Program Mudik Gratis Pelindo IV Targetkan 3000 Penumpang

oleh
Program Mudik Gratis

Program Mudik Gratis kembali diselenggarakan oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Ditargetkan, ada sebanyak 3000 penumpang kapal yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Setidaknya, terdapat 21 pelabuhan yang telah dipersiapkan untuk program ini, yakni Pelabuhan Makassar, Bitung, Pantoloan, Kendari, Gorontalo, Parepare, Tolitoli, Manado, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Nunukan, Tanjung Redeb, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Biak, Manokwari, Merauke dan Fakfak.

Menurut Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang, Untuk Program Mudik Gratis ini telah disiapkan sebanyak 88 bus dan juga 27 kapal cepat. Pesertanya kebanyakan berasal dari penumpang kapal laut dan juga masyarakat sekitar pelabuhan.

Pada tahun lalu saja, yaitu pada Idul Fitri 1439 H/2018 M, Program Mudik Gratis terbanyak terdapat di wilayah Manado, Nunukan dan Kendari. Ketiga kota ini memang kota yang merupakan penyeberangan antar pulau, dengan total data yang terhitung tahun lalu saja berkisar 1.232 unit.

Adapun kegiatan keberangkatan, banyak terpusat pada Pelabuhan Makassar, Balikpapan, Ambon, Parepare, Kendari dan Nunukan, dengan data penumpang 386.619 orang. Dan untuk kedatangan sendiri, banyak terjadi di daerah Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon dan Kendari, dengan jumlah yang terhitung sebanyak 324.657 orang.

Untuk puncak mudik Hari Raya sendiri, biasa terjadi pada H – 15 sampai dengan H + 15. Dan dalam setiap arus mudik selama ini, selalu saja ada permasalahan yang kerap timbul di sekitar area pelabuhan. Untuk itu, team penyelenggara Program Mudik Gratis telah menyiapkan posko-posko yang nantinya akan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Pihak PT Pelindo IV juga membentuk tim internal untuk melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan. Melakukan penambahan personil yang bekerja, terutama untuk melakukan pengaturan lalu lintas di area pelabuhan. Penambahan personil untuk pelayanan check in penumpang, dan juga perekrutan relawan.

Berbagai fasilitas telah dibenahi jauh-jauh hari untuk kenyamanan para penumpang, baik yang mengikuti Program Mudik Gratis ataupun tidak. Dari fasilitas utama, hingga fasilitas penunjangan keadaan di pelabuhan.

Pembagian Jumlah Peserta Program Mudik Gratis

Untuk peserta Program Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah ini, target Pelabuhan Makassar berjumlah 650 orang. Terdapat 300 pemudik tujuan Maros, Pangkep dan Parepare dengan menggunakan angkutan 18 unit bus. Sedangkan untuk 350 orangnya lagi akan berangkat menuju Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba, dengan pencanangan angkutan sebanyak 20 unit bus.

Dari pelabuhan Balikpapan, akan ditargetkan peserta yang mengikuti mudik gratis ini berjumlah 500 orang. Tujuannya adalah Samarinda, Bontang dan juga Tenggarong. Sedangkan di Pelabuhan Samarinda, terdapat jumlah peserta sebanyak 250 orang dengan tujuan Bontang dan Sangatta.

Di Pelabuhan Ambon, target peserta tercatat mencapai 400 peserta Program Mudik Gratis dengan tujuan Namlea. Pelabuhan Sorong, sebanyak 250 orang dengan tujuan Aimas dan Katapop.

Pelabuhan Kendari 350 orang dengan tujuan Raha, Baubau dan Wanci. Parepare 550 orang dengan tujuan Bulukumba, Toraja, Palopo, Enrekang-Bone, dan Pinrang-Sengkang-Polman. Dari Pelabuhan Tarakan berjumlah 150 orang pemudik dengan tujuan Tanjung Selor. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *