Pos Indonesia Lakukan Improvement di Sektor Kurir

by
Pos Indonesia

Jika bisnis jasa keuangan Pos Indonesia mengalami penurunan, namun pada segmen kurir khususnya pada pengiriman paket, Pos Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar 36-38% jika dibandingkan angka pada tahun sebelumnya. Hal tersebut terjadi lantaran banyaknya kiriman-kiriman paket transaksi jual beli barang secara online. Atau dengan kata lain driver-nya adalah digital.

Menurut Direktur Jasa Kurir PT Pos Indonesia (Persero), Agus F. Handoyo pertumbuhan tersebut dinilai sebagai suatu kewajaran karena hal yang sama juga dirasakan oleh seluruh administrasi Pos di seluruh negara.

“Kiriman online itu tumbuhnya bukan hanya exponential melainkan explosive luar biasa,” ujar pria kelahiran Tegal 1968 tersebut.

Baca Juga : Jemput Bola! Pos Indonesia Hadirkan Inovasi ORANGER

Dalam upaya peningkatan pelayanan, Agus menerangkan bahwa terdapat 5 hal terkait business process dalam pengiriman paket saat ini, yaitu:

1. Collecting, yaitu pengumpulan paket-paket yang ada di setiap kantor pos.

2. Processing, yaitu penyortiran dengan automatic sorting center.

3. Transporting atau transportasi dalam pengiriman.

4. Delivery atau pengiriman.

5. Track and Trace.

Improvement yang dilakukan Pos Indonesia dalam fungsi collecting yaitu, melakukan upgrade pada sistem aplikasi terkait pengumpulan data meskipun masih jauh dari sempurna namun Perseroan telah melakukan sejumlah improvement. Kemudian jika di masa lalu Pos Indonesia bersifat menunggu karena Pos Indonesia sangat identik dengan Kantor Pos yang terkesan identik dengan orang yang duduk di kantor. Sehingga sejak tahun 2016-2017 telah digerakan bagaimana outlet-outlet Pos Indonesia bergerak masuk ke pasar.

Baca Juga : Dongkrak Financial Services Pos Indonesia Luncurkan Aplikasi “DIGIROIN”

“Bahkan di akhir 2017 kami sudah membangun dengan yang namanya “ORANGER”, yaitu sebagai pasukan Pos Indonesia yang difungsikan bagaimana supaya kita pick up bisa lebih kencang dan pro aktif mengambil peluang-peluang paket yang ada,” papar Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *