Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

POSGO SYARIAH! Mobile Ecosystem Bisnis Syariah Pertama Di Indonesia yang dikembangkan BUMN Pos Indonesia

MediaBUMN

Published

on

POSGO SYARIAH

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Setelah selama lebih dari 3 tahun terakhir, PT POS INDONESIA menjalankan pengembangan Proyek Bisnis Syariah (Pro Bis Syariah) dengan tujuan untuk semakin memperluas bentuk baru transformasi layanan bisnis dan jasa keuangan dari PT POS INDONESIA.

Dengan dukungan dan bimbingan dari Dewan Pengawas Syariah yang dibentuk oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia dan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah untuk PT POS INDONESIA kepada jajaran Direksi dan Kelompok Kerja Pro Bis Syariah.

PT POS INDONESIA, akan meluncurkan sebuah ekosistem besar bisnis dan jasa berprinsip Syariah yang akan melibatkan banyak stakeholder dari kalangan Pelaku usaha, Perbankan, SRO dan Regulator.

Sebuah ekosistem besar yang mengintegrasikan banyak pihak untuk dapat aktif melakukan transaksi perdagangan, bisnis, jasa, utilitas, keuangan serta sebuah ekosistem yang mengintegrasikan proses kerja pengawasan semua Lembaga regulator di Indonesia dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kualitas perlindungan kepada masyarakat sebagai konsumen dan membentuk sebuah ekosistem solusi yang sistematis untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

POSGO SYARIAH, dikembangkan PT POS INDONESIA dalam fase pertama akan memiliki 6 fitur unggulan, yaitu PosGold sebagai platform perdagangan fisik emas secara digital dibawah pengawasan dan peraturan yang ditetapkan oleh BAPPEBTI, Pos Pay sebagai layanan Payment Gateway dan E-Wallet yang telah dikembangkan PT POS INDONESIA dengan basis rekening Giro Pos, Switch sebuah bentuk layanan interaksi transfer antar pengguna, Gold To Mecca sebuah layanan jasa pengelolaan aset secara langsung oleh masyarakat untuk perjalanan ibadah Haji dan Umroh, ZISWAF sebuah layanan untuk aktifitas Zakat, Infaq, Shodagoh dan Wakaf dalam skema interaksi langsung masyarakat dengan para pengelolanya serta Halal Hub sebagai platform aktifitas transaksi bisnis dalam segala bentuk namun pelaku usaha harus tersertifikasi halal oleh Lembaga yang berkompeten.

Salah satu backbone atau tulang punggung utama ekosistem bisnis POSGO SYARIAH adalah platform perdagangan fisik emas secara digital PosGold yang dikembangkan bersama Bullion Ecosystem International, ABI Komoditi Berjangka, dan proses dukungan transaksi perdagangan difasilitasi oleh Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity & Derivatives Exchange) – ICDX serta proses kliring transaksi perdagangan dilakukan bersama Indonesia Clearing House – ICH.

ICDX dan ICH bersama mitra strategis nya ABX, Australia dan Kinesis AG, Liechtenstein memberikan akses ke sistem perdagangan fisik emas international secara luas untuk PT POS INDONESIA, memberikan kepastian pasokan likuiditas pasar untuk transaksi pembelian fisik emas termasuk juga pasokan likuditas tunai untuk transaksi penjualan fisik emas secara langsung ke sistem likuiditas pasar international. Dengan volume transaksi yang mencapai US$ 1,2 milyar pada Maret 2021 dalam sistem transaksi Kinesis AG, diharapkan juga akan memberikan pasokan likuiditas terukur untuk PT POS INDONESIA sekaligus sebagai bentuk proteksi terhadap proses transaksi yang dilakukan oleh masyarakat. Proteksi untuk setiap transaksi masyarakat adalah Prinsip Utama yang ditekankan dalam ekosistem POSGO SYARIAH.

Platform perdagangan fisik emas PosGold yang berbasis dari platform MDX yang dikembangkan oleh anak-anak bangsa Indonesia juga terkoneksi dan terintegrasi ke sistem perbankan dan sistem logistic secara langsung, online dan real-time. Konektivitas dan integrasi sistem perdagangan fisik komoditi (fisik emas) yang terintegrasi dengan sistem perbankan dan sistem logistic yang diterapkan dalam platform PosGold, adalah sebuah model integrasi sistem perdagangan fisik komoditi pertama di Dunia, yang dimana teknologinya diciptakan dan dibentuk oleh anak-anak bangsa Indonesia secara mandiri. Platform PosGold juga menggabungkan 2 konsep teknologi perdagangan yang berkembang saat ini di Dunia, exchange ecosystem (centralized) dan blockchain ecosystem (decentralized).

Untuk semakin meningkatkan kualitas dan sistem proteksi dan tentunya membentuk sebuah ekosistem yang semakin solid di Indonesia dengan target menjadikan Indonesia sebagai salah satu Main Trading Hub atau Pusat Perdagangan Utama, fisik emas dan logam mulia lainnya di Dunia, PT POS INDONESIA bersama ICDX, ICH mengandeng Kinesis AG dan OZL Liechtenstein sebagai investor dan mitra usaha yang bekompeten untuk membangun fasilitas vault international pertama di Indonesia sekaligus fasiltas vault international grade 10 pertama di Kawasan Asia Tenggara.

Penandatanganan MOU oleh para pihak telah dilakukan dan HOA untuk proyek fasilitas vault saat ini sedang dalam tahapan finalisasi untuk ditanda tangani oleh PT Pos Indonesia serta investor group dalam skema kerjasama private partnership invesment. Kemudian akan dibentuk sebuah konsorsium usaha untuk segera merealisasikan proyek fasilitas vault international untuk bangsa Indonesia. Diharapkan dengan adanya fasilitas vault international di Indonesia, juga akan menarik minat pelaku perdagangan dari negara lain untuk bertransaksi di Indonesia yang sekaligus dapat menjadi parameter pengelolaan sistem moneter dan devisa negara menjadi lebih sistematis, terukur, dan semakin meningkatkan kredibilitas bagi perekonomian bangsa Indonesia. []

Airport Services

Hari Pertama Peniadaan Mudik, Operasional Bandara Angkasa Pura I Lancar dan Sesuai Prosedur

MediaBUMN

Published

on

peniadaan mudik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa kegiatan operasional 15 bandara kelolaannya pada hari pertama masa peniadaan mudik (Kamis 6 Mei) berjalan lancar dan sesuai prosedur transportasi pada masa peniadaan mudik seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, di mana hanya penerbangan yang dikecualikan yang dapat dilakukan.

Adapun penerbangan dikecualikan yang dapat dilakukan pada masa peniadaan mudik tersebut yaitu transportasi udara yang digunakan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional; operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat; operasional kargo; operasional angkutan udara perintis; operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil.

peniadaan mudik

“Kami pastikan bahwa penerbangan yang dilakukan pada masa peniadaan mudik ini adalah hanya penerbangan yang dikecualikan. Kami mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk mengimbau masyarakat #TidakMudikuntukIndonesiaLebihBaik. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan pada masa peniadaan mudik dan setelah masa peniadaan mudik. Hal ini penting untuk dilakukan agar pandemi dapat dikendalikan dan apa yang terjadi di negara-negara tetangga tidak terjadi di Indonesia,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Pada Kamis 6 Mei, hari pertama masa peniadaan mudik, hanya terdapat 6.853 pergerakan penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I. Jumlah tersebut jauh di bawah rata-rata trafik penumpang harian April lalu yang sebanyak 87.872 pergerakan penumpang atau atau minus (-) 92 persen. Sementara itu trafik pesawat pada hari pertama peniadaan mudik sebanyak 288 pergerakan pesawat dan 770.851 kg kargo. []

Continue Reading

Airport Services

Bandara Sam Ratulangi Manado Adakan Sosialisasi Pasar Digital (PaDi) UMKM

MediaBUMN

Published

on

Sam Ratulangi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka mendukung dan mewadahi UMKM untuk semakin mudah dijangkau dengan memanfaatkan platform digital PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado mengadakan sosialisasi terkait pengenalan website Pasar Digital (PaDi) pada Rabu (05/05/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Piere Tendean Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Manado ini merupakan salah satu program dari Corporate Social Responsibility (CSR) bertujuan untuk memperkenalkan kepada pelaku UMKM bagaimana melakukan proses pendaftaran pada website PaDi serta bagaimana cara menggunakannya.

PaDi UMKM ini merupakan platform yang dibentuk untuk mempertemukan BUMN dan UMKM dengan harapan dapat mengoptimalkan, mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Dengan diadakannya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan apalagi pada masa pandemi saat ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 17 di bidang kemitraan guna menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan. Serta SDGs nomor 9 di bidang industri, inovasi dan infrastruktur dalam meningkatkan akses industri dan perusahaan skala kecil.

Yanti Pramono selaku Stakeholder Relation Manager mengharapkan kepada 12 pelaku UMKM yang hadir dalam sosialiasi, agar dapat memanfaatkan platform Pasar Digital (PaDi) UMKM ini.

“Dalam website ini konsumen atau pelanggan cenderung akan direkomendasikan pada lokasi atau jarak tempat tinggal yang sesuai dengan pelaku UMKM, diharapkan juga Pasar Digital (UMKM) ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha masing-masing dan tidak perlu takut untuk bersaing dengan harga barang ataupun jasa.”, ujar Yanti. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Lakukan Penyesuaian Operasional Bandara pada Masa Peniadaan Mudik

MediaBUMN

Published

on

larangan mudik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan penyesuaian kegiatan operasional 15 bandaranya pada masa larangan mudik 6 – 17 Mei 2021 mendatang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, pada masa peniadaan mudik tersebut, Pemerintah melarang penggunaan atau pengoperasian seluruh transportasi, termasuk transportasi udara, untuk seluruh angkutan udara niaga dan bukan niaga, kecuali sarana transportasi udara yang dikecualikan seperti penerbangan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional; operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat; operasional kargo; operasional angkutan udara perintis; operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil.

Berbagai penyesuaian operasional yang dilakukan Angkasa Pura I yaitu menyiapkan Posko Pengendalian Transportasi Udara Masa Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 H sejak 6 hingga 24 Mei 2021 dengan memperhatikan protokol kesehatan, menyiapkan fasilitas konter atau meja kursi di area terminal keberangkatan serta terminal kedatangan untuk pelaksanaan verifikasi kriteria dan persyaratan pengecualian, dan melakukan penyesuaian jam operasional bandara.

“Penyesuaian kegiatan operasional di 15 bandara yang dimulai sejak 6 hingga 24 Mei ini terutama bertujuan untuk mendukung kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik demi menekan laju penyebaran Covid-19. Selain itu, penyesuaian kegiatan operasional ini merupakan upaya Manajemen untuk melakukan efisiensi operasional bandara di tengah penurunan trafik yang cukup tajam pada masa larangan mudik ini. Adapun upaya efisiensi yang dilakukan yaitu pengurangan waktu operasional sebagian besar bandara dan pengurangan penggunaan utilitas,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Penyesuaian waktu operasional dilakukan di 11 bandara, sedangkan waktu operasional 4 bandara lainnya tetap. Empat bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Lombok Praya, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sentani Jayapura. Adapun waktu operasional 15 bandara Angkasa Pura I pada masa larangan mudik yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tetap beroperasi 13 jam sejak pukul 07.00 – 20.00 WITA.

2. Bandara Juanda Surabaya beroperasi 12 jam sejak pukul 06.00 – 18.00 WIB dari sebelumnya 14 jam (06.00 – 20.00 WIB)

3. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar beroperasi 12 jam sejak pukul 06.00 – 18.00 WITA dari sebelumnya 17 jam (14.00 – 21.00 WITA).

4. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beroperasi 10 jam sejak pukul 08.00 – 18.00 WITA dari sebelumnya 12 jam (06.00 – 18.00 WITA).

5. Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi 4 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIB dari sebelumnya 9 jam (pukul 07.00 – 16.00 WIB).

6. Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo beroperasi 4 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIB dari sebelumnya 12 jam (pukul 07.00 – 19.00 WIB).

7. Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi 8 jam sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB dari sebelumnya 9 jam (pukul 08.00 – 17.00 WIB).

8. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang beroperasi 6 jam sejak pukul 09.00 – 15.00 WIB dari sebelumnya 11 jam (pukul 07.00 – 18.00 WIB).

9. Bandara Lombok Praya tetap beroperasi 10 jam sejak pukul 07.00 – 17.00 WITA.

10. Bandara El Tari Kupang beroperasi 6 jam sejak pukul 06.00 – 12.00 WITA dari sebelumnya 10 jam (pukul 06.00 – 16.00 WITA).

11. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin beroperasi 8 jam sejak pukul 08.00 – 16.00 WITA dari sebelumnya 10,5 jam (07.30 – 18.00 WITA).

12. Bandara Sam Ratulangi Manado tetap beroperasi 11 jam sejak pukul 07.00 – 18.00 WITA.

13. Bandara Pattimura Ambon beroperasi 5 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIT dari sebelumnya 10 jam (pukul 07.00 – 17.00 WIT).

14. Bandara Frans Kaisiepo Biak beroperasi 10 jam sejak pukul 07.00 – 17.00 WIT dari sebelumnya 12 jam (pukul 06.00 – 18.00 WIT).

15. Bandara Sentani Jayapura tetap beroperasi 11,5 jam sejak pukul 06.00 – 17.30 WIB.

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!