Connect with us
PERTAMINA

Asuransi

Premi Unit Link Jadi Penyumbang Terbesar Pendapatan Premi Asuransi Jiwa

Published

on

Premi unit link

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Premi unit link saat ini semakin menunjukkan tren positif dalam mendulang premi di tengah pandemi covid-19.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), premi ini menjadi andalan perusahaan asuransi jiwa, dan telah berkontribusi sebesar 63,9 persen bagi pendapatan premi hingga kuartal III 2020.

Produk asuransi yang juga investasi ini sebenarnya mengalami perlambatan sebesar 4,8 persen secara tahunan (yoy).

Namun kontribusinya yang mencapai 63,9 persen mengalahkan pendapatan premi dari asuransi tradisional sebesar 36,1 persen.

Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Wiroyo Karsono mengatakan, pendapatan premi dari 58 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia mencapai Rp133,99 triliun hingga bulan September lalu.

“Nilai kontribusi premi unit link semakin membesar dibandingkan kuartal II tahun ini yang hanya 61,6 persen dari total pendapatan premi,” jelasnya, Senin (30/11/2020).

Sementara pendapatan premi dari produk asuransi konvensional di kuartal II 2020 menyumbang 38,4 persen total premi.

Terkait hal ini, Ketua Bidang Kerjasama dan Internasional AAJI, Elin Waty mengusulkan agar pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan pemasaran PAYDI digital secara permanen.

Karena seperti diketahui selama pandemi OJK hanya mengeluarkan izin penjualan premi unit link dengan memperbolehkannya hanya bertatap muka secara visual.

“Apabila pemasaran berbasis digital tersebut ditetapkan permanen, pastinya mampu memperluas penjualan hingga ke berbagai wilayah Indonesia,” jelas Elin.

Elin menyebutkan, penjualan unit link secara digital memungkinkan agen dimanapun berada bisa menawarkan produk asuransi kepada siapa saja.

Namun penyelenggara harus tetap mengedepankan perlindungan konsumen sesuai arahan dari OJK RI.

“Penjualan secara digital ini akan menunjang kinerja saluran pemasaran keagenan yang menjadi andalan industri. Keagenan memberikan kontribusi 36,1 persen, sedangkan bancassurance menyumbang 47 persen dari total pendapatan premi,” ungkapnya.

Premi Unit Link BNI Life

Di sisi lain, PT BNI Life Insurance menargetkan dapat menghimpun pendapatan premi senilai Rp4,1 triliun hingga akhir tahun ini.

Neny Asriani selaku Direktur BNI Life mengatakan perusahaan yang dipimpinnya akan lebih fokus meningkatkan porsi produk-produk unit link, meskipun sampai saat ini penjualan asuransi tradisional masih sangat signifikan.

“Untuk komposisi penjualan non unit link sampai bulan September lalu sebesar 57 persen, sedangkan penjualan produk Unit Link sebesar 43 persen,” ujarnya.

Untuk mencapai target perusahaan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ini telah meluncurkan produk baru pada Juli yang lalu, yaitu steady protection yang dipasarkan melalui kanal keagenan.

Selain itu, perseroan juga merubah strategi penjualan selama pandemi dan melakukan monitoring tenaga pemasar setiap hari melalui media teleconference. []

Asuransi

Jasa Raharja Umumkan Perubahan Direksi Perusahaan

Published

on

perubahan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja secara resmi mengumumkan perubahan jajaran Direksi perusahaan. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia selaku pemegang saham PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja Nomor : SK-202/MBU/06/2021 dan Nomor 07/SK-DIR/RUPS-AP/BPUI/VI/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengakatan anggota direksi Jasa Raharja.

Dalam keputusan tersebut terdapat perubahan dalam jabatan Direktur Utama Jasa Raharja. Rivan Achmad Purwantono ditunjuk sebagai Direktur Utama menggantikan Budi Rahardjo S. Sementara itu Amos Sampetoding ditunjuk oleh pemegang saham sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi menggantikan M. Wahyu Wibowo.

Dengan demikan maka susunan Direksi Jasa Raharja saat ini adalah sebagai berikut:

1. Rivan Achmad Purwantono : Direktur Utama

2. Dewi Aryani Suzana : Direktur Operasional

3. Myland : Direktur Keuangan

4. Amos Sampetoding : Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi

5. Rubi Handojo : Direktur SDM & Umum

6. Munadi Herlambang : Direktur Hubungan Kelembagaan

Dalam keterangan resmi perusahaan, segenap Jajaran dan keluarga besar PT Jasa Raharja mengucapkan terima kasih kepada Budi Rahardjo S. dan Wahyu Wibowo atas segala pencapaian, kerja keras dan sumbangsih selama memimpin Perusahaan.

Kepada Jajaran Direksi yang baru diangkat, selamat datang dan selamat bekerja semoga dapat membawa PT Jasa Raharja menjadi lebih baik dimasa mendatang. []

Continue Reading

Asuransi

Dewan Komisaris IFG Lakukan Kunjungan Kerja Ke PT Jasa Raharja

Published

on

Dewan Komisaris IFG

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dewan Komisaris IFG (Indonesia Financial Group) melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat PT Jasa Raharja pada Rabu (16/06/2021).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara PT Jasa Raharja dengan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai Pemegang Saham dan Induk Holding.

Dalam kesempatan tersebut, Dewan Komisaris IFG yang hadir antara lain; Fauzi Ichsan (Komisaris Utama), Nasrudin (Komisaris), Masyita Crystallin (Komisaris) serta Hotbonar Sinaga (Komisaris Independen).

Kunjungan Dewan Komisaris IFG tentunya juga dihadiri oleh Jajaran Direksi dan Kepala Divisi PT Jasa Raharja.

Acara kunjungan tersebut dibuka oleh Komisaris Utama PT Jasa Raharja, Budi Setiyadi yang dilanjutkan dengan sambutan dari Komisaris Utama IFG, Fauzi Ichsan.

Dalam pembukaan acara tersebut Jasa Raharja menanyangkan video berupa milestone Jasa Raharja, yang dilanjutkan dengan paparan singkat dari Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo S.

Selain itu, Jasa Raharja melalui Direktur Utama Budi Rahardjo S dan Direktur Operasional Amos Sampetoding, memperlihatkan pengembangan proses digitalisasi pelayanan untuk mendukung dan mempercepat proses pelayanan dan penyerahan santunan kepada korban kecelakaan.

Dalam adanya Kunjungan Dewan Komisaris IFG diharapakan makin mempererat tali silaturahmi antara PT Jasa Raharja dengan Indonesia Financial Group (IFG) untuk selalu bersinergi. []

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Berikan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Korban Laka Lantas

Published

on

Pelatihan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja pada telah memberikan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Korban Laka Lantas yang digelar Kamis (10/06).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ditlantas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol, Bapak Frans Sentoe, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulawesi Selatan, dr. H M. Ichsan Mustari, M.H.M Bersama Direktur Operasional PT Jasa Raharja Amos Sampetoding.

Selain itu turut hadir juga Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja, Haryo Pamungkas, Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulawesi Selatan, Ifriyantono, dan Perwakilan dari RS Siloam.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Operasional PT Jasa Raharja, Amos Sampetoding mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut yaitu sebagai usaha meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam membantu korban kecelakaan untuk mendapatkan pertolongan medis ataupun non medis agar dapat mengurangi fatalitas cedera yang dialami korban.

Jasa Raharja berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk membantu korban kecelakaan lalu lintas dengan memberikan pertolongan pertama. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!