai pionir bisnis penjaminan kredit, PT Jamkrindo berupaya agar program yang dijalankan bisa berdampak langsung pada pengembangan dan penguatan sektor UMKM.

Beberapa Program Penjaminan Kredit yang disalurkan di segmen UMKM terdiri dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Modal Kerja (KMK).

Direktur Operasional dan Jaringan PT Jamkrindo, Kadar Wisnuwarman mengatakan, progam Program Penjaminan Kredit telah berjalan sejak tahun tahun 2007.

Hingga September 2022, perseroan telah menyalurkan penjaminan KUR UMKM kepada 25.040.133 pelaku usaha dengan anggaran Rp708,5 triliun.

Sementara untuk KMK Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dimulai sejak 2020, total penerima mencapai 37 ribu pelaku UMKM dengan anggaran Rp20,3 triliun.

“Melalui Program Penjaminan Kredit, kami berkomitmen untuk menguatkan peran dalam mendorong pertumbuhan UMKM dan juga mendorong pemulihan ekonomi secara nasional,” kata Kadar dalam keterangan resminya.

Kadar menyatakan, layanan penjaminan kredit ini ditargetkan dapat membuat bisnis UMKM bisa naik kelas dan berkontribusi pada program strategis yang dijalankan pemerintah.

Menurutnya, layanan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) selalu siap menjembatani UMKM untuk mendapat akses pembiayaan.

Sehingga para pelaku UMKM yang sedang kesulitan atau kekurangan agunan tetap bisa mendapat pembiayaan dengan adanya penjaminan.

Menurut Kadar, hal ini sangat berdampak bagi ekonomi nasional, karena jumlah UMKM saat ini mencapai 65,4 juta dan berkontribusi 61 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB).

Nilai dari kontribusi itu mencapai Rp8.573 triliun, jauh lebih tinggi dari usaha besar nilainya sebesar Rp5.464 triliun.

Selain itu, UMKM juga unggul dari sisi pembukaan lapangan kerja karena mampu menyerap 107,4 juta pekerja atau 97 persen dari total 117 juta tenaga kerja.

“Melihat potensi ini, kami akan terus memberi pendampingan kepada UMKM dengan harapan setiap pelaku usaha dapat memperluas pasarnya dan meningkatkan produksi,” bebernya.

Untuk diketahui, saat ini Jamkrindo merupakan satu perusahaan pela merah yang tergabung dalam Holding BUMN Indonesia Financial Group (IFG).

Saat ini Jamkrindo juga memiliki berbagai penjaminan non-program, seperti penjaminan kredit umum, kredit mikro, kredit konstruksi dan pengadaan barang dan jasa.

BUMN ini juga melayani penjaminan pada distribusi barang, surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan berbagai penjaminan kredit lainnya. []

Continue Reading

BNI

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM