Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

Program Customer Reward Pos Indonesia Resmi Berakhir Setelah Empat Periode

MediaBUMN

Published

on

Customer Reward

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Rangkaian program Customer Reward Pos Indonesia telah selesai diselenggarakan. Hadiah utama 1 unit mobil Honda Brio, 26 motor Honda Beat dan 400 saldo Posgiro Mobile senilai Rp200.000, telah dibagikan kepada para pemenang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Program yang diselanggarakan sejak tanggal 12 Desember 2020 hingga 31 Maret 2021 ini merupakan bentuk apresiasi dari Pos Indonesia kepada pelanggan setianya. Dengan adanya program Customer Reward, diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal layanan-layanan Pos Indonesia. Bentuk apresiasi semacam ini pun dimaksudkan untuk membuat pelanggan merasa mereka adalah bagian yang penting, bukan hanya sekadar pengguna jasa.

Hal senada pun diungkapkan oleh Rika Hendrawaty selaku Manajer Pemasaran Produk dan Layanan PT Pos Indonesia. “Kepercayaan pelanggan terhadap layanan PT Pos Indonesia merupakan modal utama kami untuk berkembang. Program Customer Reward merupakan salah satu upaya kami untuk mengapresiasi pelanggan setia Pos Indonesia”.

Di awal bulan April 2021, acara final bertajuk Grand Customer Reward dilaksanakan untuk mengundi hadiah utama 1 unit mobil Honda Brio. Acara ini dipandu oleh Ananda Omesh dan dimeriahkan oleh stand up comedy Babe Cabita, juga penampilan grup musik asal Bandung, Juicy Luicy.

Dengan terselenggaranya program Customer Reward ini diharapkan para pelanggan setia Pos Indonesia merasa lebih terapresiasi. Program-program menarik lainnya akan terus diselenggarakan oleh PT Pos Indonesia sebagai bentuk apresiasi tiada akhir bagi pelanggannya. Tentunya, dengan selalu meningkatkan terus kualitas setiap layanannya. []

Jasa Pelayanan & Logistik

Dirut Pos Indonesia Raih CEO BUMN Terbaik Driving Transformation 2021

MediaBUMN

Published

on

CEO

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Setelah berhasil meraih 2 penghargaan sebagai The Best Chief Executive Officer (CEO) For Digital Transformation 2021 dan The Best Digital Transformation 2021 di Penghargaan Pencapaian Kinerja dan keberhasilan dalam Transformasi Digital BUMN, Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama Pos Indonesia kembali meraih Penghargaan CEO Terbaik Driving Transformation 2021 dalam ajang Anugerah BUMN 2021.

CEO BUMN Track SH Sutarto mengatakan, Anugerah BUMN 2021 tahun ke-10 yang mengusung tema “Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi” merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.

“Selain menilai performa perusahaan, pada ajang ini kami juga mengapresiasi kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing di masa pandemi,” jelas SH Sutarto di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis 8 April 2021.

Dari 122 peserta BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang mengikuti seleksi tahap awal, terjaring sebanyak 89 BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang lolos seleksi penjurian tahap kedua berupa wawancara korporasi. Selanjutnya, sebanyak 35 CEO terpilih untuk mengikuti wawancara tahap ketiga sekaligus menjadi tahap final penjurian. Seluruh proses penjurian ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua Dewan Juri sekaligus Menteri BUMN pertama Dr Tanri Abeng, MBA menjelaskan, keputusan pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari sisi kemampuannya dalam meningkatkan performa perusahaan namun juga dikaitkan dari sisi leadership menjalankan strategi untuk bertahan di masa pandemi.

“Pada penilaian Anugerah BUMN 2021, dewan juri tidak hanya melihat dari sisi pertumbuhan perusahaan tapi juga pada sisi ketahanan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Kami juga mengamati corporate governance-nya agar lebih komprehensif, sehingga kali ini diputuskan untuk menilai pemenang The Best di masing-masing kategori,” jelas Tanri Abeng yang juga merupakan Dewan Pakar BUMN Track.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah mengubah total tatanan kehidupan dan perkembangan bisnis. Selain mempercepat transformasi perusahaan, pandemi telah memaksa Pos Indonesia untuk mengubah model bisnis dan mengembangkan digitalisasi secara massif dan cepat. Di tengah goncangan dahsyat tersebut, Faizal mampu membawa Pos Indonesia dan Anak Perusahaannya terus berusaha memberikan sumbangsih terbaik untuk Indonesia.

Faizal mencanangkan 7 transformasi di Pos Indonesia selama tiga tahun ke depan. Tujuh program transformasi yang dicangkan adalah transformasi bisnis, transformasi produk dan chanel, transformasi proses, transformasi teknologi, transformasi human capital, transformasi budaya dan transformasi organisasi. Ketujuh program transformasi tersebut menurutnya sangat diperlukan untuk mewujudkan Visi Pos Indonesia “Menjadi Postal Operator Penyedia Jasa Kurir, Logistik dan Keuangan Paling Kompetitif”.

Sebagai Chief Executif Officer, Faizal menetapkan tahun 2021 sebagai tahun “turn around”. Pos Indonesia akan membalikkan arah menjadi yang terbaik, menjadi tahun kebangkitan untuk mencapai target RP 6,8 triliun. “Pos Indonesia bersiap melakukan transformasi dan membangun kompetensi sebagai perusahaan yang adaptif di tengah perkembangan zaman,” kata Faizal Rochmad Djoemadi.

Di tengah industri kurir yang semakin “seru” dengan bermunculannya perusahaan kurir dan para start-up bisnis yg bergerak di bidang jasa kurir, mulai dari yg berskala lokal dalam kota hingga internasional, Faizal tetap melakukan berbagai pembenahan dan tidak menganggap ini sebagai ancaman, justru ini menjadi sebuah kesempatan untuk berkolaborasi menawarkan jaringan fisik yang sudah dibangun Pos selama 275 tahun dengan jangkauan hingga ke pelosok bahkan daerah 3T.

Pos Indonesia, kata Faizal, tengah mengembangkan bisnis di dua segmen vital bagi para pemain digital, yaitu marketplace dan media sosial.

Langkah ini dimulai dengan merilis platform baru layanan kurir POS Indonesia agar lebih cepat merespon fitur-fitur yang dibutuhkan pasar, membangun partnership dengan penyedia platform digital yang teruji secara domestik maupun internasional, serta memperbaiki back-end.

Di front-end, lanjut Faizal POS Indonesia telah memiliki aplikasi mobile service bernama Q POSin aja. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pebisnis online untuk melakukan order pengiriman surat atau paket. Fitur-fitur dalam aplikasi ponsel ini juga terus ditingkatkan demi memberikan pengalaman yang nyaman.

Peran Pos Indonesia dalam perekonomian Indonesia terus meningkat. Beberapa diantaranya diwujudkan melalui sumbangsih pada pertumbuhan ekonomi nasional, menjadi perintis usaha yang belum digarap swasta, memberdayakan kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) sekaligus sebagai sumber pendapatan negara.

Ke depan, POS Indonesia akan memanfaatkan peluang besar di pasar logistik dengan target segmen BUMN dan UMKM. Sesuai amanat menteri, POS Indonesia akan membantu mengurangi ongkos logistik BUMN dan membantu UMKM untuk berdaya di luar negeri.

“UMKM kelemahannya di ekspor, ketika mau ekspor mahal. Kita sedang create produk untuk umkm sehingga mereka bisa ekspor tapi dengan harga terjangkau,” tutupnya.

Tahun 2020, POS Indonesia berhasil menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 97 persen. Tahun ini, POS Indonesia menyalurkan program BST dengan jumlah penerima 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Transformasi Bisnis Ala Dirut Pos

Kepemimpinan Faizal sebagai CEO Pos Indonesia diniliai oleh juri Anugerah BUMN 2021, mampu mempercepat transformasi Pos Indonesia. Faizal melakukan transformasi model bisnis dan mengembangkan digitalisasi secara massif dan cepat. Pos Indonesia dan Anak Perusahaannya mampu melakukan 7 transformasi Perusahaan dan terus memberikan sumbangsih terbaik untuk Indonesia.

Berkarir cukup panjang di bidang telekomunikasi dan pembangunan jaringan melahirkan kepercayaan pemegang saham kepada Faizal dan mengantarnya menjadi Direktur Utama PT Pos Indonesia.

Faizal R. Djoemadi lulus Institut Teknologi Surabaya jurusan Teknik Elektro tahun 1991. Ia kemudian melanjutkan S2 di University of Saskatchewan Saskatoon, Canada, juga jurusan Teknik Elektro dan lulus pada tahun 1998. Ia berkarier cukup panjang di bidang telekomunikasi dan pembangunan jaringan.

Pada tahun 2015 Faizal menjadi EVP Wholeshale Service Division Telkom Indonesia, Komisioner di Telin Hongkong pada tahun 2015, Chairman di Telin Australia tahun 2016, Chairman di Telin Singapura pada tahun 2016, Presiden Direktur Telkom Indonesia International pada tahun 2016, Direktur Digital Business Telkom.

Anugerah BUMN 2021 yang diselenggarakan oleh BUMN Track didukung PPM Manajemen merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.

Untuk menjaring pemenang, para peserta harus melalui tiga tahapan proses seleksi. Diawali seleksi kuesioner, dilanjutkan dengan wawancara pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri secara virtual dan berakhir dengan proses wawancara CEO yang juga dilakukan secara virtual.

Didukung oleh para tokoh dewan juri dari beragam profesi yang dikenal luas kredibilitas dan kompetensinya, serta diperkuat dengan kualitas tim riset dan penilaian dari PPM Manajemen, menjadikan ajang Anugerah BUMN memiliki bobot dan integritas yang teruji. Hasil Anugerah BUMN bisa menjadi cerminan bagi pengelolaan BUMN ke depan yang lebih profesional, transparan dan berdaya saing. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Sabet Penghargaan Services and Operational Excellence in the Time of COVID-19 Pandemic dalam Anugerah BUMN 2021

MediaBUMN

Published

on

penghargaan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan Special Recognition kategori Services and Operational Excellence in the Time of COVID-19 Pandemic dalam ajang penghargaan Anugerah BUMN 2021 ke-10 yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track serta didukung oleh PPM Manajemen.

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel The Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan Jakarta, pada Kamis (8/4) malam tersebut, piala penghargaan diterima oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto.

Melalui penghargaan ini, Angkasa Pura I dinilai mampu memberikan pelayanan unggul secara konsisten kepada pengguna jasa di masa pandemi.

“Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen dan kinerja perusahaan yang dinilai mampu secara konsisten dan terus menerus memberikan pelayanan terbaik dan unggul kepada seluruh pengguna jasa bandara pada kondisi pandemi COVID-19 ini. Pada masa pandemi ini, hampir seluruh perusahaan, termasuk perusahaan BUMN dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam pernyataan resminya.

“Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kebandarudaraan, kami banyak melakukan transformasi dan inovasi dalam layanan, dengan menyesuaikan pelayanan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku, dengan tanpa mengurangi kualitas layanan kepada pengguna jasa,” tambahnya.

Pada pelaksanaannya yang ke-10 ini, Anugerah BUMN mengusung tema “Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi”. Dalam pelaksanaan di tahun 2021 ini, sebanyak 230 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengikuti tahap sosialisasi, terbanyak selama 10 tahun pelaksanaan. Sebanyak 122 perusahaan mengikuti seleksi tahap awal penjaringan, hingga kemudian tersaring sebanyak 89 perusahaan yang lolos seleksi penjurian tahap kedua. Dalam tahap ketiga, sebanyak 35 CEO dari perusahaan peserta mengikuti penjurian tahap akhir berupa wawancara yang dilakukan secara virtual.

Dalam sambutannya saat membuka acara, CEO BUMN Track SH Sutarto menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi untuk kontribusi positif perusahaan BUMN dalam masa pandemi. “Peran BUMN sebagai korporasi yang menyokong negara, juga berkontribusi yang sangat besar dalam pandemi COVID-19 ini. Sebagaimana perannya memberikan dividen kepada negara, BUMN juga berperan sebagai wakil Pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya saat membuka acara.

“Kami dari BUMN Track ingin mengapresiasi kinerja BUMN melalui fakta dan data melalui proses penjurian selama 1 bulan lebih ini. Semoga objektivitas dan kualitas penghargaan ini menjadi referensi bagi semua stakeholder, khususnya pemerintah,” imbuh SH Sutarto.

Selama proses penilaian, panelis dewan juri berfokus pada strategi dan kinerja perusahaan dalam kondisi pandemi, upaya transformasi bisnis dan organisasi, Good Corporate Governance, serta internalisasi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) ke dalam organisasi perusahaan.

“Mewakili Manajemen dan seluruh Insan Angkasa Pura I, saya merasa bangga telah menerima penghargaan yang merupakan pengakuan terhadap upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara. Penghargaan ini akan kami jadikan sebagai motivasi dan cambuk untuk dapat selalu hadir dalam menjawab tantangan zaman, untuk terus menerus meningkatkan standar kualitas layanan kepada pengguna jasa, serta untuk selalu hadir untuk negeri,” pungkas Faik Fahmi.

Pada masa pandemi global COVID-19, industri penerbangan dituntut untuk beradaptasi terhadap situasi secara cepat. Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ini, Angkasa Pura I melakukan berbagai inovasi layanan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di area bandara. Inovasi layanan seperti penerapan teknologi yang bersifat meminimalisir sentuhan (touchless) dan kontak fisik antar manusia, seperti online customer service, serta boarding pass scanner yang berfungsi untuk memindai boarding pass calon penumpang tanpa harus melakukan sentuhan fisik dengan petugas diimplementasikan di bandara kelolaan.

Selain itu, penerapan standar pelayanan yang selaras dengan implementasi protokol kesehatan juga secara ketat diberlakukan di seluruh bandara kelolaan Angkasa Pura I, di antaranya adalah melalui penerapan physical distancing di seluruh area bandara, disinfeksi pada fasilitas dan infrastruktur terminal bandara yang sering disentuh oleh pengguna jasa bandara, serta penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi seluruh personel garis depan bandara yang berhubungan erat dengan pelayanan penumpang. []

Continue Reading

Airport Services

Kembali Sukses, Simulasi GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Berjalan Lancar

MediaBUMN

Published

on

simulasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Setelah sukses melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya pada 18 Maret dan 25 Maret lalu dan implementasi GeNose C-19 di kedua bandara tersebut mulai 1 April, PT Angkasa Pura I (Persero) sukses melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada hari ini, Kamis 8 April 2021.

Simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada hari ini merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 resmi diterapkan di Bandara Bali pada Jumat 9 April 2021. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19, layanan GeNose C-19 merupakan salah satu alat deteksi Covid-19 yang hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perjalanan udara.

“Angkasa Pura I secara bertahap akan mengimplementasikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara kelolaan, di mana sebelumnya perlu dilakukan simulasi di masing-masing bandara untuk memastikan kesiapan dan kelancaran layanan pada saat implementasi. Hari ini, simulasi penggunaan Genose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berjalan lancar dan layanan GeNose C-19 siap diimplementasikan secara resmi di Bandara Bali pada Jumat 9 April esok. Angkasa Pura I senantiasa berupaya memberikan kemudahan layanan tes Covid-19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan udara bagi calon penumpang pada masa adaptasi kebiasaan baru melalui penambahan layanan GeNose C-19 di bandara, di samping layanan tes Covid-19 lainnya seperti Swab Antigen dan Swab PCR,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Adapun biaya layanan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang secara resmi mulai diimplementasikan pada Jumat 9 April 2021 yaitu sebesar Rp40.000. Lokasi layanan GeNose C-19 ini terletak di area publik terminal keberangkatan Bandara Bali dengan waktu operasional mulai 09.00 – 19.00 WITA. Layanan GeNose C-19 di Bandara Bali dilengkapi dengan 8 mesin GeNose C-19 dan pada tahap awal, tiap harinya disedikan 600 kantong udara,.

Sebagai informasi, layanan GeNose C-19 ini tidak menggantikan layana tes Covid-19 lainnya yang ada di bandara seperti Swab Antigen dan PCR. Bagi para calon penumpang yang berencana menggunakan layanan GeNose C-19 diimbau untuk dapat tiba di bandara 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan. Dalam menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C-19, Angkasa Pura I bekerja sama dengan salah satu anak perusahaan yaitu Angkasa Pura Supports yang juga bermitra dengan Farmalab. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!